Rawat Jas Hujanmu dengan Tips Berikut Ini

Bepergian saat musim hujan pastinya sedikit merepotkan. Kamu harus membawa barang-barang yang kamu butuhkan untuk melindungimu dari air hujan, seperti: jas hujan, payung, dan plastik pembungkus barang elektronik dan dokumen penting. Akibatnya, barang bawaan ketika pergi ke kantor atau ke luar rumah menjadi lebih berat dari biasanya. Dan waktu sudah pulang, tubuhmu terlalu letih sehingga abai untuk merawat jas hujan yang habis dipakai. 

Meskipun hanya dipakai saat musim hujan dan cenderung murah, jas hujan juga harus dirawat agar tetap bisa digunakan berulang-ulang. Selain itu, merawat jas hujan juga untuk melindungimu dari penyakit lho! Yuk simak tips-tips untuk merawat jas hujan berikut!

 

Bersihkan Jas Hujan setelah Digunakan

Jas hujan yang baru saja digunakan pasti menjadi kotor karena terkena debu dan lumpur selama perjalanan. Debu dan lumpur yang dibiarkan begitu saja akan mengerak dan terus menempel pada jas hujan jika tidak dibersihkan. Belum lagi air hujan yang masih menempel pada jas hujan akan membuat jamur muncul dan menimbulkan bau apek. 

Membersihkan jas hujan cukup mudah, tidak perlu menggunakan deterjen atau cairan khusus. Kamu hanya perlu membilas atau membersihkannya dengan air bersih untuk menghilangkan air hujan, debu, dan lumpur yang menempel. Pastikan kamu membersihkan setiap bagiannya dengan teliti. 

Keringkan dengan Benar

Setelah dibersihkan dengan air bersih, jangan langsung dilipat atau disimpan untuk menghindari jas hujan menjadi rusak, timbul jamur, dan berbau apek. Mengeringkan jas hujan juga tidak perlu menggunakan mesin pengering karena akan merusak bahannya. Cukup lap dengan kain kering yang bersih lalu diangin-anginkan saja. Jangan digantung di bawah sinar matahari langsung karena dapat merusak bahan jas hujan. 

Lipat dan Simpan di Tempat Kering

Setelah jas hujan benar-benar kering, barulah kamu dapat melipat dan menyimpannya jika tidak digunakan. Simpan di tempat yang kering agar tidak menimbulkan jamur dan bau apek. Masalah utama memiliki jas hujan adalah jamur dan bau yang tidak sedap. Jamur dapat membuat jas hujan menjadi kaku dan lebih cepat robek. Jika dilakukan dengan benar, kamu tidak perlu mengganti atau membeli jas hujan baru setiap kali ingin bepergian.

 

Nah itu dia tips untuk menjaga kondisi jas hujan. Tetapi ada baiknya jika musim hujan tetap di rumah saja kecuali ada kegiatan penting, untuk menjaga kesehatan tubuh juga. Bagi kamu yang tetap harus berbelanja di musim hujan tidak perlu khawatir. Kamu bisa berbelanja kebutuhanmu #DariRumah pakai aplikasi Titipku. Belanja kebutuhan apa saja mulai dari kebutuhan dapur hingga kebutuhan sehari-hari semuanya bisa lewat Aplikasi Titipku. Banyak promo ongkirnya lho! Yuk download aplikasi Titipku di sini.

Tinggalkan Balasan