Sudah Tahu Cara Mencuci Masker Kain yang Tepat?

Titipku – Masker adalah salah satu barang yang sangat dibutuhkan saat ini. Pemakaian masker diharapkan dapat menurunkan resiko penularan COVID-19. Sempat menjadi barang yang langka dan berharga fantastis, kini masker sudah banyak tersedia. 

Tak hanya masker sekali pakai, namun ada juga masker kain yang bisa digunakan beberapa kali dan bisa dicuci sendiri. Senangnya lagi, banyak UMKM yang bisa memproduksi masker dalam jumlah banyak sehingga semakin banyak pula masyarakat yang memiliki masker.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika menggunakan masker kain. Ketua Tim Pakar Gusgus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengingatkan agar mengganti masker kain setelah digunakan selama empat jam. Setelah dipakai, masukkan ke dalam kantung plastik untuk dicuci agar bisa dipakai lagi.

Cara Mencuci Masker Kain

Cara mencuci masker kain juga harus dengan langkah yang tepat, supaya bisa optimal membantu melindungi diri dari penularan COVID-19. Apalagi masker ini dapat dipakai berulang kali. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencuci masker yang tepat.

 

  • Menggunakan air panas

 

Air panas terbukti sangat efektif untuk membutuh kuman. Menurut WHO, air dengan panas sekitar 133 serajat Fahrenheit atau 56,11 derajat Celcius dapat membunuh Virus Corona. Dengan suhu 140-150 derajat Fahrenheit juga cukup untuk membunuh sebagian besar virus. Disarankan, masker direndam dalam air panas selama kurang lebih 20 detik sebelum dicuci menggunakan deterjen.

 

  • Jangan digosok terlalu keras

 

Mencuci masker kain dengan tangan, tidak masalah dan tidak perlu khawatir masker akan rusak. Masker bisa dikucek, setelah direndam selama 20 detik dalam air panas. 

 

  • Menggunakan deterjen

 

Untuk mencuci masker kain yang kotor, bisa dicui dengan air panas bersama deterjen. Selain itu, kamu juga bisa menempatkan masker kain bersama pakaian lain saat mencucinya. Tapi jika ingin menambahkan disinfektan tambahan seperti klorin atau pemutih pakaian lainnya, juga bisa menjadi pilihan.

 

  • Keringkan

 

Mengeringkan masker juga harus dilakukan dengan menggunakan pengering panas. Apabila cuaca tengah mendung atau hujan sehingga tidak ada panas matahari. Mengingat, dengan suhu yang panas maka sebagian besar mikroorganisme berbahaya bisa terbunuh. Meski menurut para ahli, mengeringkan masker kain tak cukup hanya dengan sinar matahari.

Menggunakan alat pengering dinilai lebih efektif untuk membutuh bakteri atau virus. Kamu bisa menggunakan setrika atay memasukkan masker ke dalam oven yang bersih selama 20 menit pada suji sekitar 70 derajat Celcius.

 

  • Gunakan larutan pemutih

 

Cara ini bisa dilakukan jika tidak punya waktu untuk mengeringkan masker. Semprotkan larutan pemutih sekitar lima persen dan biarkan masker kain mengering di ruangan terbuka. *Catatan: jangan menggunakan produk seperti Lysol dan disinfektan lainnya, jika terdapat label mengiritasi kulit. Uji semprotan pemutih di tangan terlebih dahulu, sebelum menyemprotkannya pada masker kain.

#DIRUMAHAJA

Sudah menjadi kewajiban kita untuk saling mengingatkan untuk memakai masker disaat kondisi seperti ini. Cara perawatan masker yang tepat juga perlu disebarkan. Harus tetap menggunakan Alat Perlindungan Diri (APD) yang tepat ketika terpaksa keluar rumah.

Tidak ada alasan untuk tidak memakai masker, karena saat ini sudah banyak yang menjual masker kain dengan harga terjangkau. Yuk, cek di aplikasi Titipku untuk titip beli masker kain. Meski sedang #DiRumahAja, tak salah untuk membeli persediaan masker di rumah.

Beragam masker kain bisa dibeli melalui aplikasi Titipku. Terdapat banyak UMKM Indonesia yang memproduksi masker kain untuk melindungi diri dari COVID-19. Klik link dibawah ini untuk melihat produknya ya!

  1. Masker Batik Delicia https://titipku.page.link/W64H
  2. Masker Kain Murah Meriah https://titipku.page.link/gucz
  3. Rumah Kreasi https://titipku.page.link/kDep
  4. HCS Garment https://titipku.page.link/Txyd
  5. Good Tees https://titipku.page.link/WY7p
  6. Kios Sembako Mas Nahdi https://titipku.page.link/v5VG
  7. Afri Masker https://titipku.page.link/SNEm
  8. John Masker https://titipku.page.link/qhs8
  9. Masker Korea https://titipku.page.link/QSRb
  10. Masker Home Made https://titipku.page.link/VHva

Titipku  menyediakan berbagai produk UMKM yang mudah Anda temukan di sekeliling lokasi Anda. Segera pesan masker Anda sebelum kehabisan! Caranya mudah, download aplikasi Titipku di Playstore dan mulai belanja #DariRumah lewat Titipku. Masker yang dijual merupakan produksi UMKM lho!

—–  Dengan membeli dari UMKM Indonesia, secara otomatis Anda telah mendukung tulang punggung perekonomian Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Re-write: tirto.id

 

Tinggalkan Balasan