Perbedaan Semangka Merah dan Kuning Tak Hanya Warnanya Saja

Titipku.com – Semangka adalah salah satu buah yang bisa disantap saat kita merasa gerah. Terik matahari atau tenggorokan kering terkadang membuat kita ingin mengonsumsi sesuatu yang segar. Buah dengan nama latin Citrulus Lanatus menjadi buah yang cukup digemari untuk lawan dahaga.

Semangka ternyata tidak hanya memiliki warna merah saja. Akan tetapi ia juga memiliki jenis semangka berwarna kuning lho. Nah selain berbeda warna, kedua buah ini semangka ini juga memiliki perbedaan lainnya. Apa saja perbedaan semangka merah dan kuning ini, yuk scroll down.

perbedaan semangka merah dan kuning, perbedaan antara semangka merah dan kuning, peerbedaan semangka merah dengan kuning, apa perbedaan semangka kuning dan merah, perbedaan gizi semangka merah dan kuning, perbedaan kandungan semangka merah dan kuning, perbedaan manfaat semangka merah dan kuning, perbedaan semangka merah dan semangka kuning, bedanya semangka merah dan kuning
Instagram via @katy__kk

Perbedaan Kandungan Semangka Merah dan Kuningan

Semangka mempunyai perbedaan dalam kandunan vitamin ataupun mineralnya. Beberapa perbedaan kandungan ini juga berdampak pada manfaat mengonsumsi buah semangka merah atau kuning.

Semangka kuning memiliki beberapa vitamin dan mineral bermanfaat. Antara lain citrulin, asam amino, likopen, kalium, vitamin A, serta vitamin C yang tinggi. Tidak hanya itu saja, semangka kuning juga mengandung serat alami dan gula yang aman bagi penderita diabetes.

Semangka merah mempunyai beberapa vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Dalam 100 gram sajiannya, semangka merah terdapat fosfor, magnesium, zat besi, selenium, folat, vitamin B6, c, e, dan K. Tak hanya itu saja protein, niasin, serta serat juga terdapat pada daging buah semangka merah.

Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Kedua buah semangka memang mempunyai manfaat baik untuk tubuh. Akan tetapi keduanya juga memiliki beberapa manfaat berbeda jika dikonsumsi dengan tepat. Beberapa manfaat mengonsumsi semangka kuning antara lain adalah menjaga kesehatan mata. Pasalnya kandungan vitamin A nya membantu menetralkan tekanan darah serta baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada semangka kuning juga bisa mencegah sariawan muncul.

perbedaan semangka merah dan kuning, perbedaan antara semangka merah dan kuning, peerbedaan semangka merah dengan kuning, apa perbedaan semangka kuning dan merah, perbedaan gizi semangka merah dan kuning, perbedaan kandungan semangka merah dan kuning, perbedaan manfaat semangka merah dan kuning, perbedaan semangka merah dan semangka kuning, bedanya semangka merah dan kuning
Instagram via @lina_wijayaa

Semangka merah mempunyai beberapa manfaat lain untuk kebaikan tubuh Menangkal kanker, mengatasi sembelit, cegah dehidrasi, nyeri otot dan cegah peradangan merupakan beberapa mannfaat mengonsumsi daging buah semangka merah. Manfaatnya selain itu antara lain menjadi sumber kolagen alami, baik dikonsumsi untuk diet serta meringankan sistem kerja ginjal sehingga aliran urin tak terganggu.

Meski manfaat dan kendungannya berbeda, namun kedua jenis semangka ini tetap enak untuk dikonsumsi. Rasanya sangat manis dan menyegarkan, Apalagi jika dikonsumsi dingin. Sudah enak, baik untuk tubuh, Nah kapan algi cobaaa???

Yuk Beli Bahan-Bahan Masak dari Pasar!

Hai hai!! Beli Semangka Merah dan Kuning melalui Titipku yuk! 🙂

Kalau kamu di Jogja, kamu bisa pilih pasar sesuai kebutuhan kamu dari Titip ke Pasar by Titipku:

Pasar Beringharjo
Pasar Kranggan
Pasar Demangan
Pasar Sambilegi
Pasar Condongcatur
Pasar Prawirotaman, dll

Dengan kamu membeli dari pedagang pasar, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Sumber: https://www.idntimes.com

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan