Perhatikan 7 Dasar Kesuksesan Ini Saat Anda Buka Usaha

titipku

www.titipku.com – Ada tujuh peraturan dasar kesuksesan dalam pemilihan, desain, pembangunan serta pertumbuhan dan pembangunan bisnis berskala kecil paling sukses di dunia.

#1 Pilih yang Paling Biasa

Pilih paling biasa yang dimaksud adalah menjual produk dan layanan yang tidak pernah lekang oleh zaman seperti makanan, pakaian, perawatan kesehatan, komunikasi, maupun transportasi. Lakukan prinsip utama ATM: Amati, Tiru, Modifikasi. Temukan sebuah cara yang lebih baik untuk melakukan hal-hal biasa menjadi berbeda.

#2 Terus Menerus Lakukan Perbaikan

Perusahaan yang menemui kematian karena mereka melakukan hal-hal salah. Namun mereka akan menjadi mati karena melakukan hal yang statis. Perusahaan-perusahaan yang statis menolah untuk berkembang. Mereka berpegang pada masa lalu, bukan menciptakannya. Maka yang sebaiknya dilakukan adalah fokus pada hasil-hasil, bukan pada pekerjaan. Perbaiki secara terus menerus hasil-hasil Anda.

#3 Dengarkan Pelanggan Anda

Setiap orang mengatakan “Dengarkan Pelanggan Anda” namun hanya sedikit yang melakukannya. Maksudnya adalah awasi pelanggan Anda, ikutilah mereka. Dengar apa yang dikatakannya, lihat yang dilakukannya. Dengan mendengarkan pelanggan Anda, ketahuilah siapa dirinya, apa yang dilakukannya, apa yang lebh suka dia lakukan. Perhatikan pelangggan Anda, pahami dirinya dengan lebih baik daripada Anda mengetahui diri sendiri.

#4 Berikan Respons terhadap yang Anda Dengar, Lihat, dan Rasakan

Hanya dengan mendengarkan pelanggan Anda – melihatnya, merasakannya, mengikutinya, memperhatikannya – adalah buang-buang waktu dan uang jika Anda tidak membangun respons terhadapnya ke dalam seluk beluk perusahaan Anda. Seluk-beluk perusahaan Anda dibentuk, didesain, dibangun, dan juga diberikan dalam kerangka kerja perusahaan Anda.

#5 Tetapkan Standar-Standar yang Tertinggi

Buatlah standar untuk menjadi acuan atau tolak ukur (bench mark) untuk standar-standar perusahaan lain. Bukan berarti meniru pihak-pihak lain. Namun bisa jadi merekalah yang akan meniru Anda. Oleh karenanya Anda perlu menerapkan standar setinggi—tingginyaa sehingga tidak ada perusahaan lain yang berharap meniru dalam waktu dekat. Serta karena Anda secara terus-menerus mmembuat lebih baik, perusahaan-perusahaan lain akan mengalami kesulitan meniru standar-standar Anda di masa depan.

#6 Tulislah Kisah yang Indah

Kisah perusahaan Anda haruslah indah – dirasakan secara mendalam, serta diceritakan dengan penuh keyakinan. Bisa dari sebuah janji yang menggelinding di hadapan Anda dalam bentuk sebuah dunia baru. Inilah kisah yang harus diungkapkan oleh perusahaan Anda untuk melakukannya.

#7 Hidupkan Kisah Anda

Kisah yang Anda ceritakan akan menjadi sia-sia jika ia tidak benar dihidupkan. Kisah tersebut harus dihidupkan oleh perusahaan Anda, oleh karyawan, dan juga oleh Anda sendiri. Anda adalah kisah Anda. Kisah Anda adalah Anda. Apakah Anda menghidupkan kisah Anda sepenuhnya atau dunia Anda runtuh seperti yang dilakukan oleh Humpty Dumpty, dan juga orang-orangnya sang Raja!

Semangat untuk menghidupkan mimpi. Sukses memang tidak ada tolak ukurnya. Namun kita bisa menjadi sukses dengan cara sendiri dan cara pandang sendiri. Nah jika Anda kesulitan mempromosikan UKM Anda, bisa bergabung bersama Titipku!

Sumber: Gerber, Michael E. 2010. The Most Succesfull Small Business in the World. Gramedia Pustaka: Jakarta

 

 

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan