Ini Dia Nih Manfaat dan Keunggulan Jagung Manis

manfaat jagung manis, manfaat jagung manis rebus, manfaat jagung manis untuk diet, manfaat jagung manis untuk kolesteril, manfaat jagung manis untuk anak, keungguln jagung manis, kelebihan jagung manis

Titipku.com – Selain mempunyai rasa yang lebih manis daripada jagung biasa, jagung manis sangat rentan terhadap hama. Kok bisa? Simak yuk manfaat dan keunggulan jagung manis berikut ini.

Ternyata jagung bukan dari Indonesia asli. Buah ini berasal dari Amerika Tengah yang kemudian diperkenalkan ke seluruh dunia oleh penjelajah Spanyol. Tanaman jagung manis adalah salah satu tanaman komersial yang penting di banyak negara tropis dan sub-tropis.

Jagung manis atau Zea mays saccharata bukan sekedar sayuran melainkan juga wholegrain. Artiya makanan ini memiliki manfaat kesehatan seperti halnya beras merah, pasta gandum, roti gandum, havermut, dan rye (sejenis gandum). Semua komponen dalam wholegrain (serat, antioksidan, vitamin, minera dan karbohidrat kompleks) bekerjasama untuk mencegah berbagai penyakit. Baca Selengkapnya

Awas Salah Bilang, Begini Perbedaan Jus dan Smoothie

perbedaan jus dan smoothie, perbedaan jus dan smoothies, perbedaan antara jus dan smoothies, apa perbedaan jus dan smoothies, perbedaan jus dengan smoothie,

Titipku.com – Suka minum jus yah, apa lebih suka minum smoothie. Pernah nggak sih kalian salah sebut atau bahkan si smoothie disebut jus juga? Hayoo hayooo. Nah setelah membaca artikel ini, jangan sampai salah sebut lagi, ya! Cekidot perbedaan jus dan smoothie yang harus kamu tahu.

Jus dan smoothie merupakan dua jenis minuman sehat yang terbuat dari buah atau sayuran. Keduanya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Akan tetapi banyak orang yang terkadang masih terbolak-balik menyebutnya. Baca Selengkapnya

Perbedaan Semangka Merah dan Kuning Tak Hanya Warnanya Saja

Titipku.com – Semangka adalah salah satu buah yang bisa disantap saat kita merasa gerah. Terik matahari atau tenggorokan kering terkadang membuat kita ingin mengonsumsi sesuatu yang segar. Buah dengan nama latin Citrulus Lanatus menjadi buah yang cukup digemari untuk lawan dahaga.

Semangka ternyata tidak hanya memiliki warna merah saja. Akan tetapi ia juga memiliki jenis semangka berwarna kuning lho. Nah selain berbeda warna, kedua buah ini semangka ini juga memiliki perbedaan lainnya. Apa saja perbedaan semangka merah dan kuning ini, yuk scroll down. Baca Selengkapnya

Sebenarnya, Mitos atau Fakta Kacang Bikin Jerawatan?

kacang bikin jerawatan, kacang bikin jerawatan mitos atau fakta, kacang bikin jerawatan ga, kacang bikin jerawatan mitos, kenapa kacang bikin jerawatan, apakah kacang bikin jerawatan, apa makan kacang bikin jerawatan, apakah kacang rebus bikin jerawatan, apakah kacang mede bikin jerawatan, kacang bisa bikin jerawatan, makan kacang bikin jerawatan, benarkah makan kacang bikin jerawatan, kenapa makan kacang bikin jerawatan, kacang tanah bikin jerawatan

Titipku.com –  “Jangan makan kacang! Nanti mukanya jerawatan”. Celetukan seperti ini pasti sering terdengar sampai saat ini. Tapi benar nggak sih kacang jadi salah satu penyebab munculnya jerawat? Scroll down, mitos atau fakta kacang bikin jerawatan.

