Resep Bola-Bola Ubi Enak, Bisa Dibikin Di Rumah

resep bola-bola ubi, resep bola-bola ubi goreng, resep bola-bola ubi aneka rasa, resep bola bola dari ubi, resep kue bola bola dari ubi, resep bola bola ubi enak, resep bola bola ubi yang enak, resep bola-bola ubi sederhana, resep bola bola ubi renyah, resep bola ubi 1 kg,

Titipku.com – Makanan berbahan ubi memang memiliki cita rasa tersendiri yang khas. Oleh karenanya jajanan murah meriah ini sedari dulu tetap disukai oleh semua kalangan. Salah satunya adalah bola-bola ubi. Buat kamu yang suka dengan aneka jajan pasar jangan khawatir, kamu juga bisa membuat sajian kudapan lezat ini dari dapurmu sendiri. Intip yuk resep bola bola ubi yang enak yang dilansir dari Kompas.com ini.

Bahan

  • 1/2 kg ubi
  • 1/2 butir kelapa parut
  • 1/2 sendok teh garam
  • Gula jawa
  • Tepung kanji
  • Minyak goreng

Cara Membuat

  • Ubi direbus hingga matang
  • Panas-panas dikupas lalu lumatkan
  • Tambahkan kelapa parut, garam, dan irisan gula jawa
  • Setelah itu ratakan, tambahkan tepung kanji hingga adonan cukup lemas untuk di pulung
  • Pulungi bulat-bulat sebesar buah duku, gulingkan ke tepung kanji
  • Goreng sambil di balik-balik sampai matang merata

Yuk Beli Bahan-Bahan Resep Bola Bola Ubi Ini dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba resep bola-bola dari ubi ini lho. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂 Baca Selengkapnya

Resep Klepon Ubi Enak, Bisa Jadi Kudapan Sehatmu

klepon ubi, klepon jogja, klepon resep klepon adalah, makanan khas dari klepon berasal dari daerah, klepon enak, klepon dari tepung kanji klepon empuk, resep klepon enak, resep klepon ubi, resep klepon buat jualan, resep klepon dari ubi, resep klepon ekonomis, resep klepon enak dan kenyal resep klepon gula merah, resep klepon gampang, titipku

Titipku.com – Kamu pasti tidak asing dengan yang namanya Klepon. Makanan tradisional yang masih eksis hingga kini bisa kamu temukan di sudut-sudut pasar tradisional. Atau jika di warung-warung kelontong dekat pedesaan biasanya juga menjajakan menu ini. Nah buat kamu yang ngidam klepon tapi jauh dari pasar, bisa lho bikin kudapan lezat ini sendiri di rumah dengan resep klepon ubi gampang berikut.

Bahan Klepon

  • Ubi putih
  • Gula jawa
  • Tepung kanji
  • Kelapa parut
  • Garam

Cara Membuat

  • Rebus ubi hingga matang
  • Kupas ubi panas-panas kemudian haluskan
  • Campurkan tepung kanji hingga adonan cukup lemas untuk dipulung
  • Beri pewarna makanan hijau, ratakan
  • Pulung ubi dan bentuk bulat-bulat sebesar telur puyuh
  • Isi dengan gula jawa yang telah diiris-iris, bulatkan kembali
  • Jika semua selesai, didihkan air, campurkan sedikit garam
  • Rebus klepon dalam air tersebut.
  • Jika sudah terapung, angkat dan tiriskan
  • Gulingkan ke dalam kelapa parut yang sudah dikukus dan diberi sedikit garam
  • Klepon siap dihidangkan

Wah bisa langsung terbayang kan bagaimana cara masaknya? Resep klepon enak ini bisa kamu aplikasikan di rumah. Baca Selengkapnya

Manfaat Kunyit Asam untuk Kecantikan dan Kesehatan

Titipku.com – Kunyit asam biasa orang sebut kunir asem adalah minuman campuran dari dua tanaman yaitu adalah kunyit dan asam (asem). Kunyit atau kunir merupakan tumbuhan dengan nama Curcuma Longa yang berasal dari family Zingiberaceae. Bahan ini merupakan tanaman dengan nama Tamarindus Indica. Manfat kunyit asam bagi kesehatan dan kecantikan sangat banyak dan akan dibahas di dalam sub bab.

Kombinasi atas dua tumbuhan ini biasa digunakan untuk membuat jamu (minuman tradisional Jawa). Keberadaan di perkotaan sudah cukup jarang ditemui akan tetapi dipedesaan kunyi asam masih banyak dikonsumsi karena mempunyai bahan manfaat kunyit asam ini sangat mujarab. Nah apa saja sih manfaat kunir asem atau kunyit asam ini? Scroll down. Baca Selengkapnya

Gimana Sih Bedanya Ikan Laut dan Ikan Air Tawar?

ikan air tawar dan ikan air laut

Titipku.com – Suka makan ikan? Suka aja atau suka banget? Kalau boleh Ntip tahu nih, jenis ikan apa sih yang lebih sering diolah? Nah kalian pasti merasakan mengolah daging ikan memang gampang-gampang susah, terutama menghilangkan bau amis, duri, juga membersihkan sisik. Hal ini juga sangat perlu dilakukan agar ikan yang akan diolah menjadi semakin nikmat!

Ohya kalian juga pasti tahu kan bahwa ikan mempunyai dua jenis yaitu ikan laut dan ikan air tawar. Ikan gurame, ikan mas, lele, serta nila adalah jenis ikan air tawar. Sementara itu kakap, bawal, tuna, salmon, tongkol, tenggiri dan kerapu adalah jenis ikan laut (ikan asin). Bagaimana sih perbedaan ikan laut dan ikan air tawar? Cekidot. Baca Selengkapnya

Ternyata Begini Fakta Air Lemon yang Orang Sangka Membuat Maag

manfaat lemon, manfaat air lemon, khasiat air lemon

Titipku.com  – Kamu punya maag (gastritis)? Hmmm pasti sangat tersiksa kalau si dia sudah kambuh. Beruntungnya, gastritis atau sakit maag adalah penyakit yang bisa disembuhkan dengan penanganan yang tepat. Biasanya bagi pemilik penyakit maag sangat dianjurkan untuk jaga pola makan seimbang daan menghindari jenis makanan dan minuman khusus seperti makanan dan minuman yang bersifat asam seperti lemon.

Akhir-akhir ini penelitian menyangkal pendapat tersebut dengan menguak fakta bahwa jenis asam tertentu malah justru membantu lambung mengalmi peradangan supaya lebih cepat pulih kembali. Lemon yang semula dianggap sebagai musuh bagi lambung yang sedang bermasalah justru jadi solusi aman. Baca Selengkapnya

Kisah Pak Sunarno, Pedagang Bakso, Rolade, Nugget dari Pasar Legi Bugisan

Titipku.com – Jualannya Bakso, Rolade, dan sejenisnya. Sembari beberes tim Titipku sempat berbincang dengan lelaki yang mulai tua ini. Namanya pak Sunarno. Begitu sapanya saat berkenalan dengan tim Titipku.

Rutinitas paginya di pasar dimulai dari jam 6 pagi. Usainya sesuai jadwal pasar selesai, sekitar jam 12 hingga jam 1 siang.

Para pedagang yang berjualan di pasar Legi Bugisan ini tidak dari lokasi yang dekat. Namun dari beberapa lokasi yang nampak jauh dari pasar. Kalau sebelumnya kamu pernah menyimak kisah mbah Pon yang berasal dari pantai Samas, beliau berasal dari Bantul Kota. Dekat dengan masjid Agung Bantul. Baca Selengkapnya

8 Cara Ampuh Agar Pare Tidak Pahit

cara agar pare tidak pahit

Titipku.com – Ngga doyan makan pare karena rasanya yang pahit? Sebentar, mungkin kamu belum bisa menghilangkan pahit pada pare tersebut deh! Karena si pahit yang banyak khasiatnya ini, bisa menjadi lauk sayur yang enak tanpa ada rasa pahit yang menyisa. Gimana caranya? Simak tips menghilangkan pahit pada pare berikut ini.

