Segarnya Lotis di Jogja Racikan Pak Tupar Depan BNI Kotagede

lotis yogyakarta, resep lotis jogja, jual petis jogja, bumbu lotis jogja, lotek di jogja, lotek di yogyakarta, lotis enak di jogja, lotis pak tugino jogja, lotek terenak di jogja, lotis jogja malam, lotis buah jogja, penjual lotis di jogja, rujak petis di jogja, pedagang lotis jogja,

Titipku.com – Kembali lagi, kami temui seorang pedagang yang menginspirasi kami. Kali ini kami bertegur sapa dengan penjual Lotis di Jogja. Ialah pak Tupar, lelaki paruh baya yang mengais rejeki di kota untuk keluarganya.

Pak Tupar merupakan salah satu penjual Lutis di kawasan Jalan Tegal Gendu Kotagede, Yogyakarta (Depan BNI Kotagede). Bukan sentra Lutis, hanya beberapa orang yang memamerkan jualannya tersebut. Dan penempatan lapaknya pun bergantian. Tidak selalu di posisi yang sama. Kata bapak, hal itu lumrah karena yang terpenting adalah rezeki di hari ini.

Lotis adalah makanan terdiri atas buah-buahan (mentah), diiris-iris agak besar, dimakan dengan sambal manis (terbuat dr gula jawa, cabai, garam, dsb). Lotis adalah makanan khas dari Jawa Tengah. Lotis biasanya di sajikan bersama sambal gula merah. (id.wikipedia.org)

Mungkin kamu juga bertanya, bedanya lotis dengan rujak. Penyebutan kedua makanan yang juga dari irisan buah ini memiliki klasifikasi tersendiri. Jika di Jakarta irisan buah dengan cocol sambal tersebut adalah rujak, maka di Jawa Tengah istilah ini berubah menjadi Lotis. Pasalnya, rujak menurut kawasan Jawa Tengah dan sekitarnya adalah buah yang ditumbuk bersama dengan sambel tersebut.

Pulang Gunungkidul Jika Ada Keperluan

Berjarak berpuluh kilometer dari Jogja kota, pak Tupar ini mengungkapkan jika pulangnya ke Gunungkidul tidak pasti. Kadang sekalinya pulang di luar hari biasa adalah jika ada kepentingan mendadak.

Lelaki dengan anak lulusan salah satu perguruan tinggi Jogja ini mengambil buah di pasar induk Giwangan. Ada beberapa jenis buah yang diracik menjadi Lutis antara lain mangga, kedondong, pepaya, bengkoang, nanas, dan mentimun. Segar rasanya dan jadi camilan sehat.

lotis yogyakarta, resep lotis jogja, jual petis jogja, bumbu lotis jogja, lotek di jogja, lotek di yogyakarta, lotis enak di jogja, lotis pak tugino jogja, lotek terenak di jogja, lotis jogja malam, lotis buah jogja, penjual lotis di jogja, rujak petis di jogja, pedagang lotis jogja,
Pak Tupar, salah satu penjual Lotis di Jogja

Selain bertempat di kawasan bank BNI Kotagede, ia juga menyempatkan berkeliling jika lotisnya sepi. Selain itu, beliau juga mengatakan dengan berjualan lotis ini ia memasang waktu bekerja yang fleksibel. Ia sudah mulai berjualan dari jam 8 pagi. Sementara untuk jam tutupnya sendiri dia tidak memasang kapan jam berapa ia harus selesai berjualan. Yang penting ‘sehabisnya’.

“Selesai jualan sehabisnya. Kadang jam 4, kadang tidak pasti. Nanti sisanya keliling, kalau di sini terasa sepi baru keliling. Itupun hanya sekitar kawasan Kotagede saja.”

Meski dengan pekerjaan sebagai seorang pedagang Lotis, ia berhasil menyekolahkan anaknya hingga ke salah perguruan tinggi negeri di Jogja.

BANTU UMKM INDONESIA NAIK KELAS!

Hai Millenials, yuk dukung UMKM Indonesia dengan menjadi Penjelajah Titipku! Semakin banyak Jelajah UMKM yang kamu unggah di Aplikasi Titipku, maka kamu telah membantu mereka naik kelas. Nyatanya, UMKM Naik Kelas bisa di mulai dari tanganmu!

Titipku membantu Digitalisasi UMKM melalui Penjelajah untuk memajukan Perekonomian Indonesia. #AyoMenjelajah

Download Aplikasi Titipkuplay.google.com/store/apps/details?id=com.titipku.alpha

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

2 thoughts on “Segarnya Lotis di Jogja Racikan Pak Tupar Depan BNI Kotagede”

Tinggalkan Balasan