Jerawat merupakan salah satu masalah yang cukup menyebalkan karena bisa menurunkan kepercayaan diri sesorang. Jerawat sendiri timbul akibat minyak berlebih pada wajah yang menutupi lubang pori-pori, penggunaan kosmetik berlebihan yang bisa menutup pori-pori, konsumsi obat-obatan baik berupa kirim atau yang diminum, telepon genggam, stress, dan lain sebagainya. Baca Selengkapnya

Begini Cara Membuat Garang Asem Ayam

garang asem ayam, garang asem ayam santen, garang asem ayam semarang, garang asem ayam sederhana, garang asem ayam resep, garang asem ayam asli, garang asem ati ayam, resep garang asem ayam asli, garang asem ayam untuk anak, resep garang asem ayam ala jawa, garang asem ayam belimbing wuluh, garang asem ayam bungkus daun, garang asem ayam enak, garang asem ayam yang enak, garang asem ayam yang enak, resep garang asem ayam yang enak, resep garang asem, titipku

Titipku.com – Mau masak ayam tapi lagi ak ada ide? Coba nih resep nenek moyang yang bikin menu makan ayammu tidak membosankan. Sudah tidak asing lagi buka dengan masakan garang asem ayam? Garang Asam Ayam menjadi salah satu masakan Jawa Tengah. Pembuatannya ternyata simpel banget lho. Begini cara membuat garang asem ayam yang dilansir dari id.tastemade.com.

Untuk 5 Porsi

Bahan

  • 500 gram Daging Ayam
  • 1 sdt Merica
  • 1 sdt Gula
  • 1 sdt Air Asam Jawa

Bahan Isian

  • Santan secukupnya
  • 3 buah belimbing wulung, iris
  • 2 buah tomat hijau, iris
  • 4 buah cabai merah, iris
  • 2 buah cabai hijau, iris
  • 8 buah cabai rawit hijau, iris
  • 5 siung bawang merah, iris
  • 2 siung bawang putih, iris
  • 2 lembar daun salam
  • lengkuas secukupnya, iris

Cara Membuat Garang Asem Gampang

  • Bersihkan dan potong-potong ayam
  • Campur ayam dengan lada, garam, gula, dan air asam Jawa. Lalu sisihkan
  • Iris semua bahan isian
  • Siapkan daun pisang, lipat kemudian masukkan beberapa potong ayam serta semua bahan isian sesuai selera untuk takaran perbungkus daun
  • Tambah santan sesuai selera
  • Tutup daun kemudian kukus hingga matang tergantung besar isian. Kurang lebih 20 menit lebih.

Mudah sekali bukan? Mau coba 🙂

Yuk Beli Bahan-Bahan Garang Asem Ayam Sederhana dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba resep bola-bola dari ubi ini lho. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂 Baca Selengkapnya

Kisah Mbah Sapini, Pedagang Alat Dapur Pasar Prawirotaman

pedagang pasar, kisah pedagang pasar, pedagang alat dapur pasar prawirotaman

Titipku.com – Udara pagi menyambut langkah kami yang mengetuk lantai pasar Prawirotaman. Sesak. Kesan pertama kami memasuki kawasan Prawirotaman. Di lorong lalu lalang pembeli, pedagangpun berbaris memenuhi jalan. Kini, kanan kiri pasar Prawirotaman hanya setapak gang. Saling senggol di pasar ini sepertinya tidak mengherankan bagi siapapun yang sedang mencari aneka kebutuhan barang. Penyusuran kami untuk menilik belanja pagi terhenti pada sosok seorang nenek di lorong ujung utara pasar Prawirotaman. Beliau Mbah Sapini, seorang pedagang alat dapur pasar Prawirotaman. Baca Selengkapnya

Resep dan Cara Membuat Sentiling Enak Simpel Banget

resep sentiling ubi, resep sentiling singkong, resep sentiling enak, aneka resep sentiling, resep buat sentiling, resep buat sentiling singkong, resep sentiling dari singkong, resep sentiling gula merah, resep jajanan sentiling, resep jajan sentiling, resep kue sentiling sentiling pelangi, resep membuat kue sentiling, resep dan cara membuat kue sentiling, titipku

Titipku.com – Jajanan sentiling bukan lagi menjadi makanan yang asing di telinga masyarakat Indonesia bukan?Sentiling merupakan salah satu nama makanan dalam bentuk kue tradisional. Bahan dasar kue sentiling ini adalah dari singkong yang diparut halus dan diberi pewarna makanan warna-warni. Tekstur kenyal menjadi ciri khas kue ini. Nah gimana sih cara membuat sentiling enak dan simpel.

