Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2018 Lebih Singkat Jangan Terlewat!

pasar malam perayaan sekaten, sekaten jogja, titipku

Titipku.com – Pasar Malam Perayaan Sekaten atau yang disingkat dengan PMPS 2018 telah resmi dibuka sejak hari Jumat (2/11/2018) lalu di Alun-Alun Utara Yogyakarta lho! Kamu yang ada di Jogja, sudah mengunjungi Sekaten?

Pembukaan perayaan tahunan ini telah diresmikan oleh Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X dan Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. Sebagaimana perayaan tahun-tahun  sebelumnya, berbagai wahana permainan dan stan kuliner hadir di Pasar Malam Sekaten.

Melansir dari  Tribunjogja edisi 2 November 2018, disebutkan bahwa tahun ini sudah ada 512 stand yang hadir, yang mana jauh lebih banyak daripada stand tahun sebelumnya.

pasar malam perayaan sekaten, sekaten jogja, titipku
Instagram via @jogjanetizen

Memasuki pintu utama kawasan Sekaten, kamu akan disambut banyaknya stand kuliner, pedagang pakaian, dan yang paling diburu, permainan! Pasar Malam Sekaten 2018 berlangsung mulai 2 hingga 19 November 2018 di Alun-Alun Utara Yogyakarta. Nah buat wisatawan yang ingin menuju ke Pasar Malam Sekaten, bisa melalui Malioboro menuju ke Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Dari perempatan tersebut wisatawan tinggal lurus ke arah Selatan menuju Alun-alun Utara, kalau dari arah Taman Pintar tinggal ambil kiri saja (buat yang bingung mata angin) 😀

Baca Juga Nih:

Ini Dia Sejarah Sekaten yang Mungkin Kamu Penasaran

Tumpah ruahnya stand, juga diiringi warga yang terus silih berganti dari mulai pukul 17.00 hingga pukul 22.00 WIB sesuai jam buka Sekaten. Tapi sebelum itu, pengunjung juga sudah mulai berdatangan lho, seperti tim Titipku yang menyengajakan untuk singgah ke Sekaten jam 4 sore agar tidak berdesakan (5/11/2018).

pasar malam perayaan sekaten, sekaten jogja, titipku
Instagram via @sekaten.jogja

Saat kami ke lokasi, baru ada beberapa stand yang mulai menjajakan dagangannya. Ada pula yang sudah siap menunggu pengunjung. Pada kesempatan kali ini, Titipku mencoba jajanan kekinian dan jajanan jaman dulu nih! Sebut saja kerak telor dan gulali untuk jajanan jadulnya, dan momogi asap 😀 (lupa istilahnya). Selain menjajali jananan, sayangnya kami belum berkesempatan mencoba permainan hits Sekaten, yakni Kora-Kora!

Sebenarnya, setiap permainan yang ada di pasar malam Sekaten ini memiliki sensasi tersendiri, namun yang paling greget adalah Kora-kora. Buat kamu yang sudah pernah coba, pasti setuju sama Ntip kan? Buat yang belum pernah mencoba, cobain deh! 😀

pasar malam perayaan sekaten, sekaten jogja, titipku
Gulali – jajanan jadul dokumentasi Titipku

Tarif Parkir Sekaten

Ohya, untuk tarif parkir Sekaten sebenarnya dikenakan biaya sebesar Rp 3 ribu untuk kendaraan motor sesuai Perda. Namun entah kenapa, seperti sudah mendarah daging, tarif parkir Sekaten oleh beberapa oknum yang memanfaatkan momentum menjadikan tarif parkir kejutan yakni Rp. 5000. Hal ini tidak bisa dihindari pengunjung, karena menilik membludaknya pengunjung dan sempitnya lahan parkir. For your information, sementara untuk mobil dilarang masuk di area Pasar Malam Sekaten dan juga area parkir Sekaten!

Hayooo sudah ke Pasar Malam Perayaan Sekaten?

Sumber:

Liputan Titipku.com, Fitria Hanin, 2018. tribunjogja.com, www.jogja.co

 

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan