Mencuci Sepatu Sendiri dengan Cara Berikut

Sepatu sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Sepatu yang awalnya hanya digunakan untuk melindungi kaki dari benda-benda berbahaya saat pergi ke luar rumah, sekarang sudah berubah menjadi sebuah mode, baik bagi anak muda hingga orang dewasa. Berbagai macam model dan jenis sepatu pun semakin banyak seiring perkembangan zaman. 

Sebagai bagian dari gaya berpakaian, merawat sepatu menjadi penting dilakukan agar sepatu tetap tahan lama. Tidak hanya dari cara menyimpan sepatu, cara mencuci sepatu pun perlu diperhatikan agar tidak merusak sepatu. Meskipun sudah banyak jasa yang menawarkan pencucian sepatu, kamu tetap bisa mencuci sepatu sendiri lho. Yuk simak cara-caranya.

 

 

Lepaskan Tali Sepatu

Mencuci setiap bagian sepatu harus dilakukan agar kotoran tidak tersisa dan sepatu pun terlihat bersih. Yang dapat kamu lakukan pertama kali adalah melepaskan tali sepatu dan mencucinya. Cuci tali sepatu menggunakan detergen atau sabun khusus sepatu lalu sikat menggunakan sikat gigi. Setelah itu, bilas dan keringkan dengan cara dijemur agar terkena angin. 

Saat mencuci tali sepatu, sekalian juga periksa tali sepatu masih dalam keadaan bagus atau sudah mulai rusak. Tali sepatu memang harus diganti secara berkala 

Baca Juga: Modifikasi Sepatu Jadi Lebih Berwarna, Siapa Takut?

 

Lepaskan Insole

Buat kamu yang belum paham istilah sepatu, insole adalah bagian dalam sepatu yang menjadi pijakan kaki. Insole ini merupakan bagian dalam sepatu yang lembut dan empuk yang dapat kamu lepaskan. Setelah dilepaskan, bersihkan dengan campuran air hangat dan sabun cair. Sikat menggunakan sikat yang lembut. Setelah itu, bersihkan air sabun yang berlebih menggunakan spons dan keringkan dengan cara dijemur. 

 

Bersihkan Kotoran yang Nampak pada Bagian Luar Sepatu

Di musim hujan seperti ini, biasanya debu dan lumpur yang sudah mengering akan menempel pada bagian luar sepatu. Bersihkan menggunakan sikat gigi dengan sedikit air hangat agar lebih mudah. Pada bagian yang sulit dijangkau oleh sikat, kamu dapat menggunakan tusuk gigi. Ingat agar menggunakan dengan hati-hati supaya bagian luar sepatu tidak rusak. 

 

Bersihkan Menggunakan Sabun

Setelah dibersihkan menggunakan air dan sikat gigi, saatnya dibersihkan menggunakan sabun. Campurkan sabun atau deterjen cair dengan air hangat, lalu sikat bagian sepatu yang kotor menggunakan larutan tersebut. Untuk bagian sepatu yang lebih keras dan kotor, kamu dapat menuangkan sedikit larutan sabun tadi ke area tersebut, diamkan beberapa menit, lalu sikat perlahan. 

 

Bilas Menggunakan Spons atau Lap Kering

Setelah memastikan semua bagian disikat hingga bersih, ambil spons atau lap kering yang lembut, dan tuangkan sedikit air hangat. Lap bagian luat sepatu yang telah disikat sehingga tidak ada lagi busanya. 

Untuk mengeringkan sepatu beserta tali dan insolenya, letakkan di suhu ruangan agar kering terkena angin. Jangan letakkan di tempat yang panas atau terkena sinar matahari langsung karena akan merusak sepatu. 

 

 

Setelah lelah mencuci sepatu, saatnya bersantai sambil mencari kebutuhan dapur nih. Sekarang belanja ke pasar menjadi lebih mudah lewat Aplikasi Titipku. Cari barang kebutuhan apa saja di pasar mana saja semua bisa lewat Titipku.

Penasaran? Yuk cobain unduh Aplikasi Titipku dan rasakan kemudahan berbelanja sekarang!

Tinggalkan Balasan