Nuansa Batik From Head to Toe

Titipku – Batik sebagai salah satu kekayaan Indonesia menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan berbusana masyarakat. Beragam corak batik yang dimiliki setiap daerah tidak hanya mejadi ciri khas daerah tersebut tetapi juga memiliki nilai filosofis di balik motifnya. Mega mendung, misalnya, sebagai salah satu corak batik dari Cirebon yang berupa awan-awan bermakna setiap manusia harus mampu meredam amarah dalam situasi apapun, layaknya awan yang datang menyejukkan ketika cuaca mendung.

Kini, kain batik telah hadir mewarnai kehidupan masyarakat sebagai teman untuk menghadiri berbagai acara. Kain batik yang kerap diidentikkan dengan suasana formal, nyatanya dapat pula dikenakan dalam kegiatan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa referensi untuk mengenakan kain batik from head to toe.

Kerudung Batik

Memakai kerudung bermotif batik bisa menjadi pilihan untuk mempercantik penampilan. Namun, berhati-hatilah dalam memilih motif batik sebagai kerudung karena tidak semua motif cocok. Pemilihan warna juga mempengaruhi tone busana yang dikenakan. Selain itu, jenis kain juga menjadi faktor penting karena berurusan dengan kenyamanan. Kain batik berbahan sutra nampaknya bukan pilihan yang karena terlalu licin dan tipis. Kain berjenis katun juga belum tepat dijadikan sebagai kerudung karena cukup tebal dan kaku. Namun, tak perlu khawatir karena kini sudah mulai banyak kerudung batik berbahan voal yang lembut sehingga bisa dijadikan sebagai pilihan.

Tunik Batik

Blus batik nampaknya terlalu biasa bagi kaum hawa yang senang mengoleksi busana bertema batik. Cobalah menambahkan tunik batik (pendek maupun panjang) dalam daftar pakaian. Mengenakan tunik batik tanpa lengan dan heels berwarna gelap dapat menjadi satu referensi jika ingin menghadiri acara formal. Bisa juga mengenakan tunik batik dengan motif megah dan memadu-padankannya dengan celana kulot polos berwarna hitam untuk datang ke acara pernikahan teman sejawat. Tunik batik dengan bahan katun dan motif sederhana juga dapat menemani kegiatan di kampus atau sekadar berjalan-jalan.

Kulot Batik

Siapa sangka jika kain batik dapat dijahit menjadi celana kulot yang nyaman lagi elegan. Celana kulot pada awalnya dikenal sebagai celana panjang dengan lebar kaki yang cukup besar dan diperuntukkan bagi perempuan yang ingin menutupi lekuk tubuh bagian bawah. Namun, kini celana kulot hadir untuk menemani kegiatan-kegiatan kasual karena segi kenyamanannya. Menjadikan kain batik sebagai celana kulot menjadi pilihan tepat bagi perempuan yang ingin tampil sederhana tetapi tetap eye catching. Banyak corak batik yang bisa dipadu-padankan dengan blus ataupun kemeja berwarna polos.

Memilih kain batik untuk teman berkegiatan merupakan hal biasa. Namun, motif dan warna kain batik dapat menentukan tone berbusana sehingga perlu pandai dalam memilahnya dan memadu-padankannya dengan celana, rok, atau kerudung. Tidak hanya itu, pemilihan kain batik juga menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang yang baru belajar jenis-jenis kain karena mempengaruhi segi kenyamanan saat dikenakan. Mengenakan kain batik tidak hanya mengenalkan kembali macam-macam motif batik kepada masyarakat tetapi juga membantu usaha masyarakat kelas menengah maupun menengah ke bawah dalam hal perekonomian. Kini, aplikasi Titipku hadir untuk mempermudah masyarakat untuk berbelanja berbagai macam kain batik. Yuk, belanja di Titipku dan bangga #PakaiProdukLokal!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan