Pak Sukiman Penjual Mainan  Depan SD Sinduadi

penjual mainan, penjual asongan, penjual mainan anak-anak, tukang mainan, penjual mainan anak-anak,, penjual keliling,

Titipku – Namanya Pak Sukiman Sugito tiap pagi hari sudah menyiapkan dagangannya berupa mainan anak yang ditata di dalam gerobak kecil persis di samping depan SD Sinduadi Timur Jogjakarta. Pak Sukiman sudah menekuni usaha ini sejak tahun 1997. Dulu berjualannya dengan menggunakan sepeda berkeliling baik ke sekolah maupun ke perumahan. Namun dengan bertambah usia pak Sukiman sudah tidak mampu lagi berkeliling, jadi dia memutuskan berjualan dengan gerobak di depan SD Sinduadi Timur dekat dengan selokan mataram.

penjual mainan, penjual asongan, penjual mainan anak-anak, tukang mainan, penjual mainan anak-anak,, penjual keliling,
Mainan Anak-Anak Pak Sukiman

Keluarga Pak Sukiman masuk dalam keluarga miskin, namun Pak Sukiman enggan meminta-minta lebih. Punya usaha walau kecil tidak masalah katanya. Walau memang keluarga Pak Sukitman menerima bantuan dari pemerintah kalau dulu istilahnya BLT atau Bantuan Langsung Tunai. Namun Pak Sukiman enggan berpangku tangan. Usaha mainan ditekuninya karena modalnya yang tidak besar dan barangnya yang awet tidak mudah rusak.

Mainan yang laris sekarang seperti robot-robotan dan buku mewarnai. Tergantung lagi trennya apa karena anak-anak juga sering ganti-ganti mainan. Di jaman sekarang penjual mainan mungkin sudah tidak selaku dulu, karena sekarang anak-anak lebih suka main gadget daripada mainan dari plastik atau main dengan temannya.

Ditemani Oleh Putranya

Pak Sukiman dalam berjualan ditemani putranya mas Evan yang juga berjualan. Namun kalau Mas Evan jualannya ikan hias dalam botol. Mas Evan dari muda sudah ditanamkan jiwa wirausaha oleh ayahnya. Waktu sekolah pun sudah mulai berjualan jadi punya uang saku sendiri tanpa minta orangtua. Jiwa wirausaha Mas Evan sudah terlihat dari masih sekolah. Walau juga dikasih uang untuk transport tiap hari, Mas Evan naik sepeda ke sekolah jadi lebih irit dan uangnya bisa ditabung.

penjual mainan, penjual asongan, penjual mainan anak-anak, tukang mainan, penjual mainan anak-anak,, penjual keliling,
Mainan Anak-Anak Pak Sukiman

Mas Evan setelah lulus SMA langsung berjualan bersama ayahnya. Dia malah tidak tertarik jika harus melamar kerja dan bekerja untuk orang, dia lebih nyaman bekerja sendiri dan punya usaha sendiri.  Mas Evan menjual ikan-ikan hias kecil seperti cupang, ikan koi serta makanan ikan. Walau tergolong keluarga yang miskin namun hal ini tidak menyurutkan langkah ayah dan anak ini untuk mencari rejeki dengan usaha yang mereka miliki. 

Produk jualan dari Pak Sukiman dan Mas Evan ini sudah masuk di aplikasi Titipku jadi tunggu apalagi bantu mereka dan majukan ekonomi usaha kecil di sekitar kita dengan membeli produk melalui aplikasi UMKM Titipku ini.

Larisi UMKM Ini via Aplikasi Titipku!

Jutaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) selalu berharap usahanya bisa terus berkembang. Yuk larisi usaha mereka dengan membelinya melalui Aplikasi Titipku!

Artikel ini ditulis oleh : Achmad Gunadi
Direview oleh : Susi Setya

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan