Suka Makan Pedas Tapi Sering Mules? Cobain Tips Satu Ini

Titipku- Makanan pedas memang menjadi favorit kebanyakan orang. Namun, apa jadinya jika yang didapat malah perut terasa mules? Terkadang hal-hal sepele seperti ini mudah sekali terjadi pada kita yang sebenarnya memiliki lambung yang memang tidak kuat menampung makanan pedas namun tetap kita paksa. Alhasil jadi diare, lemas, dan gejala-gejala lainnya timbul. Kalau hanya mules saja mungkin tidak begitu bermasalah, tapi kalau sampai lambung terasa perih? Tidak lucu, bukan? Itulah mengapa kita harus berhati-hati dalam memilih makanan.  Baca Selengkapnya

Cara Menyimpan Ikan di Kulkas Agar Awet Tidak Bau

Titipku- Gengs yang suka masak ikan, kalian udah tau belum cara menyimpan ikan di dalam kulkas agar tidak bau dan awet. Jangan menyimpannya secara sembarangan loh, alih-alih malah satu kulkas jadi bau amis.

Jadi gimana cara nyimpannya nih? Simak yuk penjelasan dari resepkoki.id:

1. Membersihkan ikan terlebih dahulu

Setelah kamu membeli ikan mentah dari pasar, jangan langsung memasukkan ikan yang baru dibeli ke dalam kulkas. Karena lendir dari tubuh ikan justru akan menyebar ke seluruh ruangan freezer dan membuat bau tidak sedap.

Bersihkanlah ikan dari sisik dan kotorannya, kemudian bersihkan kembali dengan air bersih. Jika kamu membeli ikan yang telah dikeluarkan kotorannya, maka anda hanya perlu membersihkannya dengan air bersih yang mengalir. Baca Selengkapnya

Bagi Yang Tidak Pintar Masak, Cobalah Dua Menu Sederhana Ini

Titipku- Memasak adalah kegiatan sehari-hari masyarakat pada umumnya untuk mengubah bahan-bahan makanan mentah menjadi makanan yang lezat untuk disantap. Memasak juga termasuk keterampilan. Tetapi tidak semua orang bisa memiliki keterampilan ini.

Selain itu, sudah bukan trik rahasia lagi jika memasak sendiri lebih murah dibandingkan dengan membeli makanan jadi. Kamu pun bisa bebas berkreasi membuat makanan apapun atau mempraktekkan resep-resep baru dari berbagai sumber yang menarik perhatian.

Lalu, bagaimana bagi yang tidak pandai memasak? Tenang saja, selain telur, tahu, tempe, dan mie, ada bahan-bahan yang mudah diolah. Juga mudah ditemukan di sekitarmu. Dua menu berkuah ini, bisa dicoba bagi yang tidak pintar masak. Mungkin Kamu salah satunya. Baca Selengkapnya

Onion Ring, Bawang Bombai Goreng Yang Cocok Untuk Teman Nyantai

Titipku- Tak hanya sebagai bumbu, bawang merah sering digunakan sebagai camilan atau lauk yang kriuk. Nama populernya sering disebut “brambang goreng”. Banyaknya peminat brambang goreng membuat banyak orang tertarik untuk memasukkannya sebagai bisnis, karena memiliki nilai ekonomi tinggi.

Brambang goreng pun disambut baik oleh masyarakat. Kerap kali dijadikan lauk makan nasi, teman makan mie goreng, hingga nasi goreng. 

Tak hanya bawang merah saja, kini bawang bombai pun juga digoreng sebagai camilan. Bawang jenis ini memiliki bentuk bulat besar dan berdaging besar. Tentu sering dijadikan sebagai bumbu masakan dan hiasan makanan. Baca Selengkapnya

Produk Kerajinan Khas Jogja yang Bisa Kamu Borong di Pasar Beringharjo

Titipku- Siapa sih yang nggak suka berburu oleh-oleh saat mampir ke luar kota? Nah mungkin Yogyakarta menjadi salah satu kota incaran untuk berburu produk-produk khas.

Pasar Beringharjo yang terletak di jantung kota Yogyakarta menjadi incaran wajib bagi para pelancong. Pasar yang cukup besar ini tak pernah sepi dari pengunjung.

Terlebih saat momen lebaran tiba, pengunjung Pasar Beringharjo akan semakin membludak dari hari biasanya.

Ramainya Pasar Beringharjo bukan tanpa sebab. Usut punya usut, pasar ini cukup lengkap loh. Pasar Beringharjo menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat hingga pelancong.  Baca Selengkapnya

Arem-arem, Camilan “Ringkas” Yang Mengenyangkan

Titipku- Bagi masyarakat Indonesia, nasi menjadi makanan pokok. Tidak terhitung “makan” jika tidak memakan nasi. Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, nasi selalu mengenyangkan. Nasi pun bisa dikombinasikan dengan lauk berbagai rasa, mulai dari gurih hingga pedas. 

Selain sebagai makanan pokok, nasi pun juga diolah dengan berbagai teknik. Sehingga rasa nasi yang cenderung hambar, bisa terasa lebih nikmat.

Salah satu menu makanan khas negeri ini yang berbahan dasar nasi adalah arem-arem atau lontong ini. Orang Jawa memang lebih sering menyebutnya arem-arem. Ternyata arem-arem merupakan camilan khas Kebumen. Tak hanya seputar Jawa Tengah, arem-arem juga banyak ditemui di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jakarta. Baca Selengkapnya

Cara Menikmati Pisang Ijo Khas Makassar

Titipku- Kuliner menjadi sektor bisnis yang menyumbang banyak pendapatan bagi ekonomi kreatif di Indonesia. Menurut hasil survei dari kadata.co.id, sebanyak 40% atau sekitar Rp 400 triliun Pendapatan Domestik Bruto (PDP) diperoleh dari bisnis kuliner di Tanah Air. Besarnya peluang di bidang kuliner perlu menjadi pertimbangan bagi para pelaku bisnis dalam pengembangan dan pemasaran olahan. Salah satu kuliner yang menggiurkan lidah para pelancong adalah kuliner nusantara.

Nusantara memiliki banyak makanan khas tradisional dan memiliki cita rasa yang tidak diragukan lagi. Seringkali ditemukan pula para penjual kuliner baik dalam skala besar maupun kecil sekalipun. Bisnis-bisnis kecil tersebut patut dikembangkan terlebih untuk mengangkat potensi lokal masing-masing daerah di wilayah Indonesia. Baca Selengkapnya

Nasi Jagung Menu Sehat Tradisional yang Bikin Kenyang

Titipku- Jagung termasuk dalam daftar komoditas palawija unggulan. Jagung banyak dimanfaatkan sebagai bahan pangan yang diolah menjadi berbagai bentuk dan varian. Produk-produk seperti bubur instant, gula jagung, sereal jagung dapat membantu mencukupi kebutuhan asupan kita ketika tidak punya banyak waktu untuk mengolahnya sendiri. Akan sangat mudah kita jumpai produk-produk jagung instan di swalayan dan pusat perbelanjaan lainnya. 

Tahukah kamu jika jagung bisa diolah menjadi nasi?

Olahan satu ini memang nampak asing di telinga kita bahkan akan sulit dicari. Tapi jangan salah, nasi jagung ini ternyata berasal dari kebudayaan masyarakat tradisional yang pada saat itu mengalami kesulitan dalam produksi beras. Bahan-bahan seperti singkong dan jagung akhirnya disulap menjadi nasi. Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam umbi dan palawija tersebut dapat digunakan sebagai substitusi  beras. Baca Selengkapnya

Mantap, Kacang Mete Ternyata Bisa Menurunkan Berat Badan dan Menguatkan Tulang

Titipku- Selain kacang tanah dan kacang almond, ada satu lagi nih jenis kacang yang sering dijadikan bahan makanan atau topping yaitu Kacang mete. Bagi kamu penggemar cokelat, pasti sudah tidak asing lagi dengan kacang ini. karena ada salah satu merk cokelat batangan terkenal yang menggunakan kacang mete sebagai campuran produk cokelatnya loh. 

Sebagai camilan, kacang mete sering ada di meja-meja tamu saat Hari Raya.

Keberadaan kacang mete memang bisa diakui lebih langka dari kacang biasanya. Meski rasanya sangat enak dan renyah namun Populasi pohon penghasil kacang mete cukup langka, sehingga tak heran jika keberadaan kacang ini juga langka. Harganya pun lebih mahal. Baca Selengkapnya

Manfaat dan Kandungan Nutrisi Ikan Tuna yang Perlu Kamu Ketahui

Titipku- Siapa sih yang nggak tau ikan tuna. Terlebih bagi kamu pecinta masakan Jepang. Pasti kamu sudah familiar banget sama yang namanya ikan tuna.

Selain di Jepang, ternyata beberapa masakan Indonesia juga banyak menggunakan ikan tuna sebagai olahan. Seperti rica-rica, filet, balado, bahkan juga diolah menggunakan sambal.

Ikan yang terkenal dengan harganya yang mahal ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh loh, Apa aja sih manfaat dari ikan tuna ini

Dilansir Hellosehat.com berikut 4 manfaat ikan tuna bagi tubuh : Baca Selengkapnya