Singkatan Warung di Indonesia, Kamu Suka Singgah Dimana?

Titipku – Singkatan warung-warung di Indonesia berikut ini sudah tidak asing lagi buat masyarakat Indonesia. Menariknya, nama-nama warung yang disingkat menjadi sebuah tren pasar yang ada di Indonesia nih gaes.

Jadi apa saja sih nama singkatan warung-warung di Indonesia? Inilah kumpulan-kumpulannya yang sudah dirangkum.

WARNET (WARUNG INTERNET)

 

Singkatan warung yang ada di Indonesia nomor pertama adalah Warung Internet atau biasa disingkat menjadi warnet. Salah satu bentuk usaha yang dikelola oleh sekelompok orang atau individu yang memberikan pelayanan dalam bentuk jasa perangkat komputer dan jaringan internet oleh si pemiliknya kepada pengguna.

Biasanya pengguna dikenakan biaya per jam atau lebih dikenal dengan paket-paket tertentu yang disesuaikan dengan lama pennggunaan yang biasa disebut dengan billing. Paling sering sih para gamers. Kamu salah satunya?

WARTEL (WARUNG TELEKOMUNIKASI)

Berikutnya adlaah Warung Telekomunikasi atau Wartel adalah tempat yang disediakan untuk pelayanan jasa Telekomunikasi atau Telepon untuk umum yang ditunggu baik bersifat sementara maupun tetap dan merupakan bagian dari telepon umum. Tapi sayang, kini Wartel sepertinya sudah tidak eksis lagi bahkan tutup. Pasalnya kini Wartel telah terganti oleh smartphone atau telepon genggam pintar yang dimiliki semua kalangan.

Tapi bagi kamu yang pernah merasakan menggunakan jasa wartel ini pasti nyengir-nyengir sendiri kalau pernah modus nelpon gebetan atau mantan gebetan hehe.

WARTEG (WARUNG TEGAL)

Yang ketiga ada Wartel atau Warung Tegal. Warung ini menjadi salah satu usaha gastronomi yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga yang sangat terjangkau.

Warteg menjadi istilah generik untuk warung makan kelas menengah ke bawah di pinggir jalan, baik yang berada di kota Tegal maupun tempat lain.

Sesuai namanya, warung Tegal awalnya banyak dikelola oleh masyarakat dari Kabupaten Tegal atau Kota Tegal, Jawa Tengah. Pengelol Warung Tegal di Jakarta yang asli orang Tegal biasanya tergabung dalam Koperasi Warung Tegal yang populer dengan singkatan Kowarteg. Kowarteg hingga saat ini masih diketuai oleh Sastoro. Dan konon katanya teknologi touchscreen alias layar sentuh idenya muncul dari Warteg lho.

WARKOP (Warung Kopi)

Warung Kopi atau disingkat Warkop ini merujuk pasa sebuah kedai yang menyediakan kopi atau minuman panas lain. Warkop sendiri memiliki ciri khas yaitu adaptasi ciri-ciri sebuah restauran dan sebuah bar.

Sekarang Warung Kopi sudah menjamur dan menjadi life style tersendiri. Bahasa kerennya sekarang coffee shop. Kamu anak tongkrongan warkop mana nih?

WARMINDO (Warung Makan Indomie)

Warung terakhir yang tidak kalah trend dengan warung yang sudah ada yaitu Warmindo. Singkatan Warmindo tidak lain adalah Warung Makan Indomie. Kenapa? Karena warung makan ini menyediakan berupa-rupa jenis Indomie yang siap dipesan. Tidak hanya polosan, biasanya Warmindo menyediakan menu Indomie dengan singkatan pula. Hmmm serba singkatan gitu ya 😀 mungkin biar praktis. Contohnya Intel (Indomie telur).

Ohya, Warmindo lebih dikenal dengan nama Burjo. Warung ini mulanya berasal dari daerah Kuningan Jawa Barat. Penyebar Warmindo ke seluruh Indonesia juga masyarakat Kuningan dengan menggunakan sistem franchise. Burjo sendiri singkatan dari Bubur Kacang Ijo. Ya, selain Indomie beberapa warung masih menyediakan bubur kacang hijau di Warmindo.

Satu fakta lagi, Warmindo biasanya jadi tempat tongkrongan anak muda atau anak kuliah. Harganya memang ekonomis dan buka 24 jam. Jadi kalau anak kos lapar larilah mereka ke Burjo. Kamu iya juga nggak, hayoo ngaku? 😀

Demikian tadi singkatan warung di Indonesia yang sangat populer. Ada istilah singkatan warung apa di daerahmu?

Masih ada kesempatan untuk kamu Jelajah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan kategori warung. Menjelajah adalah mengunggah produk usaha di Aplikasi Titipku lengkap tidak hanya produk. Yuk #BerbuatBaik dengan Jelajah UMKM sekitarmu! 🙂

Sumber: kompasiana

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Satu tanggapan pada “Singkatan Warung di Indonesia, Kamu Suka Singgah Dimana?”

Tinggalkan Balasan