Biar Nggak Zonk: Rencanakan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini

pendidikan, education, dana pendidikan, menabung dana pendidikan, tips menabung dana pendidikan, mempersiapkan dana pendidikan, dana pendidikan anak

pendidikan, education, dana pendidikan, menabung dana pendidikan, tips menabung dana pendidikan, mempersiapkan dana pendidikan, dana pendidikan anak

Hai Moms, apakah Anda sudah mulai berpikir rencana dana pendidikan anak hingga perguruan tinggi nanti? Jika iya, maka Anda harus segera mengaplikasikannya sebelum terlambat. Dana pendidikan anak saat ini bisa dibilang sangat tinggi. Mungkin bagi sebagian orang yang sudah sukses, dana pendidikan anak sudah tersedia dan tinggal dikeluarkan pada waktunya. Namun bagi sebagian keluarga yang lain harus mempersiapkan uangnya sejak dini supaya si anak bisa mendapat pendidikan yang layak.

Melansir dari Kumparan.com, berikut beberapa tips perencanan dana pendidikan anak:

 

  1. Pikirkan Jumlah Biaya Pendidikan

Penting bagi orang tua untuk menentukan di mana anak akan bersekolah atau kuliah. Dengan begitu, Anda bisa memprediksi jumlah biaya yang akan dibutuhkan nantinya. Sebab, biaya pendidikan dari tahun ke tahun tentu memiliki perbedaan yang signifikan.

Biaya pendidikan punya inflasi ekonomi, dari ekonomi secara keseluruhan, dan inflasi tingkat biaya pendidikan. Misalnya inflasi 10 persen, lalu biaya pendidikan kurang lebih 3-5 persen kenaikannya per tahun. Jadi kalau sekarang biayanya Rp 100 juta, bisa dihitung lagi 15 tahun yang akan datang berapa biayanya. Ini bisa membantu prediksi biaya pendidikan yang harus ditabung

  1. Siapkan Asuransi Jiwa yang Punya Manfaat Dana Pendidikan

Salah satu cara menyiapkan dana pendidikan yang baik adalah dengan menggunakan asuransi jiwa yang memberikan manfaat dana pendidikan. Jadi, kita bisa menjamin anak kita dapat menempuh pendidikan tinggi dengan pasti. Walaupun kita sebagai orang tua mengalami musibah atau terkena sakit kritis dan tidak bisa mencari nafkah lagi.

Kehadiran asuransi jiwa yang punya manfaat dana pendidikan bermanfaat untuk menjamin masa depan anak. Terlebih, ketika orang tua sudah meninggal, anak akan tetap bisa mendapatkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

 

Selain dua cara di atas, Moms harus mulai pandai-pandai berhemat. Salah satu penghematan bisa dilakukan dengan meminimalisir pengeluaran belanja kebutuhan pokok harian. Cara meminimalisir pengeluaran bisa dilakukan dengan: (1) belanja di pasar yang harga produknya lebih murah, dan (2) menggunakan promo yang ada di aplikasi. Lalu bagaimana jika ada aplikasi belanja di pasar yang banyak promonya? Tentu Anda diharapkan bisa menggunakan aplikasi ini karena sangat hemat.

Aplikasi belanja di pasar yang banyak promonya adalah Titipku. Di aplikasi ini ada beragam promo, seperti promo ongkir hingga cashback belanja. Jika Mom tertarik, Mom bisa download aplikasinya di sini!

Tinggalkan Balasan