Miris! Dampak Pedih Pandemi COVID-19 bagi Penjual Mie Ayam, Hanya Laku 4 – 6 Porsi per hari

Titipku – Wabah virus korona tampaknya menjadi hal serius bagi masyarakat di seluruh dunia. Akibat virus korona atau yang dikenal sebagai COVID-19 hampir negara di seluruh dunia mengalami krisis ekonomi. Dalam memutus mata rantai virus korona, hampir seluruh pemerintah di belahan dunia menetapkan kebijakan social distancing dan physical distancing.  Terlebih ada banyak negara yang juga memberlakukan sistem Iockdown

Indonesia juga memberlakukan sistem Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sistem tersebut digunakan untuk membatasi ruang gerak masyarakat, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kontak langsung antar individu untuk menekan penyebaran virus. 

Dampak PSBB bagi UMKM

Pemberlakuan sistem tersebut tampaknya membuat beberapa masyarakat terdampak, terlebih di sektor UMKM. Salah satunya yaitu penjual mie ayam di Jakarta Barat. Adalah Pak Karimun, seorang perantauan dari Jawa Tengah yang menetap di Jakarta Barat. Demi menghidupi tiga anak dan seorang istri, di tengah wabah COVID-19 beliau tetap berjualan mie ayam.

Mungkin nyawa sudah menjadi taruhan Pak Karimun yang dengan gigih tetap berjualan di tengah pandemi. Namun sayangnya penghasilan yang diterima tak sebanding dengan keringat yang ia keluarkan.

Jika biasanya penjualan mie ayamnya laku 50 mangkok, di tengah wabah virus korona Pak Karimun hanya dapat menjual 4-6 porsi saja perharinya. Omzetnya turun secara drastis menjadi 10% dari hari biasa. Ditengah cobaan yang melanda, ternyata Pak Karimun tak terdaftar sebagai warga yang mendapat bantuan dari pemerintah.  

Selain Pak Karimun masih banyak terdapat puluhan juta UMKM Indonesia yang juga mengalami hal yang sama. Dari pengamatan tersebut Titipku sebagai wadah UMKM Indonesia menggelar aksi kemanusiaan dengan berkolaborasi bersama Kitabisa.com

Program yang dijalankan TItipku yaitu mengadakan Donasi 10.000 paket sembako yang diperuntukan bagi UMKM dan keluarga kurang mampu di seluruh Indonesia.

Kamu bisa membantu donasi untuk Pak Karimun, UMKM Indonesia, dan masyarakat kurang mampu melalui link berikut: https://kitabisa.com/titipkulawancorona?utm_source=socialsharing_campaigner_web_b95a8bbf59c20f31043ddcd39d9fe522&utm_medium=share_campaign&utm_campaign=share_detail_campaign

Bersama-sama, kita berjuang melawan Corona. Dukung UMKM Indonesia lawan Corona!

Tinggalkan Balasan