Tips Merawat Peralatan Masak #3: Kompor dan Cobek Batu

kompor, stove, kompor gas, kompor lpg, merawat kompor, membersihkan kompor, merawat kompor gas, membersihkan kompor gas, merawat dan membersihkan kompor, merawat dan membersihkan kompor gas, cobek, cobek batu, merawat cobek, membersihkan cobek, merawat cobek batu, membersihkan cobek batu, merawat dan membersihkan cobek batu, merawat kompor dan cobek, merawat kompor gas dan cobek batu, membersihkan kompor dan cobek, membersihkan kompor gas dan cobek batu

kompor, stove, kompor gas, kompor lpg, merawat kompor, membersihkan kompor, merawat kompor gas, membersihkan kompor gas, merawat dan membersihkan kompor, merawat dan membersihkan kompor gas, cobek, cobek batu, merawat cobek, membersihkan cobek, merawat cobek batu, membersihkan cobek batu, merawat dan membersihkan cobek batu, merawat kompor dan cobek, merawat kompor gas dan cobek batu, membersihkan kompor dan cobek, membersihkan kompor gas dan cobek batu, oven, airfryer, air fryer, cleaning oven, cleaning air fryer, cleaning airfryer, membersihkan oven, membersihkan air fryer, membersihkan airfryer, membersihkan oven dan air fryer, membersihkan oven dan airfryer, oven dan air fryer, oven dan airfryer, blender, food processor, blender dan food processor, merawat blender dan food processor, membersihkan blender dan food processor, merawat blender, membersihkan blender, merawat food processor, membersihkan food processor

Di artikel pertama sudah membahas cara merawat dan membersihkan oven dan air fryer. Lalu di artikel kedua sudah dibahas cara membahas cara merawat dan membersihkan blender dan food processor. Kali ini, kita coba kulik cara merawat dan membersihkan alat nonelektronik yuk, seperti kompor dan cobek batu. Kompor adalah alat yang wajib ada di tiap dapur. Bagaimanapun, itu adalah alat yang membuat dapur tetap mengepul di tengah masyarakat modern saat ini. Begitu juga cobek, alat tradisional ini masih digunakan hingga saat ini untuk menghaluskan rempah-rempahan.

Melansir dari Resepkoki, simak cara membersihkan dan merawat kompor dan cobek batu.

Cara Merawat dan Membersihkan Kompor
  • Bersihkan badan kompor: Bersihkan badan kompor dengan lap kering secara berkala untuk menghindari kerak bandel di badan kompor.
  • Lepas tombol kompor: Sulit memutar tombol kompor? Mungkin karena tombolnya kotor. Lepas lalu rendam saja dengan sabun dan air hangat biar cepat mengelupas kotorannya.
  • Bersihkan bagian tungku: Anda bisa gunakan sikat halus yang telah ditambahkan sabun pencuci piring lalu sikat ke semua sisi tungku kompor yang sudah dilepas dari badannya.
  • Bersihkan corong api: Jangan biarkan corong api kotor karena akan buat proses masak menjadi lebih lama dan boros gas. Segera bersihkan corong apinya dengan melepas kawat pengikatnya dan rendam dalam campuran 1 sdm cuka dengan satu gelas air panas selama 2-4 jam.
  • Bersihkan bagian bawah: Tuang sabun cuci piring ke atas spons basah yang lalu diperas hingga setengah kering. Gunakan banyak sabun jika noda lemaknya membandel, ya.
  • Bersihkan selang gas: Lepaskan selang gas dengan mencabut terlebih dahulu regulator yang terpasang. Kemudian, bersihkan permukaan selangnya dengan lap atau spons yang telah diberi air sabun.
  • Pastikan kompor selalu kering: Lap kering seluruh bagian kompor yang telah kamu bersihkan baru letakkan kembali pada tempatnya. Kompor yang kering akan membuat kompor tidak mudah berkarat.
Cara Merawat dan Membersihkan Cobek Batu

kompor, stove, kompor gas, kompor lpg, merawat kompor, membersihkan kompor, merawat kompor gas, membersihkan kompor gas, merawat dan membersihkan kompor, merawat dan membersihkan kompor gas, cobek, cobek batu, merawat cobek, membersihkan cobek, merawat cobek batu, membersihkan cobek batu, merawat dan membersihkan cobek batu, merawat kompor dan cobek, merawat kompor gas dan cobek batu, membersihkan kompor dan cobek, membersihkan kompor gas dan cobek batu

  • Rendam cobek: Rendam cobek baru dalam air selama satu malam. Lalu cuci cobek di bawah air mengalir agar kotoran yang menempel terbuang.
  • Gunakan ampas kelapa: Untuk membersihkan pori-pori cobek baru anda perlu menggunakan ampas kelapa. Ampas kelapa akan membantu menghilangkan sisa batu pahatan cobek.
  • Olesi dengan minyak kelapa: Agar sambal tidak berbau tanah dan ada pasir saat selesai diulek dengan cobek baru, maka lakukan tahap ini. Olesi permukaan cobek dengan minyak kelapa hingga rata. Panggang cobek diatas api kecil hingga berubah jadi kehitaman dan mengeluarkan asap. Angkat cobek lalu bersihkan dengan air mengalir. Untuk mendapatkan cobek yang bersih ulangi 2-3 kali.
  • Bersihkan dengan sikat dan sabun: Bersihkan cobek dengan sikat plastik dan sabun. Sikat cobek dengan sabun hingga benar-benar bersih dari sisa-sisa bumbu.
  • Simpan di tempat kering: Tempat penyimpanan cobek akan mempengaruhi kondisi cobek. Cobek batu akan lebih tahan jamur jika disimpan di tempat kering atau tidak lembab.

*****

GIVEAWAY TITIPKU

Itulah tips merawat dan membersihkan kompor dan cobek batu. Nah bagi Anda pelanggan setia Titipku, bisa banget nih ikut undian berhadiah berbagai alat masak menarik. Hadiahnya keren-keren loh. Mulai dari airfryer hingga oven listrik. Caranya ikutan gampang banget. Anda tinggal belanja saja di Titipku. Setiap pembelanjaan minimal Rp100.000,- di Titipku, Anda akan mendapatkan satu kupon undian giveaway. Jumlah kupon akan muncul di aplikasi. Periode promo adalah 15-31 Desember 2021 dan pemenang akan diumumkan 3 Januari 2022. Pastikan Anda berpartisipasi ya Moms! Jika Anda belum menggunakan Titipku dan ingin ikut program giveaway ini, Anda bisa mendownload aplikasi Titipku di sini!

Tinggalkan Balasan