Minyak Bekas Goreng Ikan Asin Bisa Digunakan untuk Ini!

minyak, minyak bekas, minyak bekas goreng, minyak bekas goreng ikan, minyak bekas goreng ikan asin, oil, cooking oil, palm oil

minyak, minyak bekas, minyak bekas goreng, minyak bekas goreng ikan, minyak bekas goreng ikan asin, oil, cooking oil, palm oil

Hai Moms, biasanya kalau habis goreng ikan asin, minyaknya Moms buang nggak? Kebanyakan Moms banyak yang langsung membuang minyak bekas goreng ikan asin. Pasalnya, minyak bekas goreng ikan asin cenderung bau dan kotor. Hal ini bisa merusak aroma, kualitas, dan rasa dari masakan yang kita goreng selanjutnya dengan minyak bekas goreng ikan asin.

Padahal, minyak bekas goreng ikan asin ini masih bisa dimanfaatkan ulang loh. Untuk apa saja sih? Simak informasi dari Merdeka.com berikut ini yuk:

 

  1. Gunakan untuk Menggoreng sambal

Menggunakan minyak bekas menggoreng ikan asin untuk menggoreng sambal akan menambah cita rasa sambal, terutama sambal yang menggunakan terasi. Garamnya juga bisa agak dikurangi karena biasanya minyak bekas menggoreng sudah asin. Caranya: tumis cabai, bawang, dan terasi dengan minyak bekas ikan asin secukupnya. Tumis hingga aroma muncul, lalu bahan-bahan tersebut ditiriskan dan lalu digeprek menjadi sambal. Untuk sambal mentah, Anda juga bisa mencampurkan sedikit minyak bekas ikan asin saat menghaluskan bahan-bahan segar sambal di cobek.

  1. Gunakan untuk Memasak Nasi Goreng

Tak perlu penyedap rasa, nasi goreng akan lebih gurih dan sedap jika menggoreng menggunakan minyak bekas ikan asin. Terutama jika ingin membuat nasi goreng ikan asin atau seafood, minyak ikan asin akan sangat membantu memberi kesedapan alami.

  1. Gunakan untuk Menumis Sayur dan Bumbu

Menumis sayur akan terasa lebih sedap dengan minyak bekas menggoreng ikan asin. Anda tak perlu menambahkan saus tiram, terasi, atau ebi sebagai penyedap. Rasa yang dibawa oleh minyak bekas ikan asin sudah bisa memberi cita rasa unik yang akan memanjakan lidah, selama tetap mempertimbangkan kualitas minyaknya ya. Jika minyak sudah tidak oke kualitasnya, lebih baik Anda tidak menggunakannya.

  1. Gunakan untuk Menumis Bumbu Dasar

Menumis bumbu balado atau sambal goreng juga akan lebih gurih dan mantap jika menggunakan minyak bekas menggoreng ikan asin. Tak perlu menambahkan kaldu bubuk. Cukup sesuaikan jumlahnya agar masakan tetap terasa nikmat.

*****

minyak, minyak bekas, minyak bekas goreng, minyak bekas goreng ikan, minyak bekas goreng ikan asin, oil, cooking oil, palm oil

Itulah beberapa tips untuk menggunakan minyak bekas goreng ikan asin. Tetap pertimbangkan kualitas minyak saat hendak menggunakannya lagi ya Moms. Jika kualitas sudah jelek, pastikan Anda tidak menggunakannya. Untuk kebutuhan pasokan minyak goreng baru, Anda bisa membelinya di Titipku. Mumpung lagi ada promo tebus murah minyak 1 liter seharga Rp5.000 nih Moms! Mau? Download Titipku di sini!

Tinggalkan Balasan