Ini Dia 7 Menu Lebaran yang Wajib Ada di Meja Makan Ala Indonesia!

Titipku.com – Saat perayaan Idul Fitri, setiap rumah pasti sibuk bahkan sehari sebelum lebaran. Di hari kemenangan atas menahan segala nafsu, akhirnya pencapaian tersebut dirayakan dengan sajian makanan khas lebaran. Ada apa saja sih makanan yang disajikan saat momen lebaran bersama keluarga saat perayaan hari raya Idul Fitri? Berikut ini 7 menu lebaran yang masuk ke daftar Titipku.

Menu Lebaran Favorit Keluarga Indonesia

Ketupat

Lebaran sangat kurang lengkap tanpa adanya ketupat. Ketupat memiliki filosifi yang diambil dari bahasa Jawa yakni Ketutup Ing Lepat (Ketupat) yang artinya adalah tertutupnya salah. Dijadikan pengganti nasi, makanan berbahan beras dimasukan dalam anyaman daun kelapa muda atau janur lalu dikuus hingga padat. Dan untuk penyajiannya biasanya akan di potong-potong dan disajikan bersama dengan hidangan wajib lainnya seperti opor ayam.

Opor Ayam

Nah kalau kamu menemukan ketupat ada potongan daging berkuah, maka inilah Opor Ayam. Opor ayam ini menjadi menu wajib saat lebaran tiba. Potongan daging ayam kampung yang empuk, berpadu dengan gurihnya santan yang menjadikan hidangan ini selalu dicari. Selain berbahan ayam dan santan, opor ayam ini juga diracik dengan berbagai rempah yang menjadikan aromanya bikin nggak sabar makan!

Rendang

Nama menu lebaran yang satu ini juga tidak asing lagi di lidah orang Indonesia bukan? Bahkan kepopulerannya semakin meluas dan pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia. Rendang pada umumnya dimasak dalam waktu yang cukup lama untuk emnghasilkan daging empuk dan tahan lama. Bisanya bahan dasar rendang adalah daginng sapi, santan, dan juga aneka bumbu rempah. Namun rendang saaat ini juga dibuat dari daing ayam, paru, jamur, hingga bebek.

Semur

Yang namanya semur bisa menjadi menu lebaran yang tidak ingin bersantan. Semur ini diramu dengan bahan daging sapi atau ayam, kentang, tahu, dan kecap manis. Rupanya semur ini berasal dari Belanda. Rasa manis dan gurih berpadu cantik dengan asam dari tomat, semakin lezat disantap bersama dengan nasi putih hangat, sambal. Taburan bawang goreng, serta kerupuk. Duhhh mana tahaannn! 😀

Sayur Labu Siam

Saat lebaran, biasanya daging mendominasi hidangan di meja makan. Nah hadirnya sayur labu siam ini memberikan rasa gurih dan pedas yang membuat makan menjadi lahap. Hidangan berkauh yang satu ini biasanya dibuat dari irisan tipis labu siam, tahu, tempe, bahka telur atau udang yang membuat citarasanya semakin gurih.

Kue Kering

Selain makanan berat, Lebaran juga identic dengan banyaknya toples-toples kue kering untuk sambut para tamu. Kue-kue kering tersebut dihidangkan dengan berbagai amcam variasi seperti kastengel, nastar isi selain nanas, serta putri salju dengan taburan gula putih di atasnya.

Nah demikian tadi menu lebaran yang turut membantu meriahkan momen Lebaran. Nah lebaran yang sudah mulai dekat, sudah ingin beri kesana ke sanak sodara belum? Kalau belum, boleh lho beli jajanan lebaran di Aplikasi Titipku!

 

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan