Ini Sejarah Cokelat yang Identik dengan Hari Valentine

Cokelat telah lama menjadi simbol perayaan cinta. Cokelat biasanya diberikan sebagai hadiah kepada orang yang kita sayangi di saat hari spesial, seperti ulang tahun hingga hari Valentine. Tetapi, pernahkah kita bertanya kenapa cokelat bisa menjadi simbol kasih sayang? Melansir dari Travel.kompas.com , yuk simak info soal sejarah cokelat ini, mulai dari penemuan cokelat hingga bagaimana cokelat ini menjadi simbol cinta.

 

  • Asal-Usul Cokelat

Cokelat diperkirakan ditemukan di lembah Sungai Orinoko Amazon 4000 tahun lalu. Suku Maya dan Aztek membudidayakan tanaman kakao untuk menjadi minuman. Awalnya, cokelat menjadi benda yang sama berharganya dengan emas karena hanya bisa didapatkan oleh masyarakat kelas atas.

Pada awal 1600-an, cokelat mulai menyebar ke Eropa lewat Hernan Cortes yang membawanya dari Benua Amerika. Di Eropa, cokelat awalnya dikenal sebagai minuman yang bisa menyembuhkan dan mencegah penyakit.

  • Cokelat dan Cinta

Cokelat mulai dikaitkan dengan cinta sejak pernikahan antara Maria Theresa dari Spanyol dengan Raja Louis XIV pada 1660. Saat itu, Putri Maria Theresa memberi hantaran yang salah satunya adalah cokelat yang dikemas dengan sangat cantik. Sejak pernikahan ini juga, cokelat mulai menyebar di Perancis dan seluruh Eropa, hingga akhirnya seluruh dunia.

  • Cokelat dan Hari Valentine

sejarah cokelat mulai dikaitkan dengan Hari Valentine dimulai sekitar tahun 1860-an. Masyarakat baru mulai merayakan Valentine pada masa Ratu Victoria di Inggris. Awalnya, perayaan Valentine dilakukan dengan saling mengirim kartu berbentuk Cupid. Lalu pada 1861, seorang pengusaha asal Inggris bernama Richard Cadbury menciptakan strategi marketing yang luar biasa, di mana menciptakan cokelat yang dimasukkan ke dalam kotak berbentuk hati. Di kotak tersebut, ia juga menempelkan simbol Cupid dan mawar. Setelah cokelat habis, kotak tersebut bisa digunakan kembali sebagai tempat menyimpan barang berharaga dan surat cinta.

Dari peristiwa tersebut, kehadiran cokelat menjadi sebuah kewajiban di tiap Valentine di Inggris, lalu menyebar ke Amerika dan seluruh dunia. Saat ini, hampir semua produsen cokelat juga meniru strategi marketing Cadbury dengan menciptakan paket cokelat khusus Valentine.

 

Bagi kamu yang besok ingin merayakan Valentine dengan memberikan cokelat ke orang tercinta, bisa beli cokelat pakai Titipku loh! Ada diskon spesial untuk produk cokelat di Diamond Supermarket Kelapa Gading. Jadi, kamu bisa memberikan cokelat ke orang spesial dengan harga yang spesial juga. Enak banget kan! Promo berlaku pada 11 hingga 14 Februari 2021 ya! Download aplikasi Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan