Perbandingan Apel Merah dan Apel Hijau, Mana yang Lebih Sehat Nih?

perbedaan apel merah dan apel hijau, apel merah dan apel hijau, apel merah vs apel hijau, bedanya apel merah dan apel hijau, beda apel merah dan hijau

Titipku.com – Buah apel tidak asing ditemukan di seluruh belahan dunia. Ada lebih kurang 7.500 jeniis apel lho! Nah mungkin tidak asing juga nih dengan apel yang kamu temui. Yap ada apel merah dan apel hijau. Rasa dari keduanya juga berbeda. Apel merah lebih manis, semetara apel hijau memiliki kombinasi rasa manis dan asam. Selain itu, perbedaan cita rasa apel merah dan apel hijau. Apakah ada perbedaan kandungan nutrisi apel merah dan apel hijau? Yuk simak perbandingan apel merah dan apel hijau berikut ini.

Manfaat Apel Bagi Kesehatan

Satu buah apel memiliki kandungan kurang dari 1000 kalori. Apel adalah buah bebas lemak, natrium, dan kolesterol. Buah ini juga mempunyai serat pectin dengan kandungan 4-5 gram pectin. Pectin ialah serat yang mengikat kolesterol dan memperlambat penyerapan glukosa.

Untuk apel ukuran sedang, vitamin C sebesar 14% bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Selain itu, ada kandungan antioksidan dan fitokimia yang cegah penyakit kronis misalnya Alzheimer, kanker paru-paru, jantung, kanker payudara, diabetes, dan lainnya.

Mana yang Lebih Sehat, Apel Merah atau Apel Hijau?

Perbedaan apel merah dan apel hijau yang pertama adalah dari warna kulitnya. Warna kulit pada apel yang berbeda mempunyai pengaruh terhadap kesehatan tubuh lho. Kedua apel ini sama-sama mempunyai kandungan serat dan vitamin C yang sama. Akan tetapi, apel merah mempunyai kandungan beta karoten lebih tinggi daripada apel hijau 50 persen. Rupanya ini disebabkan pada warna apel merah tersebut. Beta karoten memiliki fungsi sebagai antioksidan. Sementara itu, beberapa sumber lain menyebutkan perbedaan kandungan ini tidak bergitu drastis dengan apel hijau. 😀

Kemudian, adanya pigmen antosianis ditemukan apda apel merah yang memberikan warna merah pada kulit apel tersebut. Selain itu, bertindak sebagai antioksidan dan melawan radikal bebas, antosianin mempunyai peran misalnya proses anti radang, antivirus, yang diduga juga berperan dalam proses anti kanker.

Namun, apel hijau ternyata mempunyai kadar kalori dan karbohidrat yang lbih rendah hingga 10 persen dibandingkan dengan apel merah. Apel hijau juga mempunyai porlifenol yang berperan sebagai antioksidan. Sebuah studi pada tahun 2014 menyebut kandungan polifennol dan serat pada apel hijau dengan meningkatkan bakteri baik pada usus, yang mana bakteri-bbakteri ini berkurang pada orang dengan obesitas. Kurangnya bakteri baik pada orang obesitas meningkatkan resiko gangguan metabolic dan peradangan pada orang obesitas melalui konsumsi apel hijau secara rutin, maka diharapkan dampak buruk dapat dicegah.

perbedaan apel merah dan apel hijau, apel merah dan apel hijau, apel merah vs apel hijau, bedanya apel merah dan apel hijau, beda apel merah dan hijau
Instagram: @yoanitasavit

Apel Hijau Vs Apel Merah

Kedua apel ini memiliki keunggulan masing-masing. Konsumsi apel sendiri disesuaikan dengan yang dicapai untuk diri. Kalau kamu mempunyai target untuk menurunkan berat badan dan menjaga kadar gula darah, maka apel hijau bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu konsumsi.

Sementara, jika target kamu untuk meningkatkan antioksidan dan mencegah penuaan, maka apel merah menjadi alternative dapat dipilih. Kedua apel ini mempunyai efek baik pada kesehatan. Maka, tidak ada salahnya juga mengganti-ganti jenis apel yang konsumsi agar nutrisinya dan manfaatnya beragam pula.

Hayoo lebih sehat mana dong, antara apel merah dan apel hijau menurut kamu? 🙂

Baca Juga: Mangga Alpukat Vs Mangga Arumanis

Yuk Titip Apel Merah dan Apel Hijau dari Pasar!

Buat kamu yang ingin beli apa saja dari pasar, seperti beli apel merah dan apel hijau dari pasar ini kamu bisa titip beli melalui Titipku!

Dengan kamu membeli dari pedagang pasar, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Artikel asli Hello Sehat

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

2 thoughts on “Perbandingan Apel Merah dan Apel Hijau, Mana yang Lebih Sehat Nih?”

Tinggalkan Balasan