Ragam Manfaat Teh Serai bagi Kesehatan

Titipku – Sering melihat atau memesan lemongrass tea ketika jajan di cafe atau restoran? Rasanya nikmat sekali lho, apalagi jika diminum saat cuaca sedang dingin-dinginnya. Lemongrass tea sebenarnya adalah teh yang dicampur dengan serai. Ini merupakan minuman tradisional Indonesia. Di beberapa daerah tertentu, teh serai merupakan air seduhan serai tanpa campuran teh lho.

Serai umumnya digunakan sebagai rempah makanan. Namun, kita juga bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dengan meminum air seduhannya. Serai mengandung senyawa antioksidan dan antiradang yang baik bagi tubuh.

Apa saja sih manfaat teh serai bagi kesehatan?

Membantu Diet

Serai merupakan diuretik alami, artinya mendorong produksi air seni. Kita tahu bahwa detoksifikasi atau keluarnya racun dalam tubuh adalah lewat keringat dan air seni. Mengonsumsi teh serai juga dapat membantu metabolisme tubuh serta detoksifikasi. Jika kamu sedang menjalani program diet, tidak ada salahnya memasukkan teh serai ke dalam menu diet. Tapi ingat, tidak bisa hanya mengandalkan serai saja ya! Olahraga rutin dan makan-makanan bergizi seimbang juga harus dilakukan.

Meredakan Masalah Pencernaan

Ketika sedang mengalami sakit perut, teh serai bisa dijadikan salah satu alternatif untuk meredakannya. Minyak esensial daun serai membantu melindungi lapisan lambung dari kerusakan. Tidak hanya itu, teh serai juga dapat membantu mengurangi nyeri haid lho! Umumnya sebelum haid, perut akan terasa nyeri dan kram. Cobalah minum teh serai hangat ketika mulai merasa nyeri. 

Menjaga Kesehatan Mulut

Banyak orang abai dengan kesehatan mulut. Padahal kesehatan mulut tidak kalah pentingnya dengan kesehatan organ-organ tubuh yang lain. Teh serai memiliki sifat antimikroba yang dapat mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang. Minyak esensial serai yang bersifat antimikroba mampu melawan bakteri dan jamur di dalam rongga mulut, salah satunya adalah Streptococcus mutans, bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi. 

Membantu Meredakan Kecemasan

Ketika sedang cemas, letih, atau banyak pikiran, menghirup aroma serai dapat membuatmu rileks. Setelah tegang seharian bekerja, cobalah menyeduh teh serai. Sebelum diminum, hirup aromanya selagi hangat agar pikiran yang lelah dan cemas bisa sedikit berkurang. 

Nah, untuk variasi membuat teh serai, kamu boleh menggunakan serai merah ataupun serai putih. Jika kamu suka rasa rempah yang kuat, cobalah tambahkan jahe atau kayu manis. Jika merasa masih kurang manis, sebaiknya gunakan madu daripada gula. Cukup satu gelas sehari saja ya!

#dirumahaja

Mager ke pasar cari serai? Serahkan aja sama Jatiper Titipku! Kamu cukup unduh Aplikasi Titipku di Playstore, lalu pesan serai dan bahan-bahan lain yang kamu butuhkan. Nanti belanjaannya diantar sampai rumah lho! Mau belanja mudah dan murah, pakai Titipku aja!

Tinggalkan Balasan