Pasar Prawirotaman: Pasar Tradisional di Kampung Internasional

pasar prawirotaman

Titipku.com – “Pasar Tradisional di Kampung Internasional”. Demikian tagline menarik untuk pasar Prawirotaman ini. Pasar yang berlokasi di Jalan Prangtritis No. 103 Prawirotaman ini memang sangat dekat dengan kampung internasional Prawirotaman Yogyakarta.

Kalau kamu menyusur jalan Parangtritis pada pagi hari dan menemukan hilir mudik pedagang dan pembeli di kiri jalan, berarti lokasi pasar Prawirotaman telah kamu temukan.

Menariknya berkunjung ke pasar tradisional Prawirotaman ini kamu akan menjumpai banyak wisatawan asing yang berbelanja di pasar tradisional lho! Beberapa pedagang yang kami datangi juga mengaku dan sudah tidak asing lagi dengan kedatangan turis asing setiap hari.

pasar prawirotaman
Instagram via @makankeliling

 

Kamu yang anak kulineria, ke pasar Prawirotaman adalah tujuan tepatmu selain Pasar Kranggan atau Pasar Beringharjo. Ya, pasar Prawirotaman ini memang menjadi salah satu sentra jajanan pasar di provinsi DIY. Di pasar ini siap-siap ‘kalap’ dengan jajanan unik dan langka. Misalnya ada gatot, cenil, jenang jagung, bahkan juga ada legendar.

Predikat Pasar Sehat dari Kemenkes

Satu yang perlu kamu tahu, pasar ini telah mendapatkan predikat psar sehat dari Kementrian Kesehatan lho. Widihhh keren kan?

pasar prawirotaman
Instagam via @ghifarialbar

Untuk bisa singgah dan masuk dalam hiruk pikuknya pasar, kamu bisa singgah setiap hari mulai pukul 05.00 hingga 12.00 WIB. Meski demikian, pada sore harinya dan malam hari masih banyak juga pedagang yang berjualan di pasar ini, tapi tidak sebanyak pada waktu pagi hari dan biasanya hanya berjualan di sisi depan pasar Prawirotaman.

Menilik pasar Prawirotaman pada dasarnya sama dengan pasar lainnya yakni ada aneka macam makanan tradisional: jenang gempol, lupis, tiwul, dan lainnya, kemudian ada ragam warna-warni sayuran yang menyejukkan mata, makanan snack basah dan snack kering, pakaian, los ayam, rempah-rempah, umbi-umbian, juga perkakas dapur.

Saat tim Titipku memasuki pasar, pasar Prawirotaman merupakan jenis pasar yang sangat padat akan pedagang. Untuk lalu lalang, kami merasakan banyak desak-desakkan dengan para pembeli lain. Juga aktivitas pedagang yang masih hilir mudik. Hanya ada keunikan saat tim juga memperhatikan aktivitas belanja para turis.

Fasilitas

Jangan khawatir, pasar Prawirotaman adalah pasar bersih yang juga menyediakan beberapa fasilitas seperti toilet umum, parkir motor, dan dekat dengan masjid. Namun untuk parkir mobil cukup sulit karena pasar ini langsung berhadapan langsung dengan jalan raya Parangtritis.

pasar prawirotaman
Instagram via @ebiyyu

Yuk Belanja Apa Saja dari Pasar Prawirotaman

Kamu yang ingin belanja kebutuhan pasar namun tak sempat? Jangan khawatir, kamu bisa titip beli ke pasar melalui Titipku.

Dengan kamu membeli dari pedagang pasar, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

13 thoughts on “Pasar Prawirotaman: Pasar Tradisional di Kampung Internasional”

Tinggalkan Balasan