Bahan

  • 1/2 kg singkong
  • Gula pasir
  • Secukupnya garam
  • Pewarna kue (sesukanya, bisa merah, kuning, dan hijau)
  • Kelapa parut, lumuri garam

Cara Membuat Sentiling

  • Kupas singkong kemudian parut, beri sedikit garam agar gurih.
  • Bagi menjadi 3 bagian yakni tim merah, kuning, dan hijau
  • Sediakan langseng, alas daun pisang
  • Taruh adonan sedemikian rupa sehingga tak campur satu dan yang lain
  • Ratakan kemudian kukus sampai matang
  • Jika sudah dingin potong-potong kemudian gulingkan di kelapa parut
  • Sentiling siap disajikan

Yuk Beli Bahan-Bahan Resep Sentiling Ini dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba resep kue sentiling sentiling pelangi ini lho. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂 Baca Selengkapnya

Perbandingan Kentang dan Nasi, Mana yang Lebih Sehat?

perbandingan kentang dan nasi, perbandingan kalori kentang dan nasi, perbandingan antara kentang dan nasi, perbandingan kalori antara nasi dan kentang, perbedaan kentang dengan nasi, perbandingan nutrisi kentang dan nasi, perbandingan jumlah kalori nasi dan kentang, perbandingan karbohidrat kentang dan nasi, perbandingan kalori nasi dan kentang rebus

Titipku.com – Tidak sedikit dari kalian yang mungkin sedang menjalani diet atau menderita diabetes mungkin sudah sering mendengar saran, baik dari orang-orang terdekat atau dokter untuk mengganti nasi dengan kentang. Benarkah kentang jauh lebih sehat dan tidak menggemukkan? Benarkah nasi harus dihindari oleh penderita diabetes? Yuk simak perbandingan kentang dan nasi berikut ini.

Perbandingan Kandungan Nutrisi Kentang dan Nasi

Kentang atau nasi, keduanya merupakan karbohidrat kompleks yakni bahan utama pembentukan energi dalam tubuh. Nasi putih mengandung nutrisi seperti thiamin,, niacin, asam folat, dan besi. Sementara itu, nasi merah mempunyai tambahan ekstra serat. Kentang mempunyai vitamin C dan potassium. Sedangkan bila dimakan bersama kulitnya, bisa memberikan tambahan serat. Baca Selengkapnya

Katanya Kangkung Bikin Kantuk, Mitos atau Fakta?

Titipku.com – Kangkung merupakan salah satu sayuran yang sering dijumpai oleh masyarakat Indonesia, mulai dari rumahan hingga restoran ternama. Namun tidak sedikit yang berpendapat bahwa kangkung dikenal sebagai sayuran yang bikin kantuk. Hmmm mitos atau fakta, kangkung bikin kantuk?

Kangkung mempunyai nama latin Ipomoea aquatica, tapi kangkung juga mempunyai nama lain seperti water spinach, water morning glory, atau water convolvulus. Sayuran ini biasanya diolah menjadi tumisan, cah (cah kangkung), atau terkadang dibuat lalapan mentah. Baca Selengkapnya

Resep Bola-Bola Ubi Enak, Bisa Dibikin Di Rumah

resep bola-bola ubi, resep bola-bola ubi goreng, resep bola-bola ubi aneka rasa, resep bola bola dari ubi, resep kue bola bola dari ubi, resep bola bola ubi enak, resep bola bola ubi yang enak, resep bola-bola ubi sederhana, resep bola bola ubi renyah, resep bola ubi 1 kg,

Titipku.com – Makanan berbahan ubi memang memiliki cita rasa tersendiri yang khas. Oleh karenanya jajanan murah meriah ini sedari dulu tetap disukai oleh semua kalangan. Salah satunya adalah bola-bola ubi. Buat kamu yang suka dengan aneka jajan pasar jangan khawatir, kamu juga bisa membuat sajian kudapan lezat ini dari dapurmu sendiri. Intip yuk resep bola bola ubi yang enak yang dilansir dari Kompas.com ini.

Bahan

  • 1/2 kg ubi
  • 1/2 butir kelapa parut
  • 1/2 sendok teh garam
  • Gula jawa
  • Tepung kanji
  • Minyak goreng

Cara Membuat

  • Ubi direbus hingga matang
  • Panas-panas dikupas lalu lumatkan
  • Tambahkan kelapa parut, garam, dan irisan gula jawa
  • Setelah itu ratakan, tambahkan tepung kanji hingga adonan cukup lemas untuk di pulung
  • Pulungi bulat-bulat sebesar buah duku, gulingkan ke tepung kanji
  • Goreng sambil di balik-balik sampai matang merata

Yuk Beli Bahan-Bahan Resep Bola Bola Ubi Ini dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba resep bola-bola dari ubi ini lho. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂 Baca Selengkapnya