Jogja Punya Pasar Termegah: Pasar Prambanan Yogyakarta

Titipku – Satu pasar di Jogja yang rupanya telah mengalami pembaruan ini berada di kecamatan Prambanan. Pasar ini berada di sekitar 16 km dari pusat kota Jogja. Lokasinya cukup strategis lho, yakni berada di Jl. Jogja – Solo dan Piyungan. Sehingga membuat pasar ini cukup terkenal apalagi dikalangan warga Kalasan, Sleman.

Usai direvitalisasi menjadi empat lantai yang juga telah dilengkapi dengan area yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk menikmati keindahan Candi Prambanan dan Gunung Merapi. Menurut Tri Endah Yitnani selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, apabila lantai satu hingga lantai tiga penuh pedagang, maka  di lantai empatnya akan digunakan untuk menikmati Candi Prambanan, Gunung Merapi, dan juga sunset alias matahari tenggelam.

pasar prambanan, pasar prambanan jogja
Instagram via @fitriobamie

Lantai empat nantinya akan disediakan food court yang teduh untuk bersantai bagi para pengunjung pasar. Bukan dengan model kanopi, namun dilengkapi dengan payung peneduh yang artistic. Tidak heran lagi, akan ada fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi, kantin, serta mushala di beberapa bagian pasar. Baik di sisi utara maupun bagian selatan bangunan.

Lalu untuk antai dasar ke lantai dua, disediakan escalator. Selebihnya pengunjug bisa menggunakan tangga untuk naik hingga lantai empat. Tambah manager PT Mustika Ziden, Ali Shihab selaku pelaksana proyek Pasar Prambanan, lantai satu dan dua digunakan untuk dagangan nonbasah. Lantai dua ada pedangang daging dan akan ditempatkan di ruang khusus.

Imbuhnya lagi, untuk lahan parkir disediakan lantai satu, dua dan tiga. Sementara, untuk lantai empatnya hanya dikhususkan untuk dropping kendaraan niaga dan sebagian untuk parkir. Ada masjid dan food court yang bisa digunakan untuk menilik beberapa view seperti Merapi, Prambanan, dan sunset indah. Tidak ketinggalan dibangun juga taman bermain untuk anak-anak.

Namun jangan khawatir untuk ketinggalan tujuan utama berkunjung ke pasar tradisonal. Di pasar ini telah tersedia kios-kios yang menjual sembako, sayuran, buah-buahan, perkakas rumah tangga, jajan pasar, ayam, ikan, daging sapi, pakaian, tas, dan sepatu.

Sempatkan Mampir untuk Nyeruput Dawet Ireng Prambanan

Megahnya Pasar Prambanan Yogyakarta ini dirasa oleh banyak orang yang singgah, termasuk dari tim Titipku yang berbelanja sayur, daging, dan buah di pasar ini. Serbuannya langsung tertuju ke lantai dua. Suasananya sedikit berbeda dengan pasar tradisional biasanya yang hanya satu lantai dalam satu bangunan.

Usai berbelanja di Pasar Prambanan, sempatkan diri untuk menyeruput Dawet Ireng Ngudi Roso Prambanan. Dawet hitam ini sangat terkenal, bahkan sampai pernah dipesan oleh Sultan dan beberapa artis Indonesia. Tidak ketinggalan, wisatawan mancanegarapun turut mengantri menikmati dawet ini.

Titip beli barang dari pasar Prambanan yuk! Membeli berarti membantu para pedagang UKM untuk menopang perekonomian bangsa. 🙂 Yuk pesan yuk.

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan