Potong Kuku Jangan Sembarangan, Ini Akibatnya

potong kuku, memotong kuku, nail, kuku, nails, nails trim, nail trim

potong kuku, memotong kuku, nail, kuku, nails, nails trim, nail trim

Kuku yang panjang mungkin akan terlihat cantik, apalagi jika dibubuhi cat kuku atau nail gel. Nyatanya, kuku panjang itu rentan patah, lho. Selain cukup mengganggu aktivitas, membiarkan kuku tumbuh terlalu panjang juga sama saja membiarkan kuman dan kotoran hinggap pada kuku kita. Kotoran ini bisa ikut tertelan saat makan dengan tangan. Bunda tidak tahu, kan, ada kuman dan kotoran apa saja di kuku Anda? Karena itu, memotong kuku sebaiknya jadi kegiatan rutin mingguan yang tidak boleh dilewatkan Nah, memotong kuku juga tidak boleh sembarangan. Kalau asal potong kuku saja malah bisa mengganggu kesehatan kuku, bahkan bisa sampai infeksi. Yuk, simak tips seputar potong kuku.

Tidak Memotong Kuku Terlalu Pendek

Kalau Bunda tipe orang yang suka memotong kuku sampai benar-benar pendek, sebaiknya kebiasaan ini segera dihentikan. Potonglah kuku secara mendatar. Tak perlu dibentuk tak apa-apa. Yang penting, sisakan sedikit kuku sekitar 1—2 mm. Kalau terlalu pendek, bagian ujung kuku bisa menusuk ke dalam permukaan kulit dan menyebabkan cantengan. Cantengan adalah kondisi kuku yang tumbuh menusuk ke dalam daging. Kalau tidak diobati, bisa mengakibatkan infeksi serius pada kuku sampai bernanah. Ini tentunya menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman dalam beraktifitas.

Baca Juga: Tanaman Pengusir Nyamuk yang Harum nan Cantik

Tidak Memotong Kutikula

Biasanya, saat memotong kuku, bagian kutikula juga ikut dipotong. Ini sebenarnya tidak dianjurkan oleh pakar kesehatan. Memotong kutikula kuku justru dapat meningkatkan resiko infeksi jamur kuku. Saat kutikula kuku lepas, kuku jadi lebih rentan terinfeksi. Fungsi kutikula sendiri sebenarnya untuk melindungi kuku. Menggunting kutikula kuku juga bisa menghambat pertumbuhan kuku dan memicu kerutan atau garis putih pada kuku.

Kikir Kuku setelah Dipotong

Beberapa orang biasanya malas mengikir kuku setelah memotongnya padahal ini juga langkah yang penting. Pada bagian alat pemotong kuku, ada kikiran yang bisa digunakan untuk menghaluskan potongan kuku yang melancip. Caranya sangat mudah. Kikir kuku perlahan agar bagian yang lancip tidak menusuk daging dan tidak melukai kulit saat menggaruk.

Cuci Tangan setelah Potong Kuku

Biasakan mencuci tangan setelah memotong kuku, ya. Di kuku ada banyak sekali bakteri dan kotoran, sehingga saat kuku dipotong, bakteri tersebut muncul di permukaan dan harus dibersihkan. Gosok setiap sela-sela kuku pada masing-masing jari dengan sabun sampai bersih kemudian bilas dengan air.

 

*****

Seperti bagian tubuh yang lain, kuku juga perlu dirawat. Sekali-kali lakukanlah perawatan agar kuku Bunda tetap sehat. Sambil bersantai menikmati manicure pedicure, Bunda juga bisa membuka Aplikasi Titipku melalui smartphone. Aplikasi digital satu ini menyediakan jasa titip belanja apa saja, lho. Kalau sedang malas ke pasar, gunakan saja layanan ini. Untuk belanja bahan makanan apapun di berbagai lapak pedagang, Bunda cuma dikenai satu kali ongkos kirim. Kurir Titipku yang bernama Jatiper juga sudah berpengalaman memproses titipan Bunda yang lain, jadi dijamin produk yang diantar kualitasnya oke dan tepat waktu. Menarik banget, kan? Tunggu apa lagi? Yuk, download Titipku sekarang juga.

Tinggalkan Balasan