Nikmatnya Krecek: dari Lauk hingga Camilan

makanan krecek terbuat dari apa, krecek makanan khas, makan krecek saat hamil, sejarah makanan krecek, resep makanan krecek, gambar makanan krecek, makanan khas jogja krecek, apa itu makanan krecek, makanan khas yogyakarta krecek, menu makanan dari krecek, resep makanan dari krecek,

Titipku – Bagi masyarakat Jawa, khususnya Yogyakarta, krecek bukanlah sesuatu yang asing bagi mereka. Bagaimana tidak, krecek hampir selalu menjadi lauk tambahan saat menyantap gudeg di kota pelajar tersebut. Jika kamu berkunjung ke Yogyakarta dan membeli gudeg, hampir setiap warung gudeg yang kamu kunjungi akan menambahkan krecek ke dalam hidangannya. Meskipun begitu, tidak semua orang Jawa menyukai krecek. Teksturnya yang kenyal dan lembut mungkin terasa aneh di lidah sebagian orang. 

makanan krecek terbuat dari apa, krecek makanan khas, makan krecek saat hamil, sejarah makanan krecek, resep makanan krecek, gambar makanan krecek, makanan khas jogja krecek, apa itu makanan krecek, makanan khas yogyakarta krecek, menu makanan dari krecek, resep makanan dari krecek,
Instagram via @nunieke
Bahan Dasar Krecek

Krecek sebenarnya terbuat dari kulit sapi yang dikeringkan, kemudian digoreng sehingga menjadi kerupuk kulit. Dari kerupuk kulit ini kemudian bisa diolah atau dicampurkan pada masakan tertentu. Jika di Yogyakarta dicampurkan pada gudeg, di daerah Jawa Tengah, misalnya, krecek lebih populer ketika dicampurkan bersama oncom, tempe, maupun tahu. Nah, masakan ini lebih sering dikenal dengan ‘sambal goreng’. Sambal goreng tahu yang cukup populer di daerah Jawa Tengah, umumnya menambahkan krecek ke dalam masakannya. Sambal goreng cenderung memiliki kuah yang agak banyak, sehingga krecek yang awalnya berupa kerupuk kulit kering berubah menjadi lembut dan kenyal. 

Camilan

Bagi sebagian orang yang tidak menyukai krecek yang dicampurkan ke dalam masakan tertentu, krecek juga dapat dinikmati dalam bentuk keringnya, yaitu kerupuk kulit. Di daerah Jawa, kerupuk kulit lebih dikenal dengan rambak. Rambak sangat populer di daerah Jawa karena selain enak dinikmati sebagai camilan, ia juga nikmat dijadikan sebagai lauk tambahan dalam menikmati masakan tertentu. Misalnya, ketika kamu mengunjungi warung nasi goreng atau bakso, penjualnya akan menyediakan kerupuk kulit atau rambak di meja makannya. Nah, bagi kamu yang kurang menyukai krecek, kamu tetap bisa menikmati rambak. Menikmati rambak memang sebaiknya disantap bersama makanan-makanan berkuah. Namun, itu tidak berarti rambak tidak bisa dinikmati sebagai camilan, atau digado dalam istilah Jawa.

Nah, jika kamu ingin beli rambak atau krecek, kamu bisa mengunduh Aplikasi Titipku dan mencari krecek di kolom pencarian. Kamu bisa membeli camilan krecek sebanyak mungkin karena Titipku lagi ada promo #kulinerasik lho! Kamu bisa mendapatkan diskon dan juga gratis ongkir untuk produk-produk pilihan yang tersedia di Titipku. Tunggu apalagi, jangan sampai ketinggalan promo #kulinerasik dari Titipku!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan