Mitos-Mitos Soda yang Perlu Kamu Ketahui

Titipku – Tidak ada yang dapat menahan kesegaran minuman bersoda yang diminum ketika cuaca matahari sedang terik-teriknya. Ketika kamu sedang kelelahan selepas bekerja atau sedang bersama teman-teman merayakan pesta, minuman bersoda pasti menjadi pilihan utama. Namun, tidak sedikit dari kamu yang merasa bersalah ketika selesai minum soda. Kita semua tahu bahwa soda tidak baik untuk tubuh karena terlalu banyak mengandung gula tanpa kandungan nutrisi lain, tapi kita tetap meminumnya. Kamu tentu sudah pernah melihat bagaimana soda dapat membersihkan porselin; bayangkan jika soda melakukan hal yang sama di dalam perutmu. Berikut adalah mitos-mitos soda yang mungkin perlu kamu ketahui kebenarannya. 

Soda Diet Lebih Sehat daripada Soda Biasa

Mungkin setelah mengetahui bahaya soda, kamu lebih memilih mengonsumsi Soda Diet atau Zero Sugar Coke (Soda tanpa gula) karena kamu berpikir soda tersebut mengandung sedikit atau bahkan tidak mengandung gula sama sekali. Sayangnya, mitos tersebut tidaklah tepat. Yang membedakan Soda biasa dan Soda diet hanyalah kandungan yang digunakan sebagai pemanis. Jika pada soda biasa menggunakan gula sebagai pemanis, soda diet menggunakan pemanis buatan seperti sakarin atau aspartam. Kamu pasti sudah mengetahui bahayanya mengonsumsi pemanis buatan, bukan?

Soda Diet Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Hanya karena terdapat kata “diet” tidak berarti mengonsumsi soda diet dapat membantumu menurunkan berat badan. Soda diet justru dapat mengganggu metabolisme tubuh dengan cara mengganggu kerja insulin. Insulin diproduksi oleh pankreas untuk mengurai gula yang kamu konsumsi. Sayangnya, tidak ada gula yang masuk ke dalam tubuhmu jika kamu mengonsumsi soda diet sehingga produksi insulin menjadi berlebih. Di samping itu, soda diet lebih manis daripada soda biasa. Akibatnya, kamu akan menjadi kencaduan terhadap makanan atau minuman manis. 

Soda dapat membuatmu dehidrasi

Mitos lain yang mungkin pernah kamu dengar adalah soda membuatmu dehidrasi. Ketika cuaca sedang panas dan kamu banyak mengeluarkan tubuh, meminum soda malah akan membuatmu semakin dehidrasi. Sayangnya, hal tersebut tidaklah benar. Meskipun soda mengandung kafein yang dapat menyebabkan diuresis, soda tetap dapat memberikan tubuhmu sedikit cairan yang diperlukan. Jadi, ketika kamu sangat haus dan tidak memiliki pilihan lain selain soda, tidak perlu ragu untuk meminumnya. Akan tetapi, karena kandungan gula dan kalori yang tinggi, soda sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi secara reguler ya!

#dirumahaja

Nah, daripada mengonsumsi soda, lebih baik kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang lebih sehat selama pandemi ini. Tidak perlu khawatir untuk keluar rumah, cukup unduh Titipku dan mulai belanja di pasar-pasar terdekat di kotamu dengan mudah. Belanja mudah tanpa perlu ke luar rumah, lewat Titipku aja!

 

Tinggalkan Balasan