Rahasia Singkong Goreng Renyah Merekah

singkong, cassava, singkong goreng, fried cassava, singkong goreng renyah, crispy fried cassava, singkong goreng renyah merekah

singkong, cassava, singkong goreng, fried cassava, singkong goreng renyah, crispy fried cassava, singkong goreng renyah merekah

Saat membeli gorengan di pinggir jalan, kita kerap meminta untuk tidak menyertakan singkong goreng/balok di paket gorengan yang kita beli. Pasalnya, kebanyakan singkong yang dijual sangat keras dan serat. Apalagi jika singkongnya sudah dingin, sudah pasti makanan itu menjadi sisa di piring.

Jika dibandingkan dengan jajanan khusus singkong goreng, harusnya singkong bisa merekah dan memiliki tekstur renyah. Mengutip dari food.detik.com, berikut tips-tips yang bisa membuat singkong goreng Moms yang dimasak di rumah bisa renyah dan merekah:

 

  1. Cara Memilih Singkong

Untuk membuat singkong goreng yang bertekstur empuk, tentu saja harus menggunakan jenis yang berkualitas. Pilih singkong yang masih baru dan tidak terlalu tua. Biasanya singkong yang masih baru ini teksturnya empuk. Pilih juga jenis singkong yang dagingnya putih bersih. Kemudian, cuci bersih singkong dan potong-potong dengan ukuran sesuai keinginan.

  1. Kukus Singkong Terlebih dahulu

Setelah dicuci bersih, Anda bisa mengukus singkong jika ingin teksturnya jauh lebih empuk. Setelah singkong matang, barulah digoreng hingga kekuningan. Cara ini juga akan membuatmu terhindar dari banyak minyak. Karena, proses menggorengnya hanya sekali.

  1. Goreng Singkong Tahap Pertama

Selain dikukus, singkong bisa langsung digoreng. Sebelumnya, panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Waktu menggoreng tahap pertama ini selama 30 menit sampai singkong kekuningan. Setelah itu, angkat singkong dan tiriskan. Kemudian, masukkan ke dalam air racikan bumbu.

  1. Masukkan ke Dalam Air Racikan Bumbu

Kalau ingin singkong goreng terasa lebih gurih, buat juga air racikan bumbu. Air racikan bumbu adalah air yang ditambahkan garam. Jumlahnya harus banyak sampai menutupi permukaan singkong. Ada juga yang meracik bumbu singkong ini dengan tambahan bawang putih. Selain rasanya jadi gurih, aroma dari bawang putih juga sangat sedap.

  1. Goreng Singkong Tahap Kedua

Setelah selesai direndam dalam air racikan bumbu selama beberapa menit, tiriskan singkong agar airnya tidak jatuh ke dalam minyak panas. Jika sudah agak kering, barulah goreng kembali singkong. Panaskan terlebih dahulu minyak gorengnya. Kemudian, goreng singkong hingga merekah. Jika sudah cokelat keemasan, angkat dan tiriskan. Singkong yang empuk dan merekah siap disajikan. Lebih enak dicocol dengan sambal roa.

 

Gimana? Mudah kan untuk membuat singkong goreng yang renyah merekah? Yuk lah langsung dicoba di rumah! Beli singkongnya di Titipku aja. Download aplikasinya di sini!

Tinggalkan Balasan