Cara Memilih Pare

Sebelum kamu mengetahui cara menghilangkan rasa pahitnya, kamu bisa memulai mengenali dari pemilihan pare itu sendiri. Karena mengolah sayur pare agar tidak pahit diawali dari pemilihan bahannya. Baca Selengkapnya

Brokoli Vs Kembang Kol, Serupa Tapi Tak Sama

beda kol dan brokoli, pasar, pasar di jogja, pasar tradisional, pasar jogja, pasar murah jogja,

Titipku.com – Layaknya anak kembarpun, serupa tapi tak sama. Seperti brokoli dan kembang kol. Ada yang pernah ketuker nggak sih antara Brokoli dan Kembang Kol? Simak perbedaan brokoli dan kembang kol berikut ini.

Brokoli (Brassica oleracea var italica) dan kembang kol (Brassica Oleracea var botrytis) merupakan tanaman sayur-mayur yang tergolong dalam suku kubis-kubisan (Brassicaceae). Bagian yang dikonsumsi dari kedua tanaman ini adalah kepala bunganya.

Bentuk bunga brokoli dan bunga kembang kol tersusun rapat menyerupai cabang pohon yang ditopang tangkai bunga yang cukup tebal. Sebagian besar bagian kepala bunga tersebut diselimuti oleh dedaunan tanaman. Menariknya dari warna bunga brokoli dan kembang kol tidaklah sama. Brokoli berwarna hijau, kembang kol berwarna putih. Baca Selengkapnya

Resep Bacem Ayam Sederhana

resep ayam bacem sederhana, resep bacem ayam sederhana, titipku

Titipku.com – Cari resep bacem ayam sederhana? Ini dia nih perlu kamu coba resep bacem ayam sederhana namun tetap istimewa. Kreasi masak ayam memang tiada matinya ya. Ada yang dibikin ayam lada hitam, rolade ayam dan lainnya termasuk dibikin bacem ayam simpel seperti ini. Tengok resep bacem ayam sederhana yuk, scroll down!

Untuk 8 porsi

Bahan

  • 1 ekor ayam, dipotong 8 bagian
  • 150 ml air kelapa
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 2 sendok makan minyak goreng

Bumbu Halus

  • 2 buah cabai merah
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 50 gram gula merah
  • 2 sendok teh garam

Cara Membuat Bacem Ayam

  • Tumis bumbu halus sampai harum
  • Masukkan daun salam dan lengkuas. Aduk rata
  • Masukkan ayam aduk hingga berubah warna. Tuangkan air kelapa. Tambahkan air asam Jawa masak lagi hingga mengental
  • Goreng ayam sampai kering

Yuk Beli Bahan-Bahan Resep Bacem Ayam Sederhana  dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba resep bacem ayam sederhana ini lho. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂 Baca Selengkapnya

Resep Rolade Ayam, Nikmatnya Gak Bisa Bikin Diam!

resep rolade ayam, resep rolade ayam enak, rolade ayam mudah, resep rolade ayam simpel, resep rolade ayam sederhana, titipku

Titipku.com – Resep Rolade Ayam kali ini Titipku lansir dari buku Resep Aneka Tumpeng dan Kreasinya lho. Siapa suka makan ayam? Siapa juga nih yang suka makan rolade? Nah kalau rolade ayam, suka aja apa suka banget? Buat menikmati rolade ayam kamu juga gak perlu jajan keluar lho, kamu bisa bikin sendiri di rumah dengan resep rolade ayam berikut ini.

Untuk 6-8 porsi

Bahan Dadar

  • 100 gram tepung terigu
  • 225 ml air
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 25 gram margarin, dilelehkan
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan Isi

  • 250 gram ayam giling
  • 150 gram daging sapi giling
  • 2 sendok makan tepung roti
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 1 butir bawang bombay cincang, tumis

Bahan Paniran

  • 100 gram tepung roti
  • 1 butir telur, dikocok lepas

Cara Membuat Rolade Ayam

  • Aduk bahan dadar kemudian buat dadar wajan anti lengket, sisihkan
  • Aduk bahan isi hingga rata
  • Ambil selembar kulit dadar, oleskan bahan isi lalu ratakan
  • Gulung, tutup dengan alumunium foil
  • Kukus hingga matang
  • Celupkan ke dalam telur kemudian gulingkan di atas tepung roti. Goreng hingga kecokelatan

Yuk Beli Bahan-Bahan Resep Rolade Ayam dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba Resep Rolade Ayam ini lho. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂 Baca Selengkapnya