Mie Tarempa, Kuliner Khas Riau yang Bikin Nagih

mie tarempa, mie khas riau, cara membuat mie tarempa, resep mie tarempa, mie tarempa batam, mie tarempa riau, mie tarempa khas batam

mie tarempa, mie khas riau, cara membuat mie tarempa, resep mie tarempa, mie tarempa batam, mie tarempa riau, mie tarempa khas batam

Kita tentu sudah tak heran jika menemukan aneka macam olahan mie di berbagai daerah di Indonesia. Di aceh, ada mie aceh yang mienya tebal dengan rasa yang khas. Di Wonosobo atau Dieng, ada mie ongklok yang kuahnya kental. Di Bandung, ada mie kocok yang menggunakan kuah kadu sapi kental. Dan di wilayah Riau, ada mie tarempa.

Bagi sebagian orang, hidangan mie tarempa masih terdengar asing. Oleh karenanya, artikel ini ingin mencoba mengenalkan sajian lezat ini supaya semakin dikenal.

Baca Juga: Makan Mie Goreng dengan Nasi Putih, Apakah Sehat?

 

Tentang Mie Tarempa

Mie tarempa biasa dikenal sebagai hidangan khas Batam. Mie ini sebenarnya berasal dari Kepulauan Riau, tepatnya di daerah Tarempa, Kabupaten Anambas.

Bentuk mie ini hampir mirip dengan mie aceh, namun dari segi bumbu dan pelengkap toppingnya berbeda. Mie ini terkenal karena rasanya yang berbeda dengan sajian mie yang lain. Ketika Anda memakannya pertama kali, akan ada ledakan rasa rempah yang langsung akan memanjakan lidah.

Mie tarempa dibuat dari mie berukuran tebal dan pipih yang diolah dengan aneka rempah yang membuat warnanya menjadi kemerahan. Setelah mie matang, biasanya mie akan diberi topping seperti irisan daging, bawang goreng, maupun potongan daging ikan.

Ada dua jenis mie tarempa. Jenis pertama adalah mie goreng yang tidak menggunakan kuah. Jenis kedua adalah mie lembap, yakni mie yang menggunakan kuah pada sajiannya. Bicara soal mana yang lebih lezat, tentu keduanya punya penggemarnya masing-masing.

Kisaran Harga Mie Tarempa

Mie tarempa dijual dengan harga yag sangat terjangkau. Rata-rata, satu porsi mie hanya dibandrol mulai dari harga Rp12.000,- saja. Jika Anda menemukan mie dengan harga segini, bisa dijamin bahwa Anda hanya mengeluarkan uang di bawah Rp20.000,- untuk seporsi mie dan minuman. Mungkin saja bisa ditambah satu buah krupuk!

Resep Mie Tarempa

Jika Anda tidak bisa menemukan tempat yang menjual mie tarempa, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah kok. Berikut adalah resep mie yang dikutip dari IDN.

Bahan yang Dibutuhkan
  • 1 kg mi pipih
  • 200 gram daging ikan tongkol
  • 100 gram taoge
  • 16 buah cabai merah
  • 8 siung bawang putih
  • 4 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 2 sendok makan saus tiram
  • garam secukupnya
  • penyedap secukupnya
  • sawi hijau secukupnya
Cara Membuat
  • Haluskan bahan: ulek bawang putih, lalu sisihkan. Selanjutnya, masukkan cabai ke dalam cobek dan haluskan. Jika sudah halus, simpan cabai di tempat terpisah dari bawang yang sudah halus.
  • Tumis bahan: masukkan bawang putih halus ke dalam wajan yang sudah panas. Tumis hingga mengeluarkan aroma harum. Selanjutnya, masukkan cabai merah halus ke dalam wajan, dan aduk. Setelah harum, tuangkan sedikit air kemudian didihkan.
  • Masukkan bahan yang lain: Tambahkan ikan tongkol, tauge, dan sawi hijau ke dalam wajan. Campur semua bahan hingga merata. Setelah itu masukkan kecap manis, kecap asin, tomat, dan saus tiram dan kemudian aduk. Jangan lupa cicipi sesekali agar rasanya pas.
  • Masukkan Mie: Terakhir, masukkan mie pipih ke dalam wajan dan aduk hingga semua mie terlumuri rempah dengan merata. Setelahnya, kecilkan api, dan masak mie dengan posisi wajan tertutup selama 15 detik. Setelahnya, angkat penutup dan aduk. Ulangi hingga hidangan matang sempurna. Jika sudah, angkat mie dan sajikan di piring. Mie taremba siap dinikmati dengan tambahan krupuk, acar, dan segelas the tarik.

Baca Juga: Kisah Menarik di Balik Kelezatan Semangkuk Bakso dan Mie Ayam Mas Fendi

*****

Bagi Anda yang ingin mencoba mereplikasi resep di atas, Anda bisa belanja bahannya di Titipku! Titipku adalah aplikasi belanja kebutuhan pokok terbaik. Saat ini, sudah ada lebih dari 140 pasar dan supermarket di Jabodetabek yang tersedia di Titipku.

Dengan mengusung slogan “Me Time Jalan Terus, Belanja Kami yang Urus”, Titipku berharap bisa membantu urusan belanja para Moms, sehingga mereka punya waktu luang lebih untuk ber-me-time ria.

Klik di sini untuk download Titipku untuk platform Android ataupun iOs.

Tinggalkan Balasan