Mengapa Pisang Melengkung alias Bengkok

pisang, kenapa pisang melengkung, kenapa pisang bengkok, titipku

Titipku.com – Sempat terlintas nggak sih di pikiran mengapa pisang melengkung? Memang tidak semua pisang selalu melengkung, tapi kebanyakan dan hampir semua pisang berbentuk demikian.

Pisang berbentuk seperti batang yang memanjang dengan bagian ujung sedikit melengkung atau bengkok. Mengapa tidak lurus? Distributor pisang di Inggris, Dole memiliki penjelasan menarik tentang ini.

pisang, kenapa pisang melengkung, kenapa pisang bengkok, titipku
Instagram via @kuzmich_sofiia

Dikutip dari Cosmopolitan yang dilansir dari food.detik.com, perusahaan menjelaskan buah pisang tumbuh dari bunganya. Awal mulanya berupa tunas yang muncul dari pseudostem (batang kuat di bagian tengah).

Nantinya, di bawah tiap kelopak bunga, mulai tumbuh sederet buah pisang kecil. Buah pisang semakin besar, buah ini akan mengalami proses geotropisme negatif. Artinya, alih-alih tumbuh lurus menuju tanah. Pisang bergerak ke arah matahari untuk mendapat cahaya.

Dole mengatakan hal ini terjadi karena pisang tumbuh di hutan hujan yang paparan sinar matahari minim. Jika pisang-pisang ini mengikuti arah cahaya minim yang menembus, hutan hujan, pisang akan tidak seimbang dan terjatuh.

  • pisang, kenapa pisang melengkung, kenapa pisang bengkok, titipku
    Instagram via @islandfarmmiyako

Makanya, pisang ‘terpaksa’ tumbuh ke atas (melengkung, bengkok) menuju arah sinar matahari dari atas. Bentuk pisang seperti ini yang kini kita jumpai.

Beli Pisang dari Pasar yuk!

Buat kamu yang ingin beli pisang segar dari pasar, kamu bisa banget nih order melalui aplikasi Titipku!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan