Resep Sambal Paru Balado, Cocok Disantap Dengan Nasi Hangat!

Titipku – Selama ini, olahan daging sapi menjadi menu yang mantap untuk dikonsumsi. Apalagi harga daging sapi sendiri yang cukup mahal, membuat olahan daging sapi menjadi cukup mewah. Saat hari raya Idul Adha, daging sapi juga menjadi olahan yang sangat dinanti-nantikan.

Tapi ternyata, tak hanya dagingnya saja yang mantap untuk disantap, iga sapi juga nikmat disantap. Selain itu, ternyata bagian paru sapi juga bisa diolah menjadi santapan yang tak kalah nikmat dengan rendang, sate ataupun gulai sapi, lho. Olahan paru sapi yang terkenal adalah sambal paru balado. 

Berikut langkah-langkah bagi kamu yang ingin mencoba membuat sambal goreng paru sapi. Cocok dijadikan untuk menu buka puasa dan sahur juga. Sebelum membeli paru sapi, Kamu perlu memeriksa kualitasnya dengan tips berikut:

sumber gambar: resepkoki.id
  1. Pilih paru sapi yang berwarna merah seperti warna dagingnya. Jangan pilih paru yang berwarna biru kehitaman, hal ini menandakan paru sudah tidka segar.
  2. Pilih paru sapi yang bertekstur kenyal seperi sponge. Tekan paru secara berlahan untuk memeriksanya.
  3. Periksa juga, apakah paru sapi berlendir atau tidak pada bagian permukaannya. Jika berlendir, tandanya paru tersebut berkualitas tidak baik.
  4. Jika membeli paru sapi yang sudah direbus, pilih yang bagian tengahnya yang berwarna kecokelatan.

Langkah selanjutnya, lakukan hal-hal berikut:

  1. Cuci paru di bawah air yang mengalir sampai bersih. Bersihkan pula bagian otot yang berlubang pada paru dari kotoran maupun tetesan darah. Lalu tiriskan.
  2. Potong paru menjadi empat bagian. Periksa pada bekas potongannya. Jika masih ada kotoran atau sisa darah, cuci kembali sampai bersih.
  3. Rebus paru pada air yang sudah mendidih. Masukkan pula daun salam, bawang putih geprek, dan daun jeruk. Angkat kotoran yang keruh pada pernukaan air rebusan. Selanjutkan, kecilkan api. Rebus paru tersebut sampai empuk dan air menyusut.
Mari masuk pada bagian memasak paru balado!

Bahan-bahan:

  1. 500 gram paru yang sudah siap olah (sudah direbus sebelumnya)
  2. 8 butir bawang merah
  3. 3 butir bawang putih
  4. 2 butir kemiri
  5. 4 buah cabe merah besar
  6. 1 batang serai
  7. Lengkuas secukupnya. Disarankan sekitar 3 cm
  8. Daun salam
  9. Daun jeruk
  10. Garam secukupnya
  11. Minyak goreng untuk menumis
  12. Air matang secukupnya

Cara memasak:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe, kemiri, dan garam.
  2. Panaskan minyak goreng pada wajan. Tmumis bumbu halus bersama sereh, daun salam, serai, dan daun salam sampai harum.
  3. Masukkan paru rebus. Sebelumnya, paru juga bisa dipotong kecil-lecil sekitar 1-2 cm. Aduk sampai rata.
  4. Tuangkan air matang secukupnya. Tumis semua bahan sampai air sedikit menyusut dan maru matang berwana kecoklatan.
  5. Jangan lupa cicip rasanya, ya. 
  6. Angkat dan sajikan.

Selesai sudah langkah-langkah untuk memasak sambal paru balado. Mudah bukan? Kamu bisa mencoba resep ini, apalagi jika ingin membuat menu berbeda dan mungkin sedang bosan dengan daging sapi. Menu ini cocok disantab dengan nasi putih hangat. Selamat mencoba!

#DIRUMAHAJA

Saat #DiRumahAja sehingga membatasi keluar rumah, kamu bisa belanja bahan-bahannya melalui Aplikasi Titipku. Ada Jatiper yang siap membantumu untuk mendapatkan bahan-bahan yang kamu butuhkan. Harga juga bisa lebih terjangkau dengan kualitas baik, karena dibeli dari UMKM lokal disekitarmu. 

Caranya mudah, download aplikasi Titipku di Playstore dan mulai belanja #DariRumah lewat Titipku dengan mencari produk yang kamu inginkan. Penjual produknya adalah UMKM lho!

—–  Dengan kamu membeli dari UMKM Indonesia, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung perekonomian Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Rewrite: dapurngebut.com by Inna Riana

Tinggalkan Balasan