MPASI Pertama untuk Anak: Pelajari Tipsnya

mpasi, makanan pengganti asi, makanan pengganti air susu ibu, mpasi pertama, cara memberi mpasi pertama untuk bayi, tips memberi mpasi pertama, cara memberi mpasi pertama agar berhasil

mpasi, makanan pengganti asi, makanan pengganti air susu ibu, mpasi pertama, cara memberi mpasi pertama untuk bayi, tips memberi mpasi pertama, cara memberi mpasi pertama agar berhasil

Jika anak sudah berusia 6 bulan atau lebih, mereka sudah boleh mengonsumsi Makanan Pendamping ASI atau MPASI. Hanya saja: mempersiapkan MPASI pertama untuk anak tidak mudah juga loh.

Saat mempersiapkan MPASI pertama, Moms harus siap menghadapi anak yang rewel ataupun keribetan yang harus dihadapi seperti mempersiapkan MPASI sembari memomong anak. Meski demikian MPASI tetap penting karena di usia 6 bulan, produksi ASI Moms sudah tidak mencukupi kebutuhan energi dan nutrisi bagi anak.

Untuk itu, berikut sejumlah tips yang bisa dipakai jika Moms punya anak yang sudah siap menerima MPASI.

Baca Juga: Cara Jitu Simpan MPASI dalam Kondisi Beku

 

  1. Pahami Nutrisi yang Dibutuhkan

MPASI haruslah memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi anak. Setidaknya, dalam MPASI harus mengandung karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi, protein hewani, vitamin, mineral, dan zat besi. Moms juga bisa menambahkan daging atau hati untuk meningkatkan berat badan bayi.

  1. Pilih Menu Makanan Sesuai Kebutuhan Nutrisi

Menu makanan harus secara berkala diganti. Kita saja sebagai orang dewasa sering bosan dengan makanan yang itu-itu saja, maka tak baik juga memberi menu secara monoton kepada anak. Moms bisa menggantinya secara berkala, semisal seminggu sekali untuk bergantian antara menu buah dengan sayur atau umbi.

  1. Belanja Bahan yang Terbaik

Untuk bahan MPASI, tentunya harus memiliki kualitas yang terbaik. Jangan coba-coba memberi daging, sayur, atau buah yang sudah tak segar ya Moms!

Jika Moms butuh sayur, buah, dan daging segar, Moms bisa membelinya lewat Titipku. Di Titipku, ada jaminan kesegaran produk. Jatiper Titipku sudah dididik untuk bisa memilih produk dengan kualitas terbaik. Selain itu, ada garansi juga jika produk yang diantar tidak dalam kondisi terbaik.

Moms bisa kepoin aplikasi keren satu ini di Playstore maupun Appstore ya!

  1. Siapkan dengan Metode dan Jumlah yang Tepat

MPASI pertama untuk anak sebaiknya diolah dengan cara direbus atau dikukus. Sebisa mungkin, jangan beri MPASI yang digoreng karena bisa menyebabkan radang. Selain memikirkan cara mengolahnya, pikirkan juga jumlah MPASI yang tepat, yakni sekitar 120 mililiter. Angka ini akan bertambah sesuai minat bayi nantinya.

  1. Atur Jadwal

Moms bisa membuat jadwal makan sendiri atau mendiskusikannya dengan dokter spesialis anak. Moms bisa membuat MPASI untuk konsumsi di siang hari dan sore hari, sementara jatah sarapan, makan siang, dan malam tetap ASI. Nanti, jika usia semakin bertambah, jadwalnya bisa disesuaikan dengan memberi porsi MPASI lebih banyak dari ASI.

Baca Juga: Ini Nih Sumber Lemak Tambahan di MPASI

*****

Itulah sejumlah tips yang bisa diperhatikan terkait MPASI pertama anak. Jangan lupa, inti dari MPASI adalah nutrisi, sehingga MPASI harus diolah dengan benar dan menggunakan bahan dengan kesegaran terbaik!

 

Tinggalkan Balasan