Sandal Bakiak dan Deretan Sandal Khas Indonesia, Masih Trend Kah?

Titipku – Ngomongin kerajinan asli Indonesia, jadi teringat oleh sandal bakiak. Ya, sandal berbahan kayu yang sangat populer di Indonesia ini masih sering digunakan di beberapa tempat.

Satu tempat yang mungkin menjumpai sandal bakiak adalah masjid. Beberapa masjid di Indonesia menggunakan sandal bakiak sebagai fasilitas untuk pengunjung saat akan berwudhu.

Lantas terbesit sebuah pikiran, apakah sandal bakiak dan kerajinan sandal khas Indonesia ini masih menjadi trend? Ternyata jawabannya masih. 

Yuk simak di bawah apa aj kerajinan sandal yang masih menjadi trend fashion terkini melalui Goodnewsfromindonesia.id:

Sandal Bakiak

sandal bakiak, sandal bakiak kayu, sandal bakiak jepang, sandal bakiak modern, sandal bakiak pria, sandal bakiak cowok, gambar sandal bakiak, harga sandal bakiak, jual sandal bakiak, foto sandal bakiak, sandal bakiak anak, sandal bakiak agustusan, sandal bakiak bali, sandal bakiak di jakarta, sandal bakiak jogja, sandal bakiak jadul, sandal bakiak jaman dulu, bakiak sandal jawa, sandal bakiak jakarta, sandal bakiak lukis, sandal bakiak motif bunga, sandal bakiak online, sandal bakiak panjang, sandal bakiak solo, sandal bakiak terapi, sandal bakiak tts, sandal bakiak terbuat dari, sandal bakiak untuk lomba,
Sandal Bakiak via Instagram @genifaruk

Bakiak hampir ada di seluruh Indonesia, hanya saja penamaannya yang berbeda. Seperti di Jawa Timur, bakiak lebih dikenal dengan nama kelompen. Bakiak terbuat dari kayu yang dibentuk secara sederhana kemudian diberi karet pada bagian depan untuk sandatan kaki.

Kelom Geulis

Kelom geulis merupakan sandal yang sangat popular sampai ke kancah internasional. Bentuknya dinilai memiliki seni yang tinggi sehingga banyak kalangan meliriknya. Inovasi terus diciptakan demi menunjang eksistensi dari sandal ini. Model dan hiasan disesuaikan dengan kemauan konsumen dan tren yang berkembang. Tak ayal kini kelom geulis telah diekspor ke berbagai negara dan menjadikannya memiliki harga yang bersaing.

Sandal Tarumpah

Tarumpah merupakan sandal tradisional khas Indonesia yang memiliki bentuk paling unik. Meskipun saat ini bahan bakunya sulit untuk didapat, banyak perajin masih memproduksinya demi menjaga tarumpah hilang dari peredaran. Perajin lebih memilih tidak mengganti bahan baku dikarenakan tidak ingin keaslian dari tarumpah berkurang.

Kerajinan sandal di atas bisa kamu beli tanpa harus kemana-mana lho. Cukup menggunakan aplikasi Titipku, kamu bisa membeli produk lokal yang super kece.

Udah download Titipku? Perhatikan cara penggunaannya ya. Terus dukung dan bangga #pakaiproduklokal. Sandal mana yang jadi favorit dan pingin kamu beli?

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan