Perawatan Rambut Berketombe, Sederhana tapi Efektif

Apakah kamu mengalami kondisi rambut berketombe? Tenang, kamu nggak sendirian. Banyak orang mengalami hal yang sama, kok. Ketombe pada dasarnya adalah sel-sel kulit mati yang terkelupas dari permukaan kulit kepala. Ketombe memang tidak menular, tetapi membuat penampilan menjadi kurang menarik. Rasa gatal yang ditimbulkan dari ketombe juga menimbulkan rasa kurang nyaman. Ketika menggaruk kepala, ketombe pun berjatuhan di pakaian. Ini tentunya mempengaruhi rasa percaya diri saat berjumpa dengan orang lain.

Ada beberapa faktor rambutmu berketombe, mulai dari kulit kepala yang terlalu kering, kulit kepala berminyak, infeksi jamur Malassezia globosa, proses membilas shampoo yang kurang bersih, sampai faktor lingkungan, seperti panas, polusi, dan keringat. Kalau masih ringan, ketombe biasanya berupa butiran-butiran kecil yang akan jatuh saat menggaruk kulit kepala. Namun, kalau ketombemu sudah tebal mengerak dan nyaris di seluruh kulit kepala, artinya itu sudah parah. Yuk, bagi kamu yang sedang berhadapan dengan ketombe, lakukan perawatan sederhana berikut ini.

 

Gunakan Shampoo yang Tepat

Ada banyak produk shampoo anti-ketombe yang dijual bebas di pasaran dengan harga terjangkau. Dilansir dari headandshoulders.co.id, shampoo anti-ketombe memiliki berbagai zat aktif, seperti Salicylic acid untuk mengatasi lapisan kulit kepala yang berminyak dan Selenium sulfide serta Ketoconazole yang merupakan zat anti-jamur. Ada juga yang produk shampoo yang memanfaatkan tea tree oil di dalamnya karena berfungsi mengontrol sebum pada kulit kepala. Nah, sebisa mungkin kalau rambutmu cenderung berketombe, gunakan shampoo yang tepat. Bersabarlah dulu jika ingin mencoba produk shampoo lain sampai ketombemu benar-benar hilang.

Keramas Setiap Hari

Kalau kamu mudah berkeringat, lebih baik berkeramas setiap hari, terutama setelah seharian pergi bekerja. Menunda berkeramas, sama artinya membiarkan rambut berketombe makin banyak. Salah satu cara paling ampuh adalah rutin melakukan keramas. Pakailah shampoo arti-ketombe yang sesuai dan jangan lupa untuk mengeringkan rambut sebelum tidur. Tidur dengan kondisi rambut yang masih basah membuat permukaan kulit kepala menjadi lembab. Ini bisa jadi lahan ketombe untuk tetap tinggal.

Baca Juga: Minyak Zaitun Punya Segundang Manfaat untuk Rambut Lho!

Jangan Nekat Gunakan Bahan Alami

Kalau kamu berselancar di internet, pasti akan dengan mudah mendapatkan berbagai artikel tentang cara menumpaskan ketombe menggunakan bahan-bahan alami. Satu bahan yang sering disorot adalah jeruk nipis. Katanya, dengan menggosok-gosokkan jeruk nipis langsung ke kulit kepala, maka ketombe akan lebih cepat hilang. Hal ini sangat tidak tepat. Bukan ketombe yang hilang, tetapi kulit kepalamu menjadi perih dan infeksi. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Lebih baik dikonsumsi sebagai minuman dengan dilarutkan bersama air dan gula daripada diteteskan dan digosokkan langsung ke permukaan kulitmu.

 

Seperti perawatan kulit, rambut yang berketombe juga membutuhkan waktu sampai benar-benar hilang. Selama kamu melakukan perawatan secara rutin dan gaya hidupmu bersih, ketombe juga akan pergi dengan sendirinya.

Baca Juga: Manfaat Daun Jambu Biji untuk Rambut. Wajib Coba!

Ngomong-ngomong soal produk perawatan rambut, sekarang sudah banyak, lho, shampoo, conditioner, hair mask, dan hair serum yang diproduksi para pegiat UMKM lokal. Produk-produk ini tentunya sudah lolos uji BPOM. Ingin tahu lebih lanjut? Klik Aplikasi Titipku sekarang juga. Aplikasi satu ini mewadahi berbagai pegiat UMKM dengan segala produknya. Kamu bisa menemukan produk perawatan rambut favoritmu #DariRumah. Tinggal klik, pesan, dan antar. Ada promo potongan ongkirnya juga loh. Cuss belanja pakai Titipku!

Tinggalkan Balasan