Mencuci Kebaya Jangan Dikucek! Ikuti Langkah Ini

Setiap pakaian memiliki cara perawatan tersendiri. Terlebih untuk pakaian dengan bahan yang mudah rusak seperti kebaya. Umumnya pakaian ini didesain lengkap dengan payet. Apabila salah dalam pencuciannya akan berakibat fatal alias merusak payet yang ada pada pakaian ini.

Kebaya, Pakaian hajatan satu ini banyak digemari masyarakat. Selain desainnya yang menarik dan khas, pakaian ini juga membutuhkan perawatan khusus lho. Biasanya pakaian pada umumnya perlu dikucek untuk menghilangkan noda. Tapi, beda halnya dengan kebaya. Kamu harus ekstra hati-hati dalam mencuci agar tidak merusak kain saat menghilangkan noda.

Berikut langkah mencuci kebaya supaya tidak rusak,

Pakai Sampo atau Detergen Cair

Sampo atau deterjen cair merupakan dua bahan yang sangat direkomendasikan dalam mencuci kebaya. Selain bahannya yang mudah larut dalam air, keduanya cukup efektif dalam menghilangkan noda dan bau keringat pada pakaian ini. Kamu cukup larutkan sampo atau detergen cair ke dalam air hingga rata, baru masukkan pakaian yang akan dicuci. Hindari menuangkan detergen pada pakaian ini. Karena hal itu membuat detergen susah hilang.

Baca Juga: Tips Kombinasi Warna Pakaian Untuk Kalian, Para Cowok

Rendam sebentar

Setelah memasukkan kebaya dalam larutan deterjen, kamu bisa merendamnya sekitar 5-10 menit. Saat merendam pastikan semua kain tercelup air secara merata. Hindari merendam dalam waktu yang lama karena akan merusak kain dan payet. 

Celup-celupkan tidak perlu dikucek

Kebaya yang telah direndam dalam larutan detergen kemudian celup-celupkan dengan cara mengangkat dan merendam dalam air. Angkat perlah-lahan. Amati apakah masih ada noida yang tersisa. Setelah dirasa sudah bersih kamu bisa mengangkatnya. Lalu, bilas hingga bersih. Tidak perlu diperas secara berlebihan. Peras sedikit saja. Perlu diingat, sangat tidak dianjurkan untuk mengucek karena menyebabkan pakaian ini mudah rusak.

Angin-anginkan jangan dijemur dibawah sinar matahari

Selain hati-hati dalam teknik mencucinya, kamu juga perlu hati-hati dalam menjemurnya. Kebaya yang sudah dibilas tidak perlu direndam dalam pewangi. Tapi, langsung dijemur. Untuk menghindari pudarnya warna kain akibat paparan sinar matahari, kamu cukup menjemur pakaian ini dengan cara diangin-anginkan saja. Gunakan hanger untuk menjemur pakaian ini. Teknik menjemur tidak langsung ini akan membantumu dalam merawat warna pakaian agar tetap awet dan rapi. 

 *****

Mencuci kebaya memang memerlukan penanganan khusus. Untuk itu, pemilihan detergen juga harus hati-hati. Kamu bisa membeli aneka detergen cair melalui aplikasi Titipku. Kunjungi toko-toko terdekatmu melalui ponsel pintarmu cukup dengan membuka aplikasi saja. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasinya ya. Jika belum, kamu bisa download di sini.

Tinggalkan Balasan