Minyak Bawang Putih: Apa, Manfaat, dan Cara Membuat

minyak, bawang putih, oil, garlic, garlic oil, minyak bawang putih, minyak bawang, bawang, resep minyak bawang putih, cara membuat minyak bawang putih, manfaat minyak bawang putih, cara membuat garlic oil, manfaat garlic oil

Bawang putih, tentunya Bunda tidak asing dengan rempah satu ini. Bawang putih hampir tidak pernah absen dalam tiap masakan yang kita buat. Mulai dari sup, tumis, hingga daging bakar, semua menggunakan bawang putih sebagai penyedap rasa dan penguat aroma. Akan tetapi, apakah Bunda familiar dengan minyak bawang putih atau garlic oil?

 

SEPUTAR MINYAK BAWANG PUTIH

Minyak bawang putih pada dasarnya adalah minyak yang dibuat melalui proses distilasi bawang putih. Cara membuat minyak ini juga cukup sederhana, yakni hanya dengan merendam bawang putih ke dalam minyak goreng atau minyak zaitun, dan biarkan komponen aktif bawang putih larut ke dalam minyak.

 

MANFAAT MINYAK BAWANG PUTIH

minyak, bawang putih, oil, garlic, garlic oil, minyak bawang putih, minyak bawang, bawang, resep minyak bawang putih, cara membuat minyak bawang putih, manfaat minyak bawang putih, cara membuat garlic oil, manfaat garlic oil

Umumnya, minyak bawang putih sering digunakan oleh mereka yang menjalani progam diet. Meski demikian, tak jarang minyak ini juga digunakan oleh orang yang memiliki gangguan metabolisme, diabetes, dan anemia. Berikut sejumlah manfaat garlic oil menurut Theasianparent.com:

  • Meningkatkan Pencernaan

Bawang putih mengandung antioksidan tinggi. Zat antioksidan ini bisa membantu pelancaran proses pencernaan dan merangsang gerakan peristaltik. Dengan demikian, ketika Bunda mengalami peradangan usus atau sembelit, garlic oil bisa Anda gunakan untuk mengobatinya.

  • Mengurangi Peradangan

garlic oil mengandung allicin, yakni senyawa yang berfungsi sebagai pengobatan topikal untuk meredakan radang. Allicin adalah senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang dapat meredakan iritasi jaringan dan mengurangi rasa sakit pada bagian tubuh yang mengalami peradangan.

  • Mengobati Gangguan Metabolik

Banyak orang menggunakan minyak bawang putih untuk pengobatan sindrom metabolik yang disertai dengan gejala tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kolesterol tinggi, dan obesitas. Antioksidan yang terkandung dalam minyak ini dapat mengurangi risiko penyakit-penyakit ini dengan mengoptimalkan aktivitas metabolisme.

  • Meredakan Sakit Kepala

Mengoleskan sedikit garlic oil ke pelipis atau mengonsumsinya dalam porsi kecil bisa membantu meredakan peradangan pelipis dan kapiler. Sehingga, bisa mengurangi terjadinya migrain atau sakit kepala.

  • Mengandung Antioksidan

Kandungan allicin pada bawang putih menjadi salah satu sumber antioksidan yang diperlukan tubuh. Jika Anda sedang mencoba mengurangi stres oksidatif, menurunkan risiko kanker, atau mencegah penuaan dini, penggunaan garlic oil sangatlah dianjurkan.

  • Mencegah Diabetes

Sifat hipoglikemik pada garlic oil dapat membantu mengatur produksi insulin dan konsumsi energi oleh tubuh. Minyak ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan aktivitas metabolisme dan dapat membantu mencegah lonjakan glukosa yang menyebabkan diabetes.

 

CARA MEMBUAT MINYAK BAWANG PUTIH

Bahan:

  • 8 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 cm jahe, parut
  • 100 ml minyak goreng
  • Garam sesuai selera

 

Langkah:

  • Panaskan minyak di api kecil
  • Masukkan bawang putih & jahe, masak hingga kekuningan tapi tidak gosong
  • Tambahkan sedikit garam
  • Simpan di toples yang bersih dan kering agar garlic oil┬átetap awet

 

Ternyata membuat minyak bawang putih itu sangat mudah ya. Minyak ini bisa menjadi produk kaya manfaat yang bisa kapanpun dibuat, dan bahkan bisa menjadi peluang usaha. Bagi Bunda yang mau mulai membuat untuk keperluan pribadi atau dijual, bisa mulai dengan membeli bahan dasarnya pakai aplikasi Titipku. Tak perlu repot ke toko atau pasar, cukup pesan saja bahan-bahan di atas lewat smartphone Anda, bayar, lalu tunggu Jatiper mengantarkan pesanan Anda. Praktis banget kan? Yuk download aplikasi Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan