Rambut Kering? Cobalah Perawatan Berikut Ini

Banyak perempuan maupun laki-laki sering mengeluhkan kondisi rambut yang kering. Pada dasarnya, rambut kering terjadi karena kekurangan produksi minyak sehingga membuat lapisan luar rambut mengelupas. Rambut kering bisa disebabkan karena terlalu lama terkena sinar matahari (saat melakukan kegiatan di luar ruangan), atau terlalu sering diwarnai.

Asupan nutrisi yang kurang dan cara berkeramas yang salah juga bisa bisa mempengaruhi kesehatan rambutmu, lho. Kondisi ini bisa semakin parah jika sudah muncul rambut bercabang pada bagian ujungnya. Biasanya, warnanya menjadi sedikit kemerahan. Kalau sudah seperti ini, tandanya rambutmu butuh perhatian. Simak tips perawatan berikut ini kalau kamu mengalami kondisi rambut kering dan pecah-pecah.

Pakai Conditioner dan Hair Mask

Coba tengok kembali produk perawatan rambutmu. Kalau kamu hanya memakai shampoo, kini saatnya kamu memasukkan conditioner dan hair mask ke dalam produk wajib perawatan rambutmu. Sama seperti moisturizer, conditioner juga membantu melembabkan batang rambut. Sementara itu, lakukan hair mask setiap satu minggu sekali. Sudah banyak, kok, produk masker rambut yang dijual di pasaran. Nah, agar perawatan rambutmu semakin maksimal, pilihlah produk yang bersifat melembabkan, seperti shea butter, minyak zaitun, minyak argan, lidah buaya, dan pisang.

Penuhi Asupan Nutrisi Tubuhmu

Perlu diketahui bahwa kesehatan rambutmu juga bisa dipengaruhi dari gaya hidupmu. Minumlah air putih sesuai anjuran, yakni minimal 8 gelas sehari. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, sel-sel rambut dan kukumu juga menjadi terhidrasi. Selain air putih, ada baiknya kamu juga mengonsumsi buah-buahan yang kaya dengan kandungan air, seperti semangka atau stroberi. Asupan gizi yang seimbang juga tentunya tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga rambutmu.

Puasa Hair Styling Dulu

Salah satu penyebab kerusakan rambut lainnya adalah hair styling, seperti mencatok, mengeriting, dan mewarnai rambut. Kamu tahu, alat-alat styling, seperti catokan, dapat membuat lapisan lemak pada batang rambut menjadi kering sehingga tidak mampu mengontrol kelembabannya. Nah, coba kamu menahan diri untuk tidak hair styling dulu selama beberapa bulan sembari merawat rambutmu secara perlahan. Percuma saja melakukan perawatan kalau kamu masih mencatok rambutmu setiap hari atau mewarnai rambutmu terus-terusan. Sabar saja dulu, setelah kembali sehat, kamu bisa bergaya dengan rambut kesayanganmu lagi, kok.

 

Sama halnya dengan kulit, proses perawatan rambut juga tidak akan berjalan instan. Nikmati saja prosesnya pelan-pelan. Sebagai tambahan, setiap kali keramas, jangan pernah membilas rambutmu dengan air hangat, ya. Ini juga bisa membuat kondisi rambutmu menjadi lebih kering. Yuk, rawat kembali rambutmu agar tetap sehat.

Kalau kamu membutuhkan beragam produk perawatan rambut, coba cek Aplikasi Titipku. Tidak hanya masker rambut atau condioner, kamu juga bisa menemukan berbagai produk buatan UMKM dalam negeri lainnya. Soal ongkir jangan khawatir, karena Titipku ada promo ongkir di Bulan Februari 2021 ini. Tunggu apa lagi? Klik di sini untuk tahu lebih lanjut!

Tinggalkan Balasan