PENGERTIAN MODAL SAHAM DAN HAK-HAK PEMEGANG SAHAM

Titipku – Hallo Sobat Ntip! Masih semangat kan belajar mengenai saham? Kali ini Titipku akan memberikan penjelasan mengenai modal saham itu sendiri. Baik dari pengertian modal saham serta hak-hak para pemegang saham. Simak lebih lanjut yuk! Ini adalah kutipan pengertian modal saham dari buku Akuntansi lho 😀

Pengertian Modal Saham

Modal Saham adalah modal yang dimiliki oleh Perusahaan yang berbentuk PT (Perseroan Terbatas). Keuntungan dari Perusahaan yang berbentuk PT adalah (1) Tanggung jawab terbatas pada modal yang disetor, (2) adanya pemisahan antara pemilik perusahaan dengan manajemen perusahaan, (3) modal perusahaan dibagi perusahan dinyatakan dalam bentuk sertifikat saham dalam kesatuan yang kecil jumlahnya, sehingga dimungkinkan banyak pihak yang ikut menanamkan modalnya di dalam perusahaan (seperti di Titipku),  (4) sertifikat saham adalah bukti kepimilikan perusahaan yang merupakan surat berharga yang mudah dipindahtangankan (dijual).

Hak-Hak Pemegang Saham

Bagaimana? Sudah semakin paham keuntungan nabung saham? 🙂 lanjut, kamu juga perlu tahu lho hak-hak para pemegang saham. Pertama adalah hak untuk ikut berpartisipasi dalam manajemen perusahaan melalui hak suara dala Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Kedua, hak untuk mendapatkan pembagian laba dalam bentuk deviden. Ketiga adalah hak untuk mendapatkan pembagian kekayaan perusahaan apabila perusahaan dilikuihasi. Terakhir adalah hak untuk membeli saham baru secara proporsi kepemilikannya dapat tetap dipertahankan.

Hak-hak para pemegang saham tersebut akan sama jika perusahaan hanya mengeluarkan satu macam saham. Akan tetapi apabila perusahaan mengeluarkan lebih dari satu macam saham, hak pemegang saham akan berlainan menurut jenis/golongan sahamnya. Hal yang demikian ini diatur dalam Akte Pendirian dan Anggaran Dasar Perusahaan.

Nah seperti itu modal saham dan hak-hak pemegang saham. Jadi voucher saham dari Titipku kamu kumpulkan terus ya, dikemudian hari saat Titipku berhasil go public, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dari perusahaan. 🙂 Mau jadi penggerak apa penonton keberhasilan orang lain? Ayoooo nabung masa kini sudah ada di hadapanmu. Jangan ditunda lagi ya! Nanti nyesel lho hehehe

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan