Muka Berjerawat Jangan Dipencet, Nanti Sembuh Sendiri, kok

jerawat, muka berjerawat, muka jerawatan

Tidak hanya perempuan, laki-laki juga kerap kali mengalami fase muka berjerawat. Ada yang hanya mengalami bruntusan, jerawat kecil-kecil, sampai jerawat besar dan meradang. Timbulnya jerawat bisa disebabkan oleh banyak faktor. Kamu mungkin berpikir kalau kulit yang berjerawat disebabkan karena pemakaian produk perawatan yang tidak tepat. Tidak cuma itu, lho! Jerawat yang muncul juga bisa karena faktor genetik, faktor hormonal, dan gaya hidup yang kurang baik. 

Munculnya jerawat pastinya mengganggu penampilan. Bagi beberapa orang, memencet jerawat menjadi pilihan agar jerawat jadi cepat “kempes”. Faktanya, memencet jerawat justru membuatnya semakin meradang dan akan semakin lama untuk sembuh. Kulitmu jadi lecet dan iritasi. Jerawatmu juga akan meninggalkan bekas yang sulit pudar. Lalu, gimana, sih, sebaiknya saat berhadapan dengan muka berjerawat? Simak ulasan berikut ini.

 

Rajin Double Cleansing

Setiap selepas bepergian, sebaiknya kamu mulai rutin membersihkan wajah. Tak cukup dengan air bersih, wajahmu membutuhkan perhatian lebih dengan cara double cleansing. Jerawat bisa muncul karena kulit wajah tidak dibersihkan secara maksimal. Selain itu, sisa make up yang menempel sehingga menyumbat pori-pori kulit wajah juga bisa jadi cikal bakal jerawat.

Dengan melakukan double cleansing, kulitmu akan benar-benar bersih dan jerawat pun tidak semakin menjadi-jadi. Pertama, bersihkan wajahmu dengan milk cleanser dan usap kotoran menggunakan kapas. Ulangi kalau perlu. Setelah itu, barulah cuci muka dengan face wash sampai bersih.

 

Pakai Obat Jerawat (Spot Treatment)

Kamu mungkin tidak asing lagi dengan istilah “obat jerawat”. Ada banyak, kok, produk khusus jerawat yang dijual di apotek. Kamu bisa memilih varian produk berupa salep, gel, ataupun minyak. Kandungan yang sering dipakai sebagai obat jerawat biasanya benzoyl peroxide, tea tree, atau salicylic acid. Sebagai spot treatment, artinya kamu cukup mengoleskannya pada jerawatmu dengan cotton bud. Oleskan saja tipis-tipis setiap sebelum tidur setelah wajahmu sudah dibersihkan. Perlahan namun pasti, jerawatmu akan mengecil kemudian sembuh.

 

Jangan Lupakan Pelembab dan Sunscreen

Kalau kamu memakai obat jerawat, biasanya efek yang akan dirasakan adalah kulit kering. Tak usah khawatir, itu wajar, kok. Yang penting, kamu tetap rajin mengoleskan pelembab dan tidak lupa memakai sunscreen setiap keluar rumah. Pakailah pelembab yang tidak mengandung alkohol karena dapat membuat kulitmu jadi semakin kering. Akan lebih baik kalau kamu memilih produk skincare khusus kulit berjerawat sehingga kulitmu pun mendapatkan perawatan yang intensif dan maksimal. Pakai sunscreen juga jangan sampai lupa, ya.

 

Tips di atas sebenarnya sangat sederhana, namun banyak orang yang tidak sabar sehingga memilih jalan pintas demi jerawat cepat hilang. Kulit yang sehat dimulai dari gaya hidup yang sehat juga. Kalau kamu sudah melakukan perawatan di klinik kecantikan tetapi tidak rutin mengonsumsi buah dan sayur, tubuhmu jadi kekurangan vitamin. Olahraga dan minum air putih yang cukup juga membantu proses regenerasi kulitmu, lho.

Sambil bersantai setelah perawatan muka berjerawat di rumah, kamu juga bisa berjelajah di Aplikasi Titipku. Kalau kamu belum tahu, di Titipku kamu bisa beli aneka produk pokok di pasar tradisional atau produk UMKM secara umum. Tidak hanya makanan, minuman, atau kerajinan, kamu juga bisa menemukan beragam produk perawatan kulit dengan harga terjangkau! Ada lulur wajah, sabun organik, sampai serum berbahan natural.

Kamu tinggal pesan, bayar, lalu tunggu Jatiper mengirimkan pesananmu. Tertarik? Buruan klik di sini sekarang juga untuk download aplikasinya!

Tinggalkan Balasan