Mimpi 10.000 kali

Apakah Anda sedang menjalankan sebuah UKM? Atau Anda akan memulai usaha bisnis yang baru? Jika Anda sedang menjalankan suatu UKM, pernahkah Anda merasa bosan dan usaha Anda tidak berkembang selama ini? Mungkin pola pikir Anda perlu untuk dirubah.

Rata-rata pengusaha menyebut diri pengusaha karena mereka telah berhasil menciptakan sebuah pekerjaan, menciptakan kendali atas pendapatan pribadi mereka, menciptakan tempat untuk bekerja, tempat untuk mengerjakan apa yang mereka ketahui caranya. Pada umumnya bisnis rumahan berfokus pada hanya mencari pendapatan, dan hanya puas dengan pekerjaan yang dilakukan sehari-hari. Yang penting cukup dan berjalan. Hanya itu. Sadarkah Anda bila bekerja hanya mencari nafkah, sebagaimana yang dilakukan oleh jutaan pemilik pelaku bisnis berskala kecil, itulah penyebab yang sesungguhnya dari malapetaka bisnis berskala kecil. Bisnis berskala kecil tidak hanya menjadi kecil tapi juga mati sebagai perusahaan kecil. Dalam bukunya, Bisnis Kecil Paling Sukses di Dunia, Michael E. Gerber menyatakan bahwa usaha yang demikian bukanlah bisnis. Mereka adalah para teknisi yang sedang menderita karena dibelenggu sebagai wiraswasta.

Prinsip pertama yang harus dipegang untuk menciptakan sebuah bisnis kecil paling sukses di dunia disebut sebagai “Mimpi 10.000 kali”. Apa maksudnya? Agar bisnis anda dapat menjadi sebuah karya cinta yang terus berkembang, bisnis Anda haruslah masuk akal. Dan supaya dapat berkembang menjadi sesuatu yang jauh melebihi pekerjaan seperti saat ini, ia harus memiliki kemampuan unik untuk bertumbuh , tidak hanya menjadi besar tetapi bertumbuh menjadi ukuran yang sangat besar, ukuran yang tidak bisa Anda percayai. 10.000 kali!

Coba pikirkan. Apa yang Anda lakukan seandainya secara jujur Anda yakin Anda akan menciptakan 10.000 toko, 10.000 kantor, 10.000 ruko, atau 10.000 kebun buah, atau apapun itu. 10.000 kali! Luar biasa!

Itulah pola pikir yang harus bersama kita terapkan. Bahwa usaha yang akan kita bangun, atau sudah kita jalankan berpuluh tahun masih bisa menemukan jalannya untuk berkembang 10.000 kali lipat. Berpikirlah 10.000 kali. Pikirkan lagi. Jangan pernah membiarkan pikiran itu meninggalkan pikiran Anda. Karena dalam keajaiban 10.000 kali itu terletak rahasia pertumbuhan. Dan rahasia pertumbuhan adalah kunci Anda.

 

Sumber Buku : Bisnis Kecil Paling Sukses di Dunia—Prinsip Pertama

Penulis : Michael E. Gerber

Tinggalkan Balasan