Resep Sup Kimlo Khas Palembang, Temani Saat Musim Hujan

Titipku.com – Sup kimlo merupakan masakan khas dari kota Palembang. Di lihat dari namanya, bisa dengan mudah dikenali bahwa kuliner yang satu ini memiliki cita rasa oriental yang dikembangkan oleh etnis Tionghoa yang ada di Palembang. Bahan utama dari sup ini sangat lazim ditemukan di dalam masakan khas Tionghoa, contohnya saja seperti bunga sedap malam dan juga jamur kuping.

Barangkali di antara kamu sudah tidak asing dengan menu sup kimlo. Hal ini wajar, sebab sup kimlo sering dihidangkan dalam perayaan pesta, seperti pernikahan. Sup kimlo berkuah bening dengan isi berupa campuran sayuran (daun bawang seledri, wortel), soun, jamur, bunga sedap malam, dan daging (ayam, sapi, udang, bakso, atau kombinasi).

Sup khas Palembang ini menyimpan sejuta manfaat. Hal ini tidak lain karena kandungan bahan utama pada sup kimlo ini. Jadi bisa dikatakan sup kimlo ini merupakan salah satu kuliner sehat yang memadukan ciri khas masakan Nusantara dengan masakan Tionghoa.

Saat musim hujan seperti sekarang. Sup kimlo sepertinya cocok untuk menemani kamu menikmati hujan. Nah ini dia resep sup kimlo yang bisa kamu coba!

Baca Juga: Menu Camilan Sehat Disaat Musim Hujan Tiba

 

Bahan-bahan:

– 250 gram ayam potong
– 1/2 siung bawang bombay, cincang
– 1 buah kentang
– 1 buah wortel
– 1 buah tomat
– 100 gram jamur, rendam dalam air
– Secukupnya soun
– 100 gram bakso (belah dua)
– 1 buah kapulaga
– 1 buah bunga lawang
– 2 batang daun seledri
– 1 batang daun bawang
– Secukupnya garam
– Secukupnya gula
– Secukupnya air
– 1 sdm minyak

Bumbu halus:

– 8 siung bawang merah
– 6 siung bawang putih
– 1 sdt lada bubuk
– 1/4 buah pala

Cara membuat:

– Haluskan bumbu.
– Siapkan panci. Masukkan minyak goreng, lalu masukkan bawang bombay. Setelah harum masukkan bumbu.
– Masukkan ayam, aduk rata, lalu masukkan air. Setelah ayam setengah empuk atau setelah 10 menit, masukkan kentang dan wortel yang sudah dipotong-potong, kapulaga, bunga lawang, garam dan gula.
– Aduk rata. Setelah kentang, wortel, dan ayamnya empuk, masukkan tomat, daun bawang, jamur, bakso dan soun. Masak hingga matang.
– Setelah matang, angkat dan sup siap disajikan.

 

Tahukah, bahwa semua bahan untuk membuat sup kimlo ini bisa kamu beli #DariRumah pakai aplikasi Titipku? Mulai dari rempah, sayur umum bisa kamu beli di pasar tradisional yang sudah masuk di Titipku. Untuk produk yang jarang ada di pasar seperti jamur, bisa kamu beli di Diamond Supermarket. Belanja mudah dan aman hanya di Titipku. Jangan lupa ya, ada gratis ongkir untuk para Nitipers di bulan ini. Download Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan