Sambut Imlek, Simak Fakta Unik Tentang Tahun Baru Imlek

Pada 12 Februari 2021 menjadi hari yang paling ditunggu oleh masyarakat keturunan Tionghoa, sebab mereka akan merayakan Tahun Baru Imlek di tanggal tersebut. Di tahun Kerbau Logam ini, tentunya mereka akan menggelar berbagai acara untuk menyambutnya, meski dengan cara yang sedikit berbeda mengingat pandemi COVID-19 masih ada.

Selain khas dengan kue keranjang ,  ada lima fakta untik seputar Tahun Baru Imlek. Apa saja itu? Yuk simak artikel berikut ini:

Tidak Ada Tanggal Pasti

Menurut kalender Lunar, Tahun Baru Imlek berlangsung antara tanggal 21 Januari hingga 20 Februari. Artinya, tidak ada tanggal pasti dalam merayakan Imlek. Hal ini berbeda dengan hari libur lainnya seperti Natal yang memiliki tanggal pasti berdasarkan kalender Gregorian.

Menjadi Hari Libur Terpanjang di Tiongkok

Di Tiongkok, Tahun Baru Imlek merupakan hari libur terpanjang sepanjang tahun. Bagaimana tidak, libur akan dimulai bersamaan dengan Festival Laba yang berlangsung selama 24 hari, lalu dilanjutkan Festival Musim Semi selama 15 hari. Terakhir, ada 1 hari libur untuk puncak perayaan Imlek. Jadi, total libur yang didapat masyarakat Tiongkok adalah 40 hari.

Pusat Perbelanjaan Tutup

Selama Imlek, semua toko di pusat perbelanjaan di Tiongkok akan tutup sehingga orang di Tiongkok akan mulai memasok persediaan di rumah sebelum perayaan Imlek dimulai. Di Indonesia sendiri, biasanya toko-toko juga akan tutup, tapi hanya 1 – 2 hari saja di H-1 atau hari-H perayaan Imlek.

Dilarang Memberi Hadiah Buah Pir Saat Imlek

Ada kepercayaan bahwa di Hari Imlek tidak boleh memberi buah pir. Pasalnya, buah pir dalam Bahasa Mandarin adalah “li”, yang terdengar sama dengan kata “meninggalkan” atau “berpisah”.

Wajib Membakar Bambu Sebelum Nyalakan Kembang Api

Tahun Baru Imlek identik dengan pesta kembang api. Namun mereka biasanya membakar ranting bambu sebelum menyalakan kembang api. Ritual ini dipercaya bisa mengusir roh jahat.

 

Selain 5 fakta di atas, ada fakta lain lagi seputar Imlek, yakni ada tradisi promo saat Hari Imlek. Hal ini juga biasa terjadi di Indonesia. Bicara soal promo, Titipku juga akan memberikan promo DISKON 12% di tanggal 10 Februari 2021. Tak tanggung-tanggung, diskon ini bisa kamu dapat tanpa minimal pembelian!

Jadi, bagi Anda yang ingin memasok kebutuhan rumah sebelum toko-toko pada tutup di Hari Imlek bisa berbelanja di tanggal 10 Februari 2021 dengan promo #ASIKIMLEK dari Titipku.

Unduh aplikasi Titipku di sini dan mari rayakan Imlek bersama Titipku!

Sumber: https://gaya.tempo.co/read/1299559/5-fakta-menarik-perayaan-tahun-baru-cina

Tinggalkan Balasan