Mulai Langka! Minuman Gempol Pleret Khas Jawa Tengah

Titipku – Masih inget nggak sama minuman tradisional asal Jawa Tengah yang disebut Gempol Pleret? Ternyata kamu masih bisa menyantap segarnya minuman ini di Warung Pak Suharto di Jl dr Wahidin, Laweyan, Solo.

Letaknya di tepi sungai kecil, di sebelah utara Masjid Tegalsari. Warungnya sederhana, cukup untuk ditempati sekitar 25 pengunjung.

Menurut Tribunnews.com warung milik Suharto menyediakan beberapa macam makanan dan minuman, yang menjadi unggulan ialah gempol pleret dan bakmi thoprak. Suharto mulai berjualan sejak sekitar tahun 1996. Jika dihitung, Suharto sudah berjualan selama 20 tahun lho!

Harga satu porsi gempol pleret Rp 5.000, sedangkan seporsi bakmi thoprak dijual Rp 9.000. Warung mulai buka pukul 09.30 WIB hingga 16.30 WIB. Namun khusus hari Jumat dan sepanjang bulan Ramadan warung milik Suharto tutup.

gempol pleret pak suhar solo, es gempol pleret solo, resep gempol pleret solo, gempol pleret di solo, dawet gempol pleret solo, cara membuat gempol pleret solo, resep es gempol pleret solo, jual es gempol pleret solo, alamat es gempol pleret solo, es gempol pleret enak di solo, es gempol pleret pak suhar solo, resep es gempol pleret khas solo,
Instagram via sriayusolo

Selain dua menu tersebut, Suharto juga menyediakan menu sup matahari dan sup galantin.

Apa Sih Gempol Pleret Itu?

Gempol pleret namanya. Minuman tradisional ini banyak kita jumpai di kawasan Kota Jepara, Jawa Tengah. Biasanya minuman yang satu ini disajikan dalam keadaan dingin.

Warna merah muda pada pleret di sajian minuman ini begitu menggoda siapa saja untuk mencoba kesegarannya. Jangan lewatkan untuk mencoba minuman ini ketika Anda berada di kota berjuluk Kota Kartini ini.

Dilansir melalui Indonesiakaya.com gempol pleret terbuat dari bahan utama beras yang digiling halus. Setelah menjadi tepung beras, kemudian diaduk dengan sedikit air sehingga menjadi adonan. Setelah menjadi adonan, kemudian untuk gempol dibentuk menjadi bulat sementara pleret dibentuk pipih dan berwarna merah muda.

Dua bentuk adonan yang berbeda inilah kemudian menjadi sebuah minuman yang diberi nama gempol pleret. Sajian gempol pleret ini bertambah nikmat dengan campuran bahan seperti sirup, santan dan diberi es.

Gempol pleret disajikan dalam wadah mangkok. Satu mangkuk gempol pleret begitu segar untuk dinikmati. Lembutnya tekstur gempol dan kenyalnya tekstur pleret berpadu dengan manisnya sirup dan kuah santan dan es menjadikan jaminan kesegaran bagi siapa saja yang menikmatinya.

#PakaiProdukLokal

Nah buat kamu yang pengen jajan makanan ataupun minuman tradisional, bisa banget gunain aplikasi TitipkuAplikasi asli Indonesia yang mendukung umkm negeri untuk go digital.

Selain produk makanan dan minuman, kamu juga bisa membeli produk kerajinan, sembako, bahan dapur, hingga produk-produk di pasar lho.

Jangan lupa download Titipku ya!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan