Menjadi Kartini Masa Kini? Bisa! Nomor 2 Wajib Diterapkan

Tiap Tanggal 21 April, Masyarakat Indonesia memperingati Hari Kartini. Raden Ajeng Kartini. R.A Kartini adalah sosok yang dengan gigih memperjuangkan hak kesetaraan gender bagi perempuan. Berkat perjuangan beliau, banyak perempuan berkesempatan untuk mengembangkan kariernya dan mengenyam bangku pendidikan tinggi.

Sebagai generasi penerus, tentunya perempuan saat ini bisa meneladani perjuangan R.A Kartini dan menjadi Kartini di masa kini. Setidaknya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjadi Kartini masa kini.

 

  • Berpikir Positif

Kartini masa kini harus memiliki kepribadian yang luar biasa. Selain itu, kamu tidak mudah terpengaruh oleh perkataan orang lain dan tetap optimis dalam meraih impiannya. Hal ini seperti sifat seorang Kartini yang selalu berpikir positif untuk membawa perubahan agar para perempuan mempunyai hak yang sama dengan laki-laki.

  • Cerdas dan Berani
Salah satu sifat Kartini yang harus diteladani oleh perempuan adalah cerdas dan berani menyuarakan pikirannya. Berani untuk mengemukakan pendapat yang bertujuan positif untuk kemajuan dan perubahan di lingkungan sekitar.
Salah satu yang harus diperangi oleh Kartini masa kini adalah hoaks atau berita yang menyesatkan. Peremuan harus punya pondasi pengetahuan yang baik untuk melawan berita bohong dan mau untuk selalu menyaring informasi yang didapat, dan juga tidak ikut serta menyebarkan berita yang bohong.

 

  • Perhatian
Dulu, Kartini menyadari bahwa di lingkungannya terjadi perbedaan yang mencolok antara derajat laki-laki dan perempuan. Karena itu ia mulai memperjuangkan hak-hak perempuan agar setara dengan laki-laki. Untuk menjadi Kartini masa kini, cobalah untuk memperhatikan hal-hal kecil di lingkungan sekitar dan lebih peka melihat masalah di sekitar.

 

  • Bersosialisasi
Menjaga hubungan baik dengan orang lain serta terbuka untuk kritik dan saran menjadi hal yang harus dimiliki Kartini masa kini. Dengan mau bersosialisasi serta menerima kritik, itu akan menjadi pemacu untuk mengembangkan diri ke arah yang lebih baik. Dengan begitu, wawasan akan bertambah luas dan pikiran pun akan semakin terbuka.

 

  • Beradaptasi dengan Perubahan

Menjadi perempuan yang berdikari salah satunya ditunjukkan dengan cara beradaptasi dengan perubahan. Masa pandemi yang melanda dunia saat ini memaksa seluruh manusia untuk merubah kebiasaan mereka, termasuk perempuan.

Salah satu perubahan yang terjadi adalah cara belanja #DariRumah. Kamu bisa belanja aman selama pandemi menggunakan Titipku. Seluruh pesananmu nantinya akan diantarkan oleh Jatiper. Tertarik? Download aplikasinya di sini.

 

Sumber: https://kumparan.com/berita-hari-ini/4-tips-untuk-menjadi-kartini-masa-kini-1tG66iAlp40/full

Tinggalkan Balasan