Soda, Minuman yang Perlu Dihindari!

Titipku – Tidak terasa sudah dua puluh hari lebih kita menjalankan ibadah puasa. Lebaran telah usai, Meskipun pandemi COVID-19 belum diketahui kapan akan berakhir, serta larangan mudik lebaran masih diberlakukan, tidak menyurutkan semangat kita untuk merayakan hari kemenangan. Meskipun tahun-tahun sebelumnya kita bisa merayakan lebaran bersama keluarga besar di kampung, kali ini kita tetap bisa merayakan lebaran bersama keluarga di rumah. 

Untuk masakan khas lebaran, tentu tidak ada yang mengalahkan kelezatan sambal goreng ati dan opor ayam, bukan? Biasanya kedua masakan ini disantap bersama ketupat. Kurang rasanya jika tidak ada ketupat saat hari lebaran. Nah, biasanya untuk minuman, soda menjadi pilihan pertama bagi banyak keluarga di Indonesia. Tidak diketahui secara pasti asal-usul minuman bersoda menjadi minuman khas saat lebaran. Namun, minuman bersoda selalu hadir hampir di setiap rumah saat bersilaturahmi baik ke tetangga maupun keluarga. 

Karena adanya larangan mudik pada lebaran tahun ini, masyarakat pun hanya bisa merayakan lebaran dengan keluarga kecil saja tanpa melakukan silaturahmi ke tetangga maupun sanak saudara karena masih ada imbauan physical distancing

Jika kamu atau orang tuamu ingin membeli minuman bersoda untuk  keluarga, ada baiknya kamu mempertimbangkan kembali keinginan tersebut. Meskipun hanya dilakukan sekali dalam setahun, soda tetap memiliki dampak negatif bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Akan lebih baik jika membeli minuman tradisional seperti wedang uwuh.

Kandungan Gula Yang Tinggi

Satu kaleng minuman bersoda memiliki kandungan gula setara dengan sepuluh sendok gula. Bayangkan saja berapa banyak gula yang kamu konsumsi ketika kamu terlalu banyak minum soda saat merayakan lebaran. Karena memiliki kandungan gula yang tinggi, terlalu banyak mengonsumsi soda dapat memicu penyakit diabetes maupun obesitas. Belum lagi jika dikombinasikan dengan mengonsumsi makanan berlemak saat lebaran. 

Baca juga: Kecanduan Gula, Apakah Mungkin?

Minuman Bersoda Mengandung Asam yang Tinggi

Kamu tentu sudah pernah melihat video minuman bersoda dapat digunakan untuk membersihkan kerak pada toilet dan karat pada besi bukan? Hal itu disebabkan soda memiliki kandungan asam yang tinggi. Asam pada minuman bersoda bahkan juga bisa untuk melarutkan gigi dan tulang lho! Jika karat pada besi dapat dibersihkan dengan soda, apa yang terjadi dengan organ tubuh bagian dalam jika mengonsumsi terlalu banyak soda? 

Bisa Menyebabkan Kecanduan

Tahukah kamu bahwa gula dapat menyebabkan kecanduan? Mengonsumsi gula dapat menyebabkan otak untuk mengeluarkan dopamin. Dopamin merupakan hormon yang berkaitan dengan perasaan senang ketika melakukan atau mengonsumsi sesuatu. Akan tetapi, semakin sering kegiatan tersebut dilakukan, semakin sedikit dopamin yang dikeluarkan.

Kita ingin merasakan sensasi “menyenangkan” sehingga tanpa sadar mengulangi kegiatan tersebut untuk merasakan sensasi yang sama. Inilah yang menyebabkan kita dapat kecanduan gula, atau makanan dan minuman yang mengandung gula. Sebaiknya, tetap jaga kesehatan selama #dirumahaja ya!

Menghindari bukan berarti tidak boleh sama sekali. Untuk sesekali boleh meminum soda. Tetapi, perhatikan porsi soda yang kamu minum. Sebisa mungkin banyak minum air putih setelah minum minuman bersoda karena soda memiliki sifat diuretik, membuat tubuh kehilangan banyak cairan untuk mengurai kandungan gula dan kafein dalam soda. 

#dirumahaja

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kamu dapat belanja lewat Titipku lho! Dari sembako, kue kering, sayur, hingga buah-buahan tersedia di Aplikasi Titipku. Barang-barang yang tersedia di Titipku merupakan produksi dan olahan UMKM Indonesia. Kamu juga bisa membeli minuman tradisional yaitu wedang uwuh di beberapa UMKM ini lho:

  1. Kios Sembako Mbak Heny Pasar Lempuyangan https://titipku.page.link/5a9f
  2. Wedang Uwuh Banyusumurup Imogiri https://titipku.page.link/x8u2
  3. Wedang Uwuh Wak Aan https://titipku.page.link/FKpZ
  4. Kios Jamu Empon Empon Bu Widatik https://titipku.page.link/RWdT
  5. Lapak Sayur Ibu Ida (Pasar Beringharjo) https://titipku.page.link/A8jz 

Yuk, bantu UMKM Indonesia dengan belanja lewat Titipku!

—–  Dengan kamu membeli dari UMKM Indonesia, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung perekonomian Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

 

Tinggalkan Balasan