Sakit Punggung Karena WFH? Sembuhkan dengan Cara Ini

sakit punggung, wfh, work from home, pegal, tips atasi sakit punggung

sakit punggung, wfh, work from home, pegal, tips atasi sakit punggung

Salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami orang ketika Work from Home (WFH) adalah sakit punggung. Sakit punggung ini biasanya terjadi akibat seseorang duduk terlalu lama saat bekerja atau bekerja dengan posisi tubuh yang tidak disarankan (misalnya sambil tiduran tengkurap).

Jika sakit punggung makin sering terjadi, jangan disepelekan loh. Sebab akan berakibat fatal dan tentunya mengganggu produktivitas kerja kita. Melansir dari berkeluarga.id, berikut sejumlah tips untuk meredakan nyeri punggung saat WFH:

 

  • Lakukan Peregangan

Sebelum bekerja jangan lupa melakukan peregangan terlebih dahulu. Dengan melakukan peregangan, kita dapat memulihkan otot dan melindungi diri dari rasa sakit di bagian punggung. Untuk mengatasi sekaligus mencegah sakit punggung, Anda bisa melakukan peregangan dengan berjalan di tanah datar, backbends berdiri, pose kobra, dan press-ups.

Melakukan peregangan tidak hanya mampu melemaskan otot-otot yang tegang, tapi juga menguatkannya. Selain itu, kita juga bisa menyelingi kegiatan peregangan dengan yoga. Aktivitas yoga juga efektif sebagai cara mengatasi nyeri di punggung.

  • Sering Mengubah Posisi Duduk

Selama WFH kemungkinan besar kita memiliki satu spot favorit untuk bekerja. Nah, hal ini bikin kita malas untuk mengubah posisi duduk dan tetap dalam posisi yang sama dalam jangka waktu lama. Kalau dibiarkan terus menerus kemungkinan besar kita akan merasa sakit punggung. Untuk itu, kita perlu mengganti posisi atau perbanyak bergerak agar risiko nyeri di punggung dapat terhindari. Misalnya kalau duduk di lantai cobalah untuk mengambil posisi duduk di kursi atau sesekali berdiri. Dengan begitu otot kita tidak tegang dan terhindar dari sakit pinggang.

  • Memakai Salep Atau Minyak

Kalau sudah terlanjur sakit punggung parah, satu-satunya cara ampuh mengatasi dengan menggosokkan minyak atau salep panas. Salep dan minyak gosok bisa meredakan dan menghalangi nyeri. Sekarang ada beragam merek minyak gosok, salep, ataupun plester dengan rasa panas, jadi jangan takut tidak menemukan produk satu ini.

  • Gunakan Bantal Di Belakang Punggung

Melatakkan bantal di belakang punggung bisa menjadi cara membuat duduk kita lebih nyaman. Apalagi bagi yang suka duduk di lantai. Sandaran empuk ini akan membuat kita lebih rileks dan meredakan sakit punggung, khususnya bagian bawah. Anda kamu duduk di lantai sebaiknya gunakan bantal tipis atau handuk lembut sebagai alas, ya.

  • Kompres dengan Air Hangat

Mengompres punggung dengan air hangat atau heating pad cukup efektif mengatasi sakit punggung. Jika tidak ada heating pad, bisa menggunakan kain yang telah dibasahi dengan air hangat. Caranya sangat sederhana, letakkan kompres di punggung selama 10-20 menit, atau ganti ketika sudah tidak terasa panas. Dengan melakukan pengompresan air hangat, nyeri di punggung perlahan mereda, dan kita bisa melanjutkan WFH dengan lancar.

*****

Selain menggunakan cara-cara di atas, Anda tetap harus memenuhi nutrisi tubuh. Sebab, sama saja Anda tidak terkena sakit punggung tapi kena penyakit yang lain karena kurang nutrisi dalam tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, Anda bisa beli kebutuhan pokok seperti sayur dan buah #DariRumah pakai Titipku. Kepo dengan aplikasi keren satu ini? Download aplikasinya di sini.

Tinggalkan Balasan