Mitos-Mitos Kolesterol yang Perlu Kamu Tahu

Mendengar kata kolesterol, orang-orang cenderung berpikiran bahwa kolesterol adalah sesuatu yang buruk. Padahal, kolesterol sebenarnya diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi vitamin D dan hormon tertentu agar tubuh dapat berfungsi secara normal. Namun, kadar kolesterol di dalam darah harus dalam batas normal. Jika kadarnya berlebih, justru malah akan mengakibatkan penyakit arteri hingga stroke. 

Kolesterol yang tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat mengakibatkan komplikasi hingga kematian jika tidak segera ditangani dan mengubah pola hidup. Kolesterol tinggi yang umumnya diderita oleh orang dewasa ini memiliki mitos-mitosnya sendiri. Yuk intip mitos kolesterol yang ada.

Kamu Akan Tahu JIka Memiliki Kolesterol Tinggi

Ini adalah mitos kolesterol yang paling sering didengar dan ditemui. Banyak orang bilang jika kolesterol dalam tubuh tinggi akan menghasilkan beberapa gejala tertentu. Sebenarnya, gejala yang dimaksud tersebut adalah gejala dari penyakit yang umumnya disebabkan karena kadar kolesterol yang tinggi. 

MIsalnya, gejala seperti nyeri pada dada merupakan gejala penyempitan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah menyempit karena plak kolesterol, aliran darah menjadi menurun ke jantung, otak, dan bagian-bagian tubuh lainnya. 

Cara paling mudah dan pasti untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh adalah dengan melakukan cek darah. Hal ini sebaiknya dilakukan sebelum gejala penyakit mulai muncul. 

Semua Jenis Kolesterol merupakan Kolesterol Jahat

Ini adalah mitos kolesterol lain yang sering ditemui. Kolesterol dibutuhkan tubuh untuk dapat berfungsi secara normal. Meskipun jika kadarnya berlebih dapat berbahaya bagi kesehatan, namun tidak mengubah fakta bahwa kolesterol membantu tubuh memproduksi vitamin D, membrane sel, dan beberapa hormon penting yang diperlukan tubuh. 

Protein dibawa dalam darah oleh protein dalam bentuk lipoprotein. Ada dua jenis kolesterol yaitu LDL (low-density lipoprotein) dan HDL (high-density lipoprotein). LDL lebih dikenal dengan sebutan kolesterol jahat dan berfungsi untuk mengantarkan kolesterol dari hati ke sel-sel yang membutuhkan. Sayangnya, jika kadarnya terlalu banyak, kolesterol akan mengendap pada dinding arteri sehingga dapat membuat pembuluh darah menyempit. 

Sedangkan HDL merupakan kolesterol baik yang berfungsi membawa kembali kolesterol ke dalam hati untuk dihancurkan dan dikeluarkan dari tubuh. 

Tidak Perlu Khawatir Kolesterol Jika Umur Masih Muda

Mitos kolesterol ini biasanya lebih sering didengar oleh anak-anak muda karena beranggapan bahwa kolesterol tinggi adalah penyakit orang-orang tua. Sayangnya, kolesterol dapat mempengaruhi segala umur dan segala kondisi tubuh, bahkan orang-orang dengan tubuh yang sehat dan berumur di bawah 40 dapat terkena kolesterol tinggi. 

Kamu harus melakukan cek darah dan mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh. Setiap orang memiliki kadar kolesterol normal yang berbeda-beda tergantung dari berat badan, riwayat penyakit jantung, tekanan darah, ataupun kadar gula darah. Jika kamu punya riwayat penyakit jantung atau mempunyai keluarga yang mempunyai riwayat kolesterol tinggi dan penyakit jantung, sebaiknya kamu melakukan cek darah secara rutin. 

*****

Agar kolesterol tidak menumpuk dalam tubuh, sebaiknya mulai kurangi makanan-makanan berlemak atau makanan olahan karena mengandung lemak yang tinggi. Sebaiknya perbanyak sayur dan buah segar seperti buah naga. Buah ini memiliki Vitamin B3 yang efektif menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Nah, supaya badan lebih sehat, belanjanya #DariRumah saja, jadi kamu nggak perlu khawatir terkena virus corona. Beli buah naga pakai Titipku! lagi ada promo buah naga loh hari ini.

Yuk cobain mudahnya belanja pakai Aplikasi Titipku. Download aplikasinya sekarang!

Tinggalkan Balasan