Menu Sarapan yang Baik Dikonsumsi Pagi Hari

Sarapan pagi tidak biasa dilakukan oleh semua orang. Ada sebagian orang yang tidak terbiasa sarapan, jika makan sarapan malah akan membuatnya sakit perut atau mengantuk. Faktanya, tidak sarapaan saat pagi lebih baik daripada sarapan pagi dengan makan menu sarapan yang tidak sehat. 

Namun, sarapan makanan yang bernutrisi dapat memberikanmu energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan juga dapat mencegahmu makan terlalu banyak setelahnya. Berikut adalah beberapa menu sarapan baik yang dapat kamu coba di rumah. 

Telur

Tidak dapat diragukan lagi bahwa telur adalah salah satu makanan yang bernutrisi tinggi. Makan telur saat sarapan dapat meningkatkan rasa kenyang, sehingga mengurangi asupan kalori pada menu makanan setelahnya, baik itu makan siang atau makan malam. 

Telur juga kaya akan protein, salah satu sumber energi yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas. Sangat mudah mengolah telur untuk sarapan, kamu bisa membuat telur rebus untuk sarapan. Omelet atau telur dadar juga menjadi salah satu pilihan, sebaiknya hindari makan nasi karena tubuh akan membutuhkan waktu ekstra untuk mengolah makanan yang masuk dan malah akan membuatmu merasa mengantuk. 

Greek Yogurt

Berbeda dari yogurt biasa yang mengandung banyak kalsium, greek yogurt lebih banyak mengandung protein. Protein dapat membuat tubuh merasa lebih kenyang jika dibandingkan dengan karbohidrat. 

Saat ini mudah sekali mendapatkan greek yogurt. Kamu dapat mengonsumsinya bersama buah-buahan agar memenuhi asupan mineral, vitamin, dan serat yang diperlukan tubuh. 

Oatmeal

Untuk kamu yang doyan sereal, kamu bisa memilih oatmeal sebagai menu sarapan. Oatmeal mengandung serat yang tinggi yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu, oatmeal juga mengandung antioksidan yang dapat melindungimu dari penyakit selama beraktivitas di luar rumah. 

Meskipun oatmeal kaya akan serat, namun ia hanya sedikit mengandung protein. Untuk menutupi kekurangan proteinnya, kamu bisa menambahkan telur, keju, atau susu sebagai pelengkap. 

Buah-buahan

Sarapan buah-buahan juga menjadi pilihan yang tepat. Jenis buah berry seperti blueberry ataupun strawberry dan buah citrus seperti jeruk merupakan buah yang bagus untuk sarapan. Buah-buahan tersebut rendah gula namun kaya akan serat. Di sisi lain, mereka juga kaya akan vitamin C dan antioksidan. 

Agar lebih nikmat, makan buah bersama greek yogurt atau keju untuk memenuhi kebutuhan protein. Kamu akan merasa kenyang lebih lama sehingga makan siang tidak akan banyak dan berat badan pun akan terjaga. 

Kopi

Buat kamu yang tidak biasa makan, kamu bisa sarapan dengan secangkir kopi. Kopi mengandung kafein yang tinggi yang berfungsi untuk meningkatkaan mood dan juga kewaspadaan. Kafein juga dapat meningkatkan proses metabolisme dan juga membakar lemak. 

Perlu diingat bahwa sebaiknya hanya mengonsumsi satu cangkir saja saat sarapan. Pembatasan konsumsi kafein sangat dianjurkan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. 

Teh Hijau

Bagi yang tidak suka kopi, teh hijau bisa menjadi alternatif. Meskipun tidak mengandung kafein sebanyak kopi, teh hijau tetap mengandung kafein dengan fungsi yang sama. Membuat teh hijau sebaiknya tidak dicampur dengan gula agar mendapatkan manfaat penuh dari teh hijau. 

*****

Menu sarapan di atas gampang banget carinya sekarang lewat Aplikasi Titipku. Di masa pandemi sebaiknya belanja #DariRumah aja, ada Titipku yang siap mengantar. Ada banyak promo selama bulan Maret lho! Yuk segera unduh Aplikasi Titipku!

Tinggalkan Balasan