Obat Alami Atasi Ketombe

Titipku – Musim hujan seperti ini membuat masalah ketombe menjadi lebih sering muncul. Bagaimana tidak? Ketika kehujanan, kamu akan segera keramas untuk membersihkan air hujan. Padahal, terlalu sering keramas bisa memicu ketombe menjadi lebih banyak. Jika tidak keramas, kulit kepalamu akan menjadi lembab dan tetap memicu hasil yang sama. 

Ketombe sebenarnya adalah hasil akibat proses alami sel kulit mati yang rontok. Ketika sel-sel kulit kepala yang mati digantikan oleh yang baru, ketombe pun muncul. Namun, pergantian sel kulit mati di kepala yang terlalu cepat biasanya disebabkan oleh gangguan kelenjar minyak di kepala. Di samping itu, hal-hal seperti terlalu sering keramas, jarang keramas, gangguan kulit kepala, alergi terhadap produk rambut tertentu juga dapat memicu ketombe yang berlebihan. Untungnya, terdapat bahan-bahan alami untuk menghilangkan ketombe selain menggunakan shampoo anti ketombe.

Berikut bahan-bahan untuk mengatasi ketombe :

  1. Jeruk Nipis 

    Jeruk nipis kaya akan vitamin C, B1, B2, karbohidrat. Lemak, protein, magnesium dan mineral lainnya. Kandungan mineral dan vitamin pada jeruk nipis dapat mendorong pertumbuhan agar rambut sekaligus efektif membasmi ketombe yang berlebihan. 

    Cara menggunakannya cukup mudah. Campurkan perasan jeruk nipis dengan air secukupnya lalu oleskan pada daerah kulit kepala yang banyak menghasilkan ketombe. Tunggu selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih. 

  2. Lidah Buaya 

    Lidah buaya memang sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu obat alami untuk membasmi ketombe. Bahkan, beberapa brand produk rambut mencampurkan lidah buaya ke dalam produk-produk rambut yang dikeluarkan. 

    Cara menggunakan lidah buaya adalah dengan menghaluskan daging lidah buaya dan mengoleskannya secara merata pada rambut dan kulit kepala. Pijat perlahan selama beberapa menit agar meresap dan tunggu sekitar 15-30 menit lalu bilas dengan air bersih. 

    Selain untuk menghilangkan ketombe, lidah buaya juga dapat menguatkan akar rambut, menghitamkan rambut, dan membuat rambutmu lebih berkilau lho!

  3. Daun Sirsak 

    Daun sirsak lebih dikenal dari fungsinya yang membunuh racun dalam tubuh dalam proses detoksifikasi. Daun sirsak memiliki senyawa aktif yang mampu menghambat energi yang dibutuhkan oleh sel kanker untuk berkembang. Untuk kulit kepala, daun sirsak dapat digunakan untuk membasmi kutu dan ketombe.

    Caranya adalah dengan menumbuk halus beberapa helai daun sirsak lalu tambahkan sedikit air. Oleskan pada rambut dan kulit kepala seperti menggunakan masker rambut. Biarkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas sampai bersih. Disarankan untuk melakukan perawatan ini 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

#dirumahaja

Daripada repot-repot keluar rumah saat musim hujan dan malah menyebabkan ketombe, lebih baik belanja lewat Titipku aja. Dengan menggunakan fitur #TitipBelanja apa saja, kamu gak perlu repot kehujanan untuk mendapatkan barang kebutuhan harianmu. Penasaran dengan fiturnya? Segera unduh Aplikasi Titipku!

Tinggalkan Balasan