Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Titipku – Mengkudu atau Pace termasuk ke dalam buah yang biasa dipakai sebagai obat. Maka tak heran jika keberadaannya tidak mudah ditemukan seperti buah pada umumnya. Buah ini berwarna hijau dan memiliki bintik-bintik seperti biji, rasanya pahit.

Untuk bisa dikonsumsi, biasanya mengkudu dibuat jus. Sejumlah perusahaan obat atau jamu herbal, juga menggunakan mengkudu untuk diubah ke dalam bentuk kapsul. Lalu, bagaimana mengkudu bisa memiliki khasiat? Ternyata mengkudu mengandung berbagai zat, salah satunya kalium yang mampu membantu mempertahankan daya tahan tubuh.

Dikutip dari alodokter.com, mengonsumsi 6-8 gram mengkudu secara rutin dapat membantu meningkatkan energi atau fungsi fisik, menjaga agar tubuh tidak mudah lelah, dan meredakan rasa sakit bagi penderita kanker stadium lanjut. Mengkudu juga dijadikan obat untuk mengubah atau mengurangi ukuran tumor.

Selain itu, berikut beberapa manfaat dari mengkudu diantaranya:

1. Membantu mengurangi tekanan darah tinggi

Meminum empat ons jus mengkudu setiap hari selama satu bulan, bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

2. Membantu menurunkan gula darah pada pengidap diabetes

Jus buah mengkudu memiliki antioksidan tinggi. Antioksidan ini mampu mencegah kerusahan sel yang disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas. Jus mengkudu dapat memenuhi keseimbangan antioksidan dan radikal bebas, sehingga kesehatan tubuh dapat terjaga secara optimal.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada mengkudu, menjadi sumber “kekuatan” mengkudu. Kandungan antioksidan utama yang terkandung dalam mengkudu termasuk beta karoten, iridoid, vitamin C, dan vitamin E.

3. Mengurangi rasa mual setelah operasi

Mengkudu tidak mampu mengentikan gejala muntah secara langsung, namun buah ini dapat membantu mengurangi rasa mual setelah operasi.

4. Meredakan osteoarthritis

Osteoarthritis adalah peradangan kronis pada sendi akibat kerusakan pada tulang rawan. Sendi- sendi yang paling sering terkena yaitu sendiri di jari tangan, lutut, pinggul, dan tulang punggung. Pertambahan usia, menjadi salah satu faktor terjadinya kondisi ini.

Gejalanya, penderita akan merasakan sakit atau nyeri sendi dan kaku pada sendi. Gejala awal yang timbul, lama-lama bisa semakin parah seiring berjalannya waktu. Hal ini membuat penderita kesulitan untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Nah, dengan meminum sekitar tiga ons jus mengkudu setiap hari selama sekitar 1,5 bulan, bisa membantu meredakan rasa sakit saat mengalami osteoarthritis.

Meski memiliki rasa pahit, mengkudu memang memiliki manfaat yang baik. Apalagi ketika tubuh memiliki keluhan seperti mudah lelah, darah tinggi, diabetes, dan osteoarthritis. Namun, konsumsinya tidak boleh berlebihan. Pastikan pula, tetap menjalani pengobatan medis sesuai anjuran dokter sebelum mengonsumsi mengkudu.

#dirumahaja

Mengkudu memiliki efek samping yang tidak baik, terutama untuk ibu hamil dan menyusui, penderita penyakit ginjal, memiliki gangguan organ hati. Jadi, harus tetap hati-hati dalam mengonsumsi buah mengkudu meski termasuk dalam bahan alami.

Tetap dirumah dan mengkonsumsi buah-buahan yang sehat agar imun tidak menurun. Cukup #TitipBelanja pakai aplikasi Titipku aja semua jadi mudah. Lebih aman dan tidak khawatir dengan virus yang ada diluar sana.

Tinggalkan Balasan