Punya Gitar Akustik, Rawat dengan Tips Berikut

Titipku – Bermain musik merupakan hobi yang sangat menyenangkan sekaligus menenangkan. Ketika penat setelah bekerja, bermain musik dapat membantu menenangkan sekaligus mengorganisir kembali pikiran kita. Nah, biasanya kita lebih suka memainkan alat musik yang mudah dibawa kemana saja, misalnya gitar akustik. Selain cukup mudah untuk dipelajari, merawat gitar akustik juga tidak membutuhkan usaha yang besar. Kalau kamu hobi bermain gitar, ataupun masih pemula dalam memainkan gitar, jangan lupa untuk merawat gitar dengan tips berikut ini supaya gitar tetap awet.

Hindari menyimpan di tempat lembab

Hindari menyimpan gitar di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang buruk, seperti di gudang. Gitar akustik umumnya berbahan dasar kayu. Jika disimpan di tempat yang lembab, kayu akan menjadi lapuk dan suara gitar tidak akan seindah sebelumnya. Di samping itu, hindari juga terkena sinar matahari langsung. Kayu yang terpapar sinar matahari akan memuai. Jika kehabisan ruang untuk memuai, kayu akan retak dan gitar pun akan rusak. 

Kendurkan Senar

Mengendurkan senar adalah salah satu tips yang sering dilupakan. Jika tidak digunakan dalam waktu yg lama, sebaiknya senar dikendurkan. Hal ini dilakukan untuk mencegah leher (neck) gitar tidak melengkung karena tegangan senar. Memang merepotkan untuk menyetem gitar setiap kali akan digunakan. Tetapi, hal itu jauh lebih baik daripada memiliki gitar yang rusak karena tidak dirawat dengan baik.

Bersihkan Secara Rutin

Gitar yang jarang digunakan akan berdebu, sedangkan gitar yang sering digunakan akan kotor karena minyak dan keringat dari tangan. Bagian gitar yang paling penting untuk dibersihkan adalah fretboard, tempat jari bersentuhan dengan senar. JIka sedang senggang, sebaiknya kamu melepaskan senar agar lebih mudah membersihkan fretboard. Bersihkan dengan menggunakan lap kacamata atau dengan cairan khusus pembersih gitar yang dijual di toko-toko alat musik.

Ganti senar secara berkala

Senar yang sering digunakan akan cepat rusak. Sebaliknya, gitar yang disimpan di tempat lembab akan berkarat. Ganti senar gitar kalau kamu sudah merasa suaranya tidak sebagus dulu. Jangan lupa untuk menggunakan senar yang sesuai. Gitar akustik menggunakan senar nylon. Menggunakan senar string hanya akan merusak leher (neck) gitar karena ketegangan yang terlalu tinggi. 

#dirumahaja

Nah, seperti itu tips-tips untuk merawat gitar. Kalau kamu belum memiliki gitar dan ingin membelinya, kamu bisa memesan sendiri gitar yang kamu inginkan ke pengrajin-pengrajin gitar di kotamu. Carinya bisa lewat Aplikasi Titipku lho! Cukup unduh Aplikasi Titipku di Play Store dan temukan pengrajin gitar di kotamu. Yuk unduh